Plat ED Daerah Mana? Berikut KodeI ni Wilayah Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Saat dalam perjalanan, kalian mungkin melihat kendaraan dengan plat nomor ED. Lalu kalian bertanya-tanya, Plat ED dari daerah mana?

Plat nomor merupakan “identitas” pada kendaraan bermotor. Plat nomor merupakan komponen yang wajib dipasang pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, pada sisi depan dan belakang.

Huruf dan nomor plat sendiri termasuk huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan. Lalu di bawahnya ada tanggal dan bulan pajak harus dibayar. Jadi dari mana pelat ED berasal? Berikut informasinya buat kalian.

Asal Wilayah Plat ED dari Daerah Mana?

Plat ED Daerah Mana

Dilansir dari berbagai sumber, kode kendaraan plat ED berasal dari Kabupaten Sumbar. buat mengetahui lebih spesifiknya, berikut adalah daftar kode belakang plat ED Wilayah Kabupaten Sumba.

  • Kab. Sumba Barat (A)
    • Contoh: A ED 1234 AF
  • Kab. Sumba Timur (B)
    • Contoh: B ED 1234 BN

Spesifikasi Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Dilansir dari berbagai sumber, plat nomor itu sendiri punya spesifikasi yang udah ditentukan oleh peraturan pemerintah. buat detail lebih lanjut di bawah ini.

Spesifikasi Ukuran Plat Nomor

Menurut peraturan Korlantas Mabes Polri yang dibuat per April 2011, udah terjadi perubahan desain pelat nomor kendaraan bermotor di Indonesia. Kini, ukuran plat nomor lebih panjang 5 cm dari sebelumnya.

Alasannya adalah penambahan tiga huruf setelah nomor tersebut. Sebelumnya, cuma ada dua huruf di belakang angka, namun kini ada satu huruf tambahan sehingga total menjadi tiga.

Baca Juga :  Pengertian Akhlak

Spesifikasi Warna Plat Nomor

Spesifikasi warna pelat nomor sendiri juga udah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pada Pasal 39 Ayat 3:

  • Plat nomor kendaraan dengan latar belakang hitam dan tulisan putih: Jenis plat nomor ini dipakai buat kendaraan bermotor pribadi dan rental.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar kuning dan tulisan hitam: Jenis plat ini dipakai oleh unit kendaraan bermotor umum.
  • Plat nomor kendaraan dasar merah dengan tulisan putih: Jenis plat ini dipakai buat kendaraan dinas pemerintah.
  • Plat nomor kendaraan dengan latar belakang putih dengan tulisan biru: Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor Korps Diplomatik Asing.
  • Plat nomor dasar hijau dengan tulisan hitam : Plat nomor jenis ini dipakai buat kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang mendapatkan pembebasan bea masuk. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor dengan pelat ini gak boleh dioperasikan atau dipindahkan ke wilayah lain di Indonesia.

Spesifikasi Teknis Pelat Nomor

Ada beberapa informasi mengenai spesifikasi teknis pelat nomor tersebut. Berikut daftarnya:

  • Plat nomor kendaraan bermotor kayak mobil diberi lis putih di sekelilingnya.
  • Gak ada lagi pembatas white list antara nomor kendaraan bermotor dan masa berlakunya.
  • Plat nomornya masih dua baris, baris pertama menunjukkan kode area kendaraan, nomor polisi, beserta kode urut akhiran area. Kemudian baris kedua menunjukkan informasi tanggal kedaluwarsa pelat nomor tersebut.

Cara Cek Plat Nomor ED

Cara pengecekan plat nomor ED bisa dilakukan secara online lewat aplikasi cek pajak online. sesudah masuk ke aplikasi tersebut, silahkan masukkan kode plat kendaraan pada kolom yang tersedia, contoh: ED 5432 YI.

Baca Juga :  Contoh Surat Undangan

Kemudian klik tombol “Periksa Sekarang” dan tunggu sistem menampilkan hasil pencarian terkait informasi dari kendaraan. Buat download aplikasinya bisa langsung klik tombol di bawah ini:

Tips: Kalian harus daftar ke Terabox.com dulu buat bisa download aplikasinya!

Sekian informasi lengkap tentang plat ED dari daerah mana yang bisa guruakuntansi.co.id sampein pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Plat nomor lainnya: