Plat L Daerah Mana? Begini Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Informasi plat L daerah mana yang dibutuhkan saat melihat plat nomor ini karena penasaran dari mana asalnya. Mengetahui plat nomor sangat berguna buat mengetahui dari mana asal pengemudi.

Kayak yang kita ketahui, mengetahui plat nomor kendaraan sangat diperlukan buat mengetahui identitas kendaraan bermotor. Plat nomor adalah komponen yang dipasang pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, pada sisi depan dan belakang.

Plat nomor berisi rangkaian angka dan huruf dengan kode tertentu. Dikutip dari laman resmi samsatkeliling.info pada plat nomor kendaraan biasanya terdapat huruf di awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan.

Selanjutnya adalah kode khusus buat wilayah kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan yang terakhir adalah kode nomor pada pelat nomornya. Bagi kamu yang menemukan plat nomor “L” dan penasaran kode tersebut termasuk dalam area mana saja, berikut informasinya.

Kode Plat L dari Daerah Mana?

Plat L Daerah Mana

Dilansir dari berbagai sumber, kode kendaraan plat L ini berasal dari wilayah Surabaya. buat mengetahui lebih jelasnya berikut ini adalah daftar kode di balik plat L buat wilayah Surabaya.

Plat nomor L merupakan kode plat yang dimiliki oleh suatu daerah di tingkat Kota/Kabupaten (A/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/Q/R/S/T/U/V/W/X/Y/Z)

  • Contoh: L 1234 AI

Begini Cara Cek Plat Nomor L (Jawa Timur)

Setelah mengetahui dari mana asal plat L ini, maka bagi kamu yang membutuhkan informasi mengenai cara cek pajak kendaraan di surabaya dan sekitarnya, berikut informasinya.

1. Lewat Aplikasi HP

Sekarang kamu bisa mendownload aplikasi “Cek Pajak Online V4” buat langsung mendapatkan informasi terkait kendaraan sesuai plat nomor yang dimasukkan. Silahkan download aplikasinya di bawah ini.

Tips: Buat download aplikasi lewat Terabox.com kamu wajib punya akun Terabox dulu!

Tampilan aplikasi ini mirip dengan website Dispenda Jawa Timur yang udah dijelaskan pada nomor sebelumnya. kamu hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan yang informasinya ingin kamu cari. Setelah itu, informasi terkait mobil akan muncul dengan jelas.

Baca Juga :  Pengertian Kesehatan

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini bisa dipakai kalo kamu udah mendaftar terlebih dahulu. Jadi, kamu perlu mendaftar dengan memasukkan alamat email dan kata sandi kamu.

Kalo udah mendaftar tinggal pilih menu PKB, lalu isi plat nomor kendaraan yang ingin dicari informasinya. Klik Proses buat informasi lengkap.

2. Lewat Layanan SMS

Ketik JATIM [spasi] pada plat nomor kendaraan yang kamu periksa. Kemudian kirim SMS ke nomor 7070. Contoh penggunaan SMS buat cek plat nomor di Surabaya adalah JATIM B1234SAM. Kemudian kirim ke 7070.

Untuk penggunaan SMS, jangan lupa buat selalu mengecek penggunaan huruf kapital setiap kali kamu mengetik. Khusus buat tulisan JATIM dan huruf pada plat nomor kendaraan. Dari situ, kamu akan terhindar dari kesalahan data pengiriman sehingga proses pengecekan berjalan lebih lancar.

3. Lewat Website Samsat

Kini udah tersedia website buat mendapatkan informasi plat nomor Malang. kamu bisa mengakses https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/ buat memulai proses pengecekan plat nomor kendaraan.

Dengan masuk ke website maka akan muncul tampilan Samsat Jawa Timur. Di sana, kamu bisa langsung memasukkan kombinasi plat nomor mobil yang informasinya memang ingin kamu cari.

Pada bagian kolom selanjutnya, kamu sebenarnya diminta buat memasukkan NIK kamu. Tetapi kalo gak ada, kamu bisa membiarkannya kosong. Kemudian beri tanda centang pada kota kosong klik di samping tulisan “I’m not a robot” buat verifikasi otomatis.

Artikel lainnya: