Plat PB Daerah Mana? Berikut Cara Cek Kendaraan Online

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Pernahkah kalian menjumpai sebuah kendaraan di jalan raya, lalu kalian ngeliat plat nomornya gak familiar karena awalan platnya adalah PB? Lalu kalian bertanya-tanya, dari daerah mana plat nomor PB itu berasal?

Sedikit informasi buat kalian yang belum tahu, plat nomor merupakan benda buat menunjukkan identitas sebuah kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Plat nomor sendiri berisi rangkaian angka dan huruf dengan kode tertentu.

Pada plat nomor kendaraan biasanya terdapat huruf di awal nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan. Nah buat kalian yang bingung darimana plat PB ini berasal, berikut informasinya buat kalian.

Informasi Plat PB Asal Daerah Mana?

Plat PB Daerah Mana

Plat PB adalah plat nomor kendaraan yang terdaftar di Polda Papua Barat yang meliputi Sorong, Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Sorong Selatan, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama. Wilayah Papua Barat punya kode plat daerah yang berbeda dengan wilayah Papua.

Selain itu, setiap Kota/Kabupaten punya kode punggung yang berbeda yang bertujuan buat memudahkan identifikasi asal kendaraan. buat mengetahui lebih lanjut tentang kode plat wilayah Papua Barat, kalian bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Untuk mengetahui Kota/Kabupaten asal kendaraan tersebut, kalian bisa mengetahuinya dari kode di belakang plat nomornya. Untuk memudahkan kalian mengetahui Kota/Kabupaten kendaraan plat PB, kalian bisa ngeliat Daftar Kode Plat Belakang PB berikut ini.

Asal Kota/KabupatenKode Huruf BelakangContoh
Kota SorongSPB 5432 SF
Kab. FakfakFPB 5432 FG
Kab. KimanaKPB 5432 KN
Kab. ManokwariMPB 5432 MS
Kab. MaybratVPB 5432 VZ
Kab. Sorong SelatanTPB 5432 TR
Kab. Teluk BintuniBPB 5432 BK
Kab. Teluk WondamaWPB 5432 WI

Mengenal Wilayah Papua Barat

Letak Papua Barat berada di ujung barat Pulau Papua, dimana kendaraan bermotor memakai kode plat nomor PB.

Baca Juga :  Pengertian Opini Audit Serta Jenis-Jenis dan Tahap Opini Audit

Menurut data terakhir yang tercatat ERI Korlantas Polri, diketahui jumlah kendaraan bermotor di Papua Barat sebanyak 36.048 unit mobil penumpang, 370 unit bus, 17.687 unit minibus, 310.126 unit sepeda motor, dan 2.074 unit mobil. kendaraan khusus.

Diantara daerah yang memakai plat PB, Kota Sorong punya jumlah kendaraan bermotor terbanyak yaitu 137.056 unit.

Menurut data BPS tahun 2021, diketahui jumlah kendaraan bermotor di Papua Barat sebanyak 363.795 unit. Data tersebut terdiri dari 36.863 mobil penumpang, 352 bus, 17.789 truk, dan 308.791 sepeda motor.

Cara Cek Kendaraan Secara Online

Informasi kendaraan bermotor gak cuma bisa didapatkan lewat kantor Samsat, namun juga bisa didapatkan secara online memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Aplikasi ini dibuat buat memudahkan kalian dalam nyari informasi kendaraan.

Aplikasi Cek Pajak Online terhubung langsung dengan E-Samsat di seluruh wilayah di Indonesia, sehingga bisa dipastikan informasi yang diberikan adalah benar. kalian bisa mengunduh Aplikasi Cek Pajak Online gratis dengan menekan tombol berikut.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasan seputar plat PB berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya: