Plat W Daerah Mana? Berikut Cara Cek Info Kendaraan Bermotor

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Kalo kamu sering melihat plat nomor W di jalanan, mungkin kamu bertanya-tanya plat W dari daerah mana?

Kayak diketahui, pada pelat nomor terdapat 3 kode yang tersusun, yakni kode huruf awal, kode angka, dan kode di belakang huruf, yang berfungsi menunjukkan daerah asal kendaraan tersebut. Jadi dari daerah mana pelat W ini berasal?

Kode Plat W dari Daerah Mana?

Plat W Daerah Mana

Dikutip dari Pemkot, kode kendaraan plat W berasal dari kota Sidoarjo dan Gresik. buat mengetahui lebih spesifik, berikut adalah daftar kode di balik plat W buat Wilayah Sidoarjo dan Gresik.

  • Kab. Sidoarjo: A/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L/M (Contoh: W 1234 AZ)
  • Kab. Gresik: N/O/P/Q/R/S/T/U/V/W/X/Y/Z (Contoh: W 1234 QT)

Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang kemudian diperjelas dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Pemerintah Jawa Timur udah menyediakan layanan pembayaran pajak secara online. Jadi, kamu gak perlu repot lagi ke kantor Samsat terdekat. Dikutip dari laman Auto2000, berikut informasi terkait pemeriksaan pajak kendaraan Jawa Timur.

1. Lewat Layanan SMS

Bagi kamu yang memakai ponsel tanpa jaringan internet, kamu tetap bisa melakukan pengecekan pajak memakai ponsel melalui layanan SMS.

Untuk pengecekan pajak kendaraan Sidoarjo melalui SMS, silahkan kirim SMS dengan format “NPWP JATIM <spasi>”, kirim ke nomor 7070.

Sayangnya buat plat nomor Jambi ini, admin gak bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui SMS Gateway. Mengapa demikian, buat saat ini cuma bisa dilakukan buat kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T dan Z.

Baca Juga :  Pengertian Ekonomi Mikro

2. Lewat Website

Kamu bisa memakai layanan e-samsat Jawa Timur buat cek pajak kendaraan dari Sidoarjo dan sekitarnya secara online.

Buat pengecekan pajak kendaraan dari Sidoarjo melalui e-samsat Jatim, silahkan kunjungi website info.dipendajatim.go.id, dan masukkan nomor plat kendaraan kamu pada kolom yang tersedia.

3. Lewat Kode Dial Up *368#

Selain SMS, kamu bisa memakai Unstructured Supplementary Service Data (USSD) pada menu telepon di ponsel kamu. Cukup ketik *368# lalu tekan enter atau call.

Setelah itu, layar ponsel bakal menampilkan informasi kayak ini:

  • Informasi Ranmor
  • Informasi tentang Ranmor Tax
  • Pengingat Pajak
  • Menyederhanakan info
  • Informasi SAMLING, info SAMLING.

Setelah itu bakal muncul informasi tentang Merk, Model, Tahun, Warna, No Frame dan No Mesin.

Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rinciannya; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, STNK PNBP, TNKB PNBP dan jumlah yang harus dibayar disertai tanggal pajak dan tanggal STNK serta informasi lainnya.

4. Lewat Aplikasi

Nah, buat cara cek pajak kendaraan bermotor lewat aplikasi caranya gampang banget. Kamu cuma perlu download aplikasinya lewat link di bawah ini dan masukkan plat nomor kamu dan semua informasi tentang kendaraan kamu akan muncul.

Tips: Buat download aplikasinya silahkan daftar dulu di Terabox.com ya!

Sekian informasi tentang plat W daerah mana yang bisa guruakuntansi.co.id bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya: