Renang Gaya Bebas

Posted on

Renang Gaya Bebas – Saat berenang gaya bebas, posisi wajah harus menghadap permukaan air. Respirasi terjadi ketika lengan dikeluarkan dari air, ketika tubuh terhubung dan kepala berputar ke samping.

Pastikan dalam suatu bentuk tubuh Anda lurus dan sejajar dengan permukaan air. Tubuh seharusnya tidak berada di bawah air. Karena itu bisa sulit untuk berenang karena tubuh kita punya banyak air.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Renang Gaya Bebas. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Gaya Bebas ?

Gaya Bebas merupakan renang yakni dalam cara dada yakni menghadap ke suatu permukaan air. Dengan kedua lengan tersebut dapat bergerak maju dengan gerakan mengayuh, sementara kedua kaki diguncang ke bawah. Gaya bebas termasuk dalam suatu gaya berenang tercepat dibandingkan gaya lainnya.

Sejarah Renang Gaya Bebas

Orang telah berenang gaya berenang sejak zaman dahulu. Gaya hidup pertama diperebutkan di London pada 1844 di belahan bumi barat. Pelangi India dengan mudah mengalahkan para perenang di kalangan negara Inggris.

Renang-Gaya-Bebas

Namun, orang Inggris tidak mempertimbangkan gaya bebas pada waktu itu karena banyak air mengalir di sini. Pelangi Inggris mempertahankan kompetisi menyusui. Ketika John Arthur Trudgen bepergian ke Argentina antara tahun 1870 serta 1890, ia belajar tentang gaya penduduk asli Amerika.

Baca Juga :  Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Sumber yang memiliki suatu letak yakni dapat menunjukkan tahun yang berbeda, tetapi tahun 1873 adalah tahun yang sering disebut. Kolam dengan dada ke permukaan air. Kedua tangan dapat bergerak maju dengan gerakan mengayuh, sementara dengan kedua kaki juga bergerak ke atas.

Saat berenang gaya bebas, posisi wajah harus menghadap permukaan air. Respirasi terjadi ketika lengan dikeluarkan dari air, ketika tubuh terhubung dan kepala berputar ke samping.

Perenang dapat belok kiri atau kanan saat bernafas. Dibandingkan dengan gaya berenang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat membuat tubuh Anda berenang lebih cepat.

Tidak seperti gaya dada, punggung, dan kupu-kupu, Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam renang gaya bebas. Meskipun ada jenis lain “freestyle”, praktik freestyle (infiltrasi) secara universal digunakan oleh perenang dengan jumlah perenang.

Teknik Renang Gaya Bebas

Contoh-Renang-Gaya-Bebas

Adapun berbagai teknik dalam gaya renang ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Posisi Tubuh dalam Kolam Renang Saat Melakukan Gaya Bebas

Pastikan dalam suatu bentuk tubuh Anda lurus dan sejajar dengan permukaan air. Tubuh seharusnya tidak berada di bawah air. Karena itu bisa sulit untuk berenang karena tubuh kita punya banyak air.

2. Teknik Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Bebas

Terlepas dari kaki, tangan juga memainkan peran yang sangat penting dalam menikmati gaya bebas. Kecepatan berenang kita ditingkatkan oleh kekuatan tangan kita.

Dalam suatu gerakan terhadap tangan santai selama berjalan, tetapi jari-jari harus sama dengan tangan atau kaki katak. Ini karena memungkinkan kita untuk berenang lebih cepat.

3. Teknik dasar gerakan tangan dan lengan selama berenang gaya bebas.

a. Gerakan di Tempat

  • Berdiri dengan tangan ditekuk dan lengan lurus.
  • Lalu tangan kanan ditarik ke bawah ketika air ditekan untuk mengisi tubuh.
  • Ketika tangan jatuh di bawah siku, siku menekuk dengan cepat dan tangan diangkat.
  • Alternatif antara tangan kanan dan kiri.
  • melakukannya lagi.
Baca Juga :  Pengertian Indeks Harga

b. Latihan Gerakan Lengan dengan Cara Berpasangan

Lakukan gerakan tangan-ke-tangan yang berkaki dua dengan tangan, dengan kedua tangan dan tubuh melayang di permukaan air, berkelompok atau berpasangan.

c. Latihan Sambil Meluncur

  • Dua tangan yakni dilemparkan ke depan, lalu dayung tangan.
  • Saat Anda berpegangan tangan, tubuh Anda cenderung kurang.
  • Agar tubuh Anda bisa lurus, tangan Anda memasuki kolam lain.

d. Lakukan Gerakan Lengan Saat Meluncur dengan Melayang

Lakukan tarian lengan gaya bebas dengan dua kaki di atas papan pelampung. Posisi kaki, tubuh dan lengan serta tubuh yang mengambang di permukaan air dilakukan berpasangan atau kelompok.

4. Teknik Gerakan Kaki Renang Gaya Bebas

Gerakan kaki itu penting karena dapat membuat dorongan besar bagi tubuh untuk bergerak. Saat berenang, kaki harus lurus dan lutut jangan ditekuk.

Karena jika Anda menekuk lutut, Anda bergerak lebih cepat. Selangkangan pada kaki yang bergerak. Lakukan sesegera mungkin saat kita berjalan cepat tetapi kita harus menahan air dan mencambuknya.

Untuk melatih gerakan kaki ini, Anda bisa berpegangan pada tepi kolam dan kemudian membuat kaki Anda naik ke atas sampai kaki Anda terasa benar dan dibuat untuk bergerak. Latih secara teratur untuk hasil maksimal.

5. Teknik Dasar Gerakan Kaki Renang Gaya Bebas

  • Latihan Gerakan Tungkai Berpasangan
    Dalam kedua gerakan renang gaya bebas, kedua tangan bersama dengan teman. Lengan, kaki lurus, dan perut, sehingga Anda menggerakkan kaki ke depan saat lengan terkendali.
  • Latihan Gerakan Tungkai sambil Berpegangan Tepi Kolam
    Berenang gaya bebas sambil tetap berada di tepi kolam. Lengan, kaki lurus tubuh, dan sumber gerakan pangkal paha sehingga lutut tidak tertekuk, namun hanya ditekuk saat akan bergerak.
  • Latihan Gerakan Tungkai Menggunakan Pelampung
    Lakukan gerakan berenang gaya bebas, kedua tangan dengan papan pelampung di depan. Lengan, tubuh, dan kaki lurus. Jadi saat Anda menggerakkan kaki, tubuh bergerak maju.
  • Latihan Gerakan Tungkai sambil Meluncur
    Dalam melaksanakan suatu gerakan berenang dalam menggunakan gaya bebas, kedua tangan ditekan langsung ke telinga dan ujung jari di ibu jari sehingga tubuh dapat bergerak maju.
Baca Juga :  Pengertian Kepuasan Pelanggan

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Renang Gaya Bebas. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.