Report Text

Report Text – Tujuan teks laporan selain informasi yang dijelaskan dalam teks laporan bersifat umum, umum, dan alami. Contohnya adalah mamalia, batu, alat transportasi, tanah, tanaman, planet dan budaya atau sebagainya.

Menggunakan suatu kata kerja terkait untuk menggambarkan fitur seperti molekul dengan berat molekul rendah. Menggunakan suatu paragraf dengan set topik untuk mengatur informasi informasi dan ulangi nama topik sebagai fokus klausa.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Report Text. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Report Text ?

Pengertian Report Text adalah jenis teks yang mengumumkan hasil investigasi atau sesuatu. Informasi yang dapat disediakan dalam teks laporan adalah adanya sebuah informasi yang begitu sangat umum.

Masing-masing teks ini yakni mempunyai suatu tujuan komunikatif. Tujuan dari pesan teks adalah sebagai memberikan adanya sebuah informasi kepada kalangan masyarakat umum.

Laporan teks ini termasuk tipe teks yang termasuk dalam kategori deskriptif, tipe teks atau tipe yang mencoba menggambarkan hal-hal seperti objek, benda, hewan, tanaman, dan lain sebagainya.

Report-Text

Definisi teks laporan juga mirip dengan yang sering ditemukan di berbagai buku berbahasa Inggris di tingkat menengah: “Laporan adalah teks yang memberikan informasi tentang sesuatu. Sebagai hasil dari pengamatan dan analisis sistematis.”

Oleh karena itu, teks aktual dan teks deskriptif berbeda, meskipun tampaknya keduanya disebut sebagai “saudara kembar”. Intinya, teks laporan biasanya berisi fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Baca Juga :  Pengertian Teks Ulasan

Ciri-Ciri Report Text

Terdapat berbagai ciri-ciri dalam report ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Berisi dengan berbagai bukti ilmiah.
  • Judul dapat ditampilkan dengan cara umum.
  • Ditemani oleh data gambar dan statistik.
  • Sekarang gunakan pola kalimat dengan kalimat sederhana.
  • Dapat menggunakan sebuah kata kunci umum.
  • Menggunakan sebuah kata kerja yang telah terkait.
  • Berisi benda-benda yang dilengkapi dengan benda-benda alami lainnya.
  • Dapat menjelaskan suatu kelompok atau aspek yang berbeda dari individu yang umum dan tidak spesifik.
  • dapat menggunakan rapat logis bersyarat seperti: kapan, bagaimana, dll.

Struktur Umum Report Text

Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai struktur dalam laporan ini:

a. General Classification

Bagian pertama dari teks laporan adalah klasifikasi umum. Bagian ini berisi banyak informasi umum berdasarkan pengamatan sebelumnya pada fenomena alam, hewan, tumbuhan dan banyak lagi. Berbeda dengan teks deskriptif, teks laporan berisi banyak informasi umum.

b. Description

Paragraf berikutnya disebut deskripsi. Bagian “Deskripsi” dari laporan teks memiliki fungsi yang mirip dengan teks deskriptif, yaitu untuk menggambarkan berbagai hasil penelitian secara lebih rinci.

Tujuan Report Text

Contoh-Report-Text

Selain teks sampel laporan, yang membantu memahami tujuan teks laporan, ada juga beberapa pakar yang telah mengungkapkan atau mengungkapkan gagasan tentang tujuan teks laporan, sedangkan dalam sebuah tujuan teks laporan adalah:

  • Teks laporan berfungsi sebagai memberikan hasil dengan mensistematisasikan hasil pengamatan dan analisis.
  • Tujuan teks laporan selain informasi yang dijelaskan dalam teks laporan bersifat umum, umum, dan alami. Contohnya adalah mamalia, batu, alat transportasi, tanah, tanaman, planet dan budaya atau sebagainya.

Pola Tata Bahasa Dalam Report Text

Setiap penulis memiliki karakteristik bahasa mereka sendiri, serta jenis teks dan narasi naratif, yang di masa lalu sering memiliki karakteristik tata bahasa atau pola bahasa.

Baca Juga :  Surat Resmi

Selain jenis teks ini, ini juga berlaku untuk mempublikasikan teks dengan tata bahasa sendiri dalam pengaturan, sehingga pertanyaan tentang cara membuat teks laporan dapat dijawab. Karenanya, pola tata bahasa yang digunakan dalam teks laporan meliputi:

  • Menggunakan dalam sebuah kata benda umum seperti berburu, bukan kata benda tertentu seperti adonan.
  • Menggunakan suatu kata kerja terkait untuk menggambarkan fitur seperti molekul dengan berat molekul rendah.
  • Beberapa menggunakan kata kerja tindakan saat menggambarkan perilaku, seperti emus yang tidak bisa terbang.
  • Menggunakan waktu saat ini untuk menampilkan Normal karena siklon tropis selalu dimulai di laut.
  • Menggunakan sebuah istilah teknis, misalnya isobar adalah garis yang digambar di peta cuaca.
  • Menggunakan suatu paragraf dengan set topik untuk mengatur informasi informasi dan ulangi nama topik sebagai fokus klausa.

Contoh Report Text

Thanksgiving Day

Thanksgiving adalah festival panen, terima kasih atas kedamaian dan upaya penduduk asli Amerika. Biasanya dirayakan di akhir musim gugur. Thanksgiving dirayakan karena panennya yang kaya di New England.

Namun di Amerika Utara, awalnya mulai bersyukur kepada Tuhan yang selamat di negara baru, yang tidak mudah bagi mereka. Di Kanada, bagaimanapun, ini dirayakan seperti di New England.

Thanksgiving sekarang dirayakan di Amerika Serikat dan Kanada. Perayaan Thanksgiving berlangsung setiap Kamis di bulan November di Amerika Serikat. dan Senin kedua di bulan Oktober di Kanada. Biasanya dirayakan selama empat hingga lima hari di Amerika Utara dan tiga hari di Kanada.

Dirayakan oleh keluarga dan teman-teman yang berkumpul dan makan. Turki adalah hidangan utama untuk makan malam Thanksgiving. Parade Thanksgiving juga biasanya berlangsung.

Di rumah, Thanksgiving didekorasi dengan karangan bunga, bunga segar dan kering. Cahaya menyala untuk mencerahkan lingkungan. Meja dihiasi dengan peralatan makan Cina dan antik terbaik untuk memberikan kesempatan.

Baca Juga :  Teks Eksposisi

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, kami telah jelaskan secara lengkap yakni mengenai Report Text. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

/* */