Review Jurnal

Posted on

Review Jurnal –

Apa itu Review Jurnal ?

Pengertian Review Jurnal adalah tinjau artikel majalah yang meringkas artikel sebagai yang lain. Tujuan dari tugas review artikel adalah untuk membiasakan siswa dengan pekerjaan spesialis terkenal di bidang tertentu.

Spesialis tersebut yakni harus memeriksa setiap item secara teratur. Untuk meringkas sebuah artikel dengan benar, kita harus memahami dalam sebuah argumennya, konten karya, dan juga yang utama.

Menulis artikel dalam jurnal untuk menganalisis atau mendiskusikan penelitian yang sebelumnya diterbitkan oleh orang lain agar tidak melaporkan hasil eksperimen baru-baru ini. Pendapat para ahli itu berharga, tetapi penilaian ahli sastra bisa lebih bermanfaat.

Review-Jurnal

Tinjauan artikel dapat mencakup tinjauan pustaka atau literatur, dan khususnya tinjauan sistematis. keduanya adalah bentuk sastra sekunder. Tinjauan literatur memberikan ikhtisar tentang apa yang penulis yakini sebagai publikasi terbaik dan paling relevan sebelumnya.

Tinjauan sistematis literatur menciptakan daftar kriteria obyektif dan menemukan semua karya eksperimental yang diterbitkan sebelumnya yang memenuhi kriteria ini. Kemudian bandingkan hasil yang disajikan dalam artikel ini.

Tinjauan jurnal dapat didefinisikan sebagai teks yang dibuat untuk memberikan tinjauan jurnal untuk memahami kekuatan, kelemahan, dan kualitas jurnal. Secara umum, tinjauan jurnal bertujuan untuk memberikan beberapa informasi, gambar, dan gagasan tentang jurnal yang telah Anda buat.

Baca Juga :  Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Cara Melakukan Review Jurnal

Terlepas dari apakah Anda menerbitkan ulasan, mengulas artikel majalah, atau menyelesaikan tugas kelas, kritik yang disajikan harus adil, kompleks, dan konstruktif. Baca artikel untuk menemukan organisasi, baca beberapa kali, dan sembunyikan catatan dan komentar selama proses berlangsung.

Tetapkan teks di bagian dan uji bagaimana setiap komponen melayani tujuannya. Buat tesis singkat yang menyimpulkan penilaian Anda, atur ulasan Anda, dan sertakan contoh spesifik yang mendukung klaim Anda. Secara khusus, langkah-langkah berikut dapat diambil untuk meninjau atau meninjau artikel jurnal:

1. Membaca Teks Secara Aktif

Sebagai bagian dari peninjauan jurnal dengan membaca teks secara tepat waktu, yang terdiri dari berbagai bagian, yakni:

a. Biasakan Diri Anda dengan Panduan Gaya Publikasi Anda

Saat Anda mempublikasikan ulasan Anda, periksa format dan pedoman gaya jurnal. Dengan membiasakan diri dengan standar publikasi, Anda akan mendapatkan ide tentang cara menilai dan menulis artikel. Penting untuk membiasakan diri dengan masalah pemformatan dan gaya jika Anda belum pernah menerbitkan jurnal sebelumnya.

Misalnya, majalah yang Anda butuhkan, merekomendasikan artikel yang diterbitkan, mengisi beberapa kata, atau merevisi yang perlu dilakukan oleh penulis sendiri. Jika Anda melihat artikel majalah untuk pekerjaan sekolah, ikuti instruksi profesor Anda.

b. Baca Sekilas Artikel untuk Mengetahui Organisasinya

Pertama, lihat artikel majalah dan coba ikuti logika ini. Baca judul, ringkasan, dan judul untuk memahami bagaimana skrip disusun. Saat pertama kali membaca skim, pertimbangkan pertanyaan atau masalah yang dibahas dalam artikel.

c. Berikan Artikel yang Cepat, Sekali Baca

Baca artikel setelah membaca sekilas dari awal hingga selesai untuk mendapatkan kesan keseluruhan. Pada tahap ini, pahami dan tekankan atau tekankan tesis artikel atau argumen utama, sebagaimana dipahami dalam pendahuluan dan kesimpulan.

Cara-Membuat-Review-Jurnal

d. Baca Kembali Artikel dan Catat

Dalam menggunakan artikel di bagian setelah membaca artikel lengkap. Anda dapat mencetak dan menulis catatan dan komentar pada kemenangan Anda. Jika Anda menikmati bekerja dengan salinan digital, tulis catatan dan komentar di dokumen Word.

Baca Juga :  Membuat SIUP Perorangan

Saat Anda membaca artikel secara lebih terperinci, ukur apa dan mengapa artikel tersebut memecahkan masalah utama. Tanyakan kepada diri sendiri: “Mengapa investigasi ini penting dan apakah ini memengaruhi lapangan?” Pada titik ini, catat setiap inkonsistensi dalam hal terminologi, masalah organisasi, kesalahan pengetikan, dan masalah format.

2. Mengevaluasi Artikel

Dalam sebuah proses untuk mengevaluasi artikel untuk digunakan sebagai bagian dari tips ulasan majalah, lakukan hal berikut:

a. Putuskan Seberapa Baik Abstrak dan Pengantar Memetakan Artikel

Lihatlah abstrak dan pengantar secara detail. Tanyakan pada diri sendiri hal-hal berikut:

  • Bagaimana abstrak merangkum artikel, topik, teknik, hasil dan artinya? Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan bahwa ringkasan menggambarkan topik penelitian farmasi dan melompat ke hasil tanpa membahas metode eksperimental secara terperinci.
  • Apakah dalam suatu pengantar merupakan struktur artikel? Apa yang jelas mendefinisikan fondasi di atas? Pengantar yang baik memberi Anda ide yang jelas tentang apa yang diharapkan di bagian selanjutnya. Anda dapat mengatur masalah dan hipotesis, menjelaskan metode penelitian, dan kemudian menentukan apakah percobaan membuktikan atau menolak hipotesis penelitian.

b. Evaluasi Referensi Artikel dan Tinjauan Pustaka

Sebagian besar artikel jurnal berisi ulasan literatur yang ada sejak awal dan secara konsisten merujuk pada karya akademis sebelumnya. Tentukan apa yang dibicarakan sumber.

Sejumlah pencarian literatur merangkum sumbernya dan apakah sumber itu memuat artikel penelitian atau hanya menyebutkan nama-nama terkenal itu. Jika perlu, luangkan waktu untuk membaca salinan sumber artikel untuk lebih memahami literatur subjek.

c. Periksa Metodenya

Tanyakan kepada diri sendiri: “Apakah itu cara yang benar, cukup untuk menyelesaikan masalah?” Bayangkan cara lain untuk bereksperimen atau mengatur investigasi dan tulis apa yang bisa dilakukan penulis. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa subjek dalam studi medis tidak secara akurat mewakili populasi yang berbeda.

Baca Juga :  Pengertian APBN dan APBD

d. Menilai Bagaimana Artikel Menyajikan Data dan hasil

Pilih tabel, legenda, bagan, dan alat bantu visual lainnya yang secara efektif mengatur informasi Anda. Bagian mana dari hasil dan diskusi yang menawarkan ringkasan dan interpretasi data?

Apakah tabel dan gambar yang tercantum sesuai atau tumpang tindih? Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa tabel mencantumkan data yang tidak konsisten sehingga penulis tidak meringkasnya dengan baik dalam teks.

Baca juga :

Demikian pembahasan kali ini, kami telah jelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Review Jurnal. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.