Rumus Excel Formula Lengkap Operator Fungsi

Rumus Excel Formula Lengkap Operator Fungsi – Microsoft Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu Anda dalam proses perhitungan atau pun pembukuan keuangan. Aplikasi ini sudah didukung dengan rumus formula yang secara otomatis dapat digunakan. Tetapi Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan rumus tersebut.

Jika Anda telah mengetahui bagaimana cara menggunakan rumus tersebut, maka pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai. Dengan bantuan aplikasi ini perhitungan yang Anda kerjakan minim kesalahan. Yang terpenting adalah data yang Anda masukkan tepat dan juga rumus formula yang Anda gunakan juga benar. Perlu ketelitian juga dalam memasukkan data.

Excel dilengkapi dengan berbagai jenis rumus formula. Apakah Anda tahu rumus formula apa saja yang terdapat pada Excel? Apakah Anda sudah pernah menggunakan rumus formula tersebut?

Karena itu, guruakuntansi.co.id akan membahas mengenai rumus Excel Formula Lengkap yang harus Anda ketahui dan sering digunakan. Simak terus ya.

Rumus Formula pada Excel

Rumus formula Excel merupakan operasi matematika yang telah terprogram pada aplikasi Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat pada artikel Pengertian Rumus Formula dalam Excel dan Fungsinya yang telah kami jelaskan. Dengan begitu operasi yang akan kita lakukan akan secara otomatis mendapatkan hasilnya.

Rumus Excel Formula Lengkap Operator Fungsi

Rumus formula pada excel sendiri terdiri dari berbagai macam formula. Berikut ini akan merupakan rumus formula atau fungsi excel yang biasa digunakan dan perlu untuk Anda ketahui.

a. Penjumlahan

Fungsi excel untuk menjumlahkan yaitu sebagai berikut:

=SUM( number1; [number2];…)

Sama halnya dengan cara berikut ini:
Misalkan Anda akan menghitung jumlah dari nilai pada cell E1, E2, E3, E4, E5, dan E6.

=E1 +E2 +E3 +E4 +E5 +E6
=SUM( E1 :E6)

b. Rata-rata

Rumus formula yang digunakan untuk mencari rata-rata yaitu:

=AVERAGE( number1; [number2];…)

c. Nilai Terbesar

Untuk mencari nilai tersebar dapat menggunakan rumus formula berikut ini:

=MAX(number1; [number2];…)

d. Nilai Terkecil

Kebalikannya nilai terbesar, berikut ini cara menampilkan nilai terkecil yaitu:

=MIN(number1; [number2];…)

e. Penghitungan Cell berupa Angka

Angka pada cell yang diisi pada lembar kerja atau sheet juga dapat dihitung menggunakan rumus Count. Adapun berikut ini cara menampilkannya:

=COUNT( number1; [number2];…)

f. Sebuah Kondisi Bersyarat

Fungsi yang digunakan untuk menentukan suatu kondisi nilai apakah benar atau salah yaitu dengan fungsi IF. Berikut ini rumus formulanya:

=IF( logical_test; [value_if_true]; [value_if_false])

Misalkan =IF((B3<4; “Benar”; “Salah”)

g. Kondisi Benar dan Salah

Fungsi yang digunakan untuk menentukan benar dan salah yaitu AND.

=AND( logical1; [logical2];…)

Misalkan =AND( F5<G5)

Note:
(number1; [number2];…) merupakan cell atau range yang akan dihitung. Anda juga dapat menuliskannya seperti berikut misalnya (A1 : A5) yaitu (cell pertama : cell terakhir).

Pada menu tab Home terdapat beberapa fungsi yang akan secara otomatis dapat digunakan tanpa menuliskan fungsi excel seperti:

  • Sum
  • Average
  • Count Numbers
  • Max
  • Min, dan masih banyak fungsi yang lainnya

Perlu diingat!
Anda bisa menuliskan rumus formula meski tanpa fungsi excel yang tersedia pada Excel. Caranya yaitu dengan menuliskan tanda sama dengan (=) terlebih dahulu pada cell kemudian dilanjutkan dengan cell yang dituju dan operatornya.

Adapun berikut ini operator yang dapat digunakan pada perhitungan di Microsoft Excel:

TandaFungsi
+Penjumlahan
Pengurangan
*Perkalian
/Pembagian
%Persentase
^Perpangkatan
Kurang dari
Lebih dari
<=Kurang dari atau sama dengan
>=Lebih dari atau sama dengan
<> Tidak sama dengan

Dengan rumus fungsi excel tersebut membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan Anda. Pastikan data yang Nada masukkan tepat dan rumus yang digunakan pun benar. Meski begitu terdapat rumus yang memerlukan logika yang tepat sehingga rumus menjadi error jika logika yang kita maksud tidak sesuai dengan fungsi rumus tersebut. Maka pahamilah rumus fungsi excel yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai artikel rumus fungsi excel lengkap dengan fungsi excel dan operator yang sering digunakan dan wajib diketahui yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengolah data Anda. Terima kasih.

/* */