Rumus Interpolasi dan Ekstrapolasi di Tabel Ms. Excel

Posted on

Rumus Interpolasi dan Ekstrapolasi di Tabel Microsoft Excel – Materi yang menggunakan logika dan hitung-hitungan merupakan materi yang membuat kita berpikir keras ya. Kita harus menghitungnya secara tepat tetapi juga memikirkan logika jalannya perhitungan tersebut ke arah mana. Seperti halnya materi deret. Kita harus tahu pola dari deret angka tersebut barulah kita bisa menghitungnya.

Hal ini sama dengan materi interpolasi dan ekstrapolasi. Materi ini tidak dipelajari di sekolah tetapi untuk beberapa materi yang mengandung nilai fungsi materi ini sempat disinggung. Interpolasi dan ekstrapolasi juga dapat dicari menggunakan microsoft excel. Dengan bantuan microsoft excel kita akan lebih mudah dan cepat menemukan angka-angka yang kosong tersebut.

Lebih jelasnya materi interpolasi dan ekstrapolasi akan dijelaskan pada artikel guruakuntansi.co.id di bawah ini.

Pengertian Interpolasi dan Ekstrapolasi

Secara matematika, interpolasi adalah pendekatan numerik yang dilakukan jika kita memerlukan nilai dari suatu fungsi y = f (x) yang tidak diketahui rumusnya. Sedangkan ekstrapolasi merupakan pendekatan yang digunakan untuk mencari nilai yang belum diketahui setelah nilai sebelumnya diketahui. Ekstrapolasi juga merupakan perluasan data di luar data yang telah tersedia.

Rumus Interpolasi dan Ekstrapolasi di Tabel Microsoft Excel

Sebelum kita mencari nilai ekstrapolasi, terlebih dahulu carilah nilai interpolasinya. Hal itu dapat dilakukan dengan memperkirakan nilai yang berada di dalam atau pun luar interval dari data yang ada.

Untuk lebih mudahnya, interpolasi merupakan cara untuk mencari nilai yang berada di tengah angka terbesar dan terkecil. Sedangkan ekstrapolasi adalah cara yang digunakan untuk mencari nilai yang ada di luar angka terbesar dan terkecil.

Logika kita harus jalan untuk mencari nilai interpolasi atau pun ekstrapolasi. Karena kita akan mencari nilai-nilai dengan pola yang tidak kita ketahui. Kita harus memperkirakan kemungkinan pola dari angka terbesar dan terkecil yang diketahui. Jika telah mengetahui pola dari angka tersebut kita dapat mengisi angka yang kosong tersebut.

Baca Juga :  Rumus Bangun Ruang 3D Geometri

Hal ini sama seperti deret aritmatika. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat artikel mengenai yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pengertian Barisan Aritmatika dan Geometri dalam Matematika
Cara Menentukan Suku ke-n Suatu Barisan Aritmatika

Karena interpolasi dan ekstrapolasi masih berkaitan dengan deret aritmatika.

Rumus Interpolasi dan Ekstrapolasi

Untuk mencari nilai interpolasi dan ekstrapolasi dari data yang diketahui, kita dapat menggunakan bantuan excel seperti berikut ini.

Rumus Interpolasi

Interpolasi dapat dicari menggunakan rumus formula berikut ini:

=(angka terbesar – angka terkecil) / (ROW (angka terbesar) – ROW (angka terkecil))

Rumus Ekstrapolasi

Untuk mencari nilai ekstrapolasi, terlebih dahulu carilah nilai interpolasi. Karena nilai ekstrapolasi didapatkan dari perkiraan nilai interpolasi tadi.

=(angka terbesar) + (nilai interpolasi)

Contoh Penggunaan Rumus

Supaya Anda lebih memahami rumus interpolasi dan ekstrapolasi di tabel microsoft excel perhatikanlah contoh langkah mencari nilai interpolasi dan ekstrapolasi berikut ini:

Misalkan terdapat Data 1 yaitu 26,…,…,…,48,…,…,…,….

Tentukanlah nilai yang berada pada titik titik tersebut!

Pembahasan

Untuk mencari titik titik pada deret tersebut gunakanlah microsoft excel dengan menggunakan nilai interpolasi dan ekstrapolasi.

Ketikkanlah data 1 tersebut pada microsoft excel seperti berikut ini:

Setelah Anda mengetikan data tersebut pada excel carilah nilai interpolasi dari data tersebut. Kemudian letakkan kursor pada sembarang cell dan ketikkan:

=(B8 – B4)/(ROW (B8) – ROW (B4))

Didapatkan nilai beda sebesar 5,5. Setelah mendapatkan nilai interpolasi, kita dapat mencari nilai untuk nilai nomor 2, 3, dan 4. Ketikkan rumus fungsi berikut pada nomor 2, 3, dan 4:

=B4 + E4
=B5 + E4
=B6 + E4

Setelah Anda memasukkan rumus fungsi tersebut satu per satu diperoleh hasil 31,5; 37; dan 42,5.

Baca Juga :  3D Pie Chart + Cara Membuat : Pengertian dan Fungsi

Nilai interpolasi yang telah didapatkan tadi bisa digunakan untuk mencari nilai ekstrapolasi. Semua nilai yang terisi tersebut merupakan perkiraan dengan pola deret tersebut yaitu +5,5.

Dengan begitu, ketikkanlah rumus fungsi berikut pada nomor 6, 7, 8, dan 9 dengan rumus:

=B8 + E4
=B9 + E4
=B10 + E4
=B11 + E4

Diperoleh nilai nomor 6, 7, 8, dan 9 yaitu 53,5; 59; 64,5; dan 70.

Jadi, Nilai interpolasi dari data tersebut yaitu 31,5; 37; dan 42,5 dan nilai ekstrapolasi yaitu 53,5; 59; 64,5; dan 70.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus interpolasi dan ekstrapolasi di tabel microsoft excel yang dilengkapi dengan pengertian dan cara penggunaan rumus tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda sekalian. Terima kasih.