Rumus Kubus dalam Excel : Volume

Posted on

Rumus Kubus dalam Excel : Volume Ketika membicarakan masalah matematika pasti banyak hal yang menjadi bagian dari mata pelajaran tersebut. Salah satunya yaitu mengenai bangun ruang. Bangun ruang merupakan bangun yang memiliki ruang. Kita sering kali melihat bangun ruang di kehidupan sehari-hari kita, seperti bola, kardus, toples, botol, dan lain sebagainya. Bangun ruang tersebut memiliki permukaan dari bangun datar yang sudah tidak asing tentunya, seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, dan lain sebagainya.

Misalkan saja bangun ruang kubus. Kubus merupakan bangun ruang yang sering kita lihat, terkadang kardus atau kotak dari suatu barang ada yang berbentuk kubus. Benda yang berbentuk kubus ini bisa kita hitung. Kita bisa mencari berapa volume dan luas permukaan dari benda yang berbentuk kubus tersebut. Tapi bagaimana caranya?

Dengan microsoft Excel kita akan lebih mudah mendapatkan hasilnya. Kita hanya perlu memasukkan nilai sisi dari kubus tersebut. Tidak akan menghabiskan waktu untuk menghitungnya. Oleh karena itu, guruakuntansi.co.id akan membantu Anda menggunakan Rumus Kubus dalam Microsoft Excel. Simak bersama yuk artikel yang akan dijelaskan dengan jelas dan lengkap berikut ini.

Sifat-Sifat Kubus

Kubus
Kubus

Kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang memiliki sifat-sifat berikut ini:

  1. Memiliki 6 sisi yang sama besar
  2. Tiap sisinya berbentuk persegi.
  3. Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.
  4. Terdapat 8 buah titik sudut.
  5. Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang.
  6. Memiliki 12 diagonal sisi yang sama panjang.
Rumus Kubus dalam Microsoft Excel

Sebelum menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung volume dan luas permukaan pada bangun kubus. Kita harus terlebih dahulu mengetahui rumus dari kubus itu sendiri. Berikut ini merupakan rumus dari bangun kubus:

Baca Juga :  Cara Memecahkan Persamaan Linear Contoh di Excel

a. Untuk mencari volume Anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

Volume = sisi x sisi x sisi

Atau

Volume = s . s . s = s3

b. Sedangkan untuk mencari luas permukaan kubus yaitu:

Luas permukaan = 6 x sisi

Atau

Luas permukaan = 6 x s

Rumus tersebut tidak terlalu sulit, bukan? Kubus memiliki rumus yang mudah diingat. Hal ini memudahkan Anda mencari volume dan luas permukaan dari bangun kubus itu sendiri.

Setelah Anda mengetahui rumus dari bangun kubus itu sendiri, barulah saat ini kita masuk ke rumus Kubus dalam Microsoft Excel.

Rumus Kubus dalam Microsoft Excel

Dengan microsoft Excel Anda hanya perlu memasukkan panjang sisi kubus untuk mencari volume dan luas permukaan dari kubus itu sendiri.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan microsoft Excel untuk mencari volume dan luas permukaan kubus:

Masukkan panjang sisi kubus pada cell B3. Maka luas permukaan dan volume kubus akan keluar secara otomatis.

Misalkan diketahui panjang sisi sebuah kubus yaitu 8 cm. Berapakah volume kubus tersebut?

a. Masukkan sisi kubus di cell B3 yaitu 8.
b. Untuk mencari luas permukaan ketikkan pada cell B4 yaitu =6*B3
c. Tekan Enter
d. Kemudian untuk mencari volume ketikkan padaa cell B5 yaitu =B3^3

Dengan menggunakan microsoft Excel kita akan langsung mendapatkan jawabannya sebagai berikut:

Rumus Kubus
Rumus Kubus

Sehingga, volume dari kubus sebesar 512 cm3 dan luas permukaan kubus sebesar 48 cm2.

Akan secara otomatis keluar hasilnya. Anda cukup mengganti ukuran sisi kubus pada B3 jika ingin mencari luas permukaan dan volume kubus dengan ukuran sisi yang berbeda dengan contoh. Dengan sendirinya Excel akan menghitung berapa luas permukaan dan volume kubus tersebut. Tidak sulit, bukan?

Anda dapat mencoba untuk mempraktekkan langkah-langkah tersebut. Dengan begitu pekerjaan Anda akan lebih mudah teratasi. Pastikan Anda tidak salah mengetik rumus kubus tersebut.

Baca Juga :  Cara Install Macro dan Menjalankannya di Microsoft Excel

Ingat. Cara ini memang akan lebih cepat dari Anda menghitung sendiri secara manual tetapi Anda juga harus tetap bisa menggunakannya secara bijak ya. Terutama bagi para pelajar yang masih bersekolah. Anda harus bisa menghitung secara manual juga, supaya saat Anda mengerjakan tugas di sekolah Anda tetap bisa menghitung sendiri tanpa bantuan alat bantu apa pun seperti kalkulator atau pun Excel.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai Rumus Kubus dalam Microsoft Excel yang telah dijelaskan dengan jelas. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda. Terima kasih.