Rumus Limas Segi Tiga, Segi Empat, Segi Lima + Contoh

Posted on

Rumus Limas Segi Tiga, Segi Empat, Segi Lima dan Contoh Soalnya – Bangun terdiri dari dua jenis bangun yaitu bangun 2 dimensi dan bangun 3 dimensi. Benda yang ada di kehidupan sehari-hari memiliki bentuk dari bangun datar atau pun bangun ruang. Bangun ruang memiliki bentuk yang beragam seperti kubus, balok, bola, kerucut, tabung, prisma, dan limas. Bangun-bangun tersebut memiliki perannya masin-masing di kehidupan ini.

Seperti bentuk piramida, bentuk tersebut terlihat seperti bangun datar segitiga tetapi bangun tersebut merupakan bentuk dari bangun ruang limas. Masih banyak benda lainnya tentunya yang berbentuk bangun ruang seperti kardus, botol, toples, dan lain sebagainya. Kita juga dapat menghitung isi atau daya tampung dari benda-benda tersebut, bukan? Dengan begitu untuk mengetahui isi dari benda tersebut kita harus tahu terlebih dahulu bangun apakah itu dan bagaimana cara menghitungnya.

Seperti bangun limas juga bangun ruang yang dipelajari di sekolah, bangun ini memiliki jenis yang beragam. Kita dapat menghitung isi atau daya tampung dari benda tersebut dengan bantuan rumus dari bangun itu sendiri. Oleh karena itu, artikel guruakuntansi.co.id akan membahas mengenai rumus limas dari berbagai jenis bentuk limas beserta contoh soal dan gambarnya serta sifat dari bangun itu sendiri. Ayo semangat belajarnya ya.

Limas merupakan salah satu bangun ruang 3 dimensi yang terdiri dari beberapa garis lurus dan bidang yang berada pada tiga titik koordinat yaitu pada titik x, y, dan z.

Rumus Limas Segi Tiga, Segi Empat, Segi Lima dan Contoh Soalnya

Pada materi sebelumnya juga telah dibahas mengenai bangun datar dan bangun ruang. Anda dapat melihat materi sebelumnya untuk menambah pengetahuan Anda ya.

Jenis Limas

Limas juga terdiri dari berbagai jenis yaitu:
a. Limas segi tiga
b. Limas segi empat
c. Limas segi lima
d. Limas segi enam

Adapun berikut ini merupakan sifat-sifat yang dimiliki bangun limas yaitu:
a. Pada limas segi tiga yaitu bangun limas yang memiliki alas berbentuk segitiga. Jumlah sisi yang dimiliki limas segi tiga yaitu empat buah sisi, dengan enam buah rusuk, dan terdapat empat titik sudut. Seperti gambar berikut ini:

Limas Segi Tiga
Limas Segi Tiga

b. Limas segi empat memiliki alas yang berbentuk persegi atau pun persegi panjang. Pada limas jenis ini terdapat lima buah sisi dengan delapan buah rusuk dan lima titik sudut. Seperti gambar berikut ini:

Limas Segi Empat
Limas Segi Empat

c. Jumlah sisi yang dimiliki limas segi lima yaitu enam buah sisi dengan rusuk berjumlah 10 buah dan titik sudut sebanyak enam titik sudut. Alas pada limas ini berbentuk bangun segi lima. Seperti gambar berikut ini:

Limas Segi Lima
Limas Segi Lima

d. Sedangkan pada limas segi enam terdapat jumlah sisi sebanyak tujuh buah dan rusuk sebanyak 12 buah. Selain itu titik sudut yang dimiliki limas segi enam yaitu sebanyak tujuh titik sudut. Seperti gambar berikut ini:

Limas Segi Enam
Limas Segi Enam

Rumus Limas

Adapun berikut ini merupakan rumus untuk mencari isi atau volume dari bangun limas yaitu:

Volume = 1/3 x Luas alas x tinggi limas

V = 1/3 x Lalas x tlimas

Luas permukaan = Luas sisi alas + jumlah Luas sisi tegak

Rumus tersebut merupakan rumus umum dari bangun limas.

Untuk luas alas pada bangun limas memiliki bentuk yang berbeda sesuai jenis limasnya.

Rumus Luas Alas Limas

Limas Segi Tiga

Baca Juga :  Penjelasan Bilangan Biner dan Contoh Soalnya

Luas alas = ½ x alas x tinggi

Limas Segi Empat

Jika alas dari limas tersbeut berbentuk persegi panjang, maka gunakanlah rumus berikut ini:

Luas alas = panjang x lebar

Sedangkan jika alas tersebut berbentuk persegi maka,

Luas alas =s2

Limas Segi Lima

Luas alas = ¼ √5 (5 + 2 √5) s²

Untuk mencari volume dari bangun limas, pastikan juga untuk menggunakan rumus luas alas yang tepat sesuai dengan alas bangun tersebut ya.

Contoh Soal

Terdapat sebuah limas dengan alas berbentuk persegi panjang dengan panjang 3 cm dan lebar 7 cm. Tinggi dari limas tersebut yaitu 9 cm. Hitunglah volume dari limas segi empat tersebut!

Jawab:
Diketahui tinggi limas = 9 cm, panjang = 3 cm, dan lebar = 7 cm

Volume =1/3 x Lalas x tlimas = 1/3 x 3 x 7 x 9 = 63 cm2

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus limas dari berbagai jenis bentuk limas beserta contoh soal dan gambarnya serta sifatnya. Semoga dapat menambah ilmu kalian semua. Terima kasih.