Rumus Luas Jajar Genjang dan Keliling

Rumus Luas Jajar Genjang dan Keliling – Salah satu yang termasuk dari bangun 2D yaitu bangun segi empat. Selain itu bangun segi empat juga termasuk salah satu dari bangun segi n. Bangun segi empat terdiri dari berbagai bentuk seperti persegi atau bujur sangkar, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, jajar genjang, dan layang-layang.

Bangun-bangun tersebut dapat kita pelajari baik itu di sekolah atau pun di rumah. Selain itu kita dapat mempelajarinya sambil bermain karena biasanya benda-benda yang ada di sekitar kita berbentuk bangun-bangun tersebut.

Seperti bangun jajar genjang, bangun ini serupa dengan persegi panjang tetapi bentuknya sedikit berbeda. Tahukah kamu benda apa saja yang berbentuk jajar genjang? Benda yang berbentuk jajar genjang dapat kita lihat pada penghapus yang berwarna merah biru. Atau kamu tidak pernah melihat penghapus jenis ini ya? Kalau gitu misalkan atap rumah yang dilihat dari samping. Selain itu, materi ini juga dipelajari dan menjadi salah satu materi pelajaran matematika yang sudah bisa dipelajari dari sekolah dasar.

Jajar genjang biasanya akan terlihat serupa dengan persegi panjang tapi jika dilihat dari samping benda tersebut akan terlihat lebih mirip dengan jajar genjang. Pada artikel guruakuntansi.co.id ini akan membahas mengenai rumus luas dan keliling dari bangun jajar genjang yang dilengkapi dengan pengertian dan sifat-sifat yang dimilikinya. Ayo belajar bersama!

Pengertian Jajar Genjang

Bangun segi empat yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang merupakan pengertian dari bangun datar 2D jajar genjang. Selain itu, jajar genjang juga memiliki dua pasang sudut yang berhadapan sama besar.

Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang

Bentuk dari jajar genjang biasanya dapat kita lihat dari benda-benda yang kita lihat dari samping. Seperti buku yang terlihat dari samping akan terlihat seperti bentuk jajar genjang. Pada penghapus juga terlihat seperti jajar genjang. Biasanya bangun yang berbentuk jajar genjang terlihat dari bangun balok tetapi dilihat dari samping. Hal ini terjadi karena bangun balok juga berasal dari bangun datar persegi panjang.

Berikut ini gambar jajar genjang:

Jajar-Genjang
Jajar Genjang

Sifat Jajar Genjang

Sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun jajar genjang yaitu:
a. Mempunyai empat buah sisi.
b. Memiliki dua pasang sisi yang berhadapan.
c. Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang dan juga sejajar.
d. Terdapat empat buah titik sudut.
e. Terdiri dari dua pasang sudut yang berhadapan sama besar yaitu sudut lancip dan sudut tumpul.
f. Jumlah sudut yang saling berdekatan adalah 180o atau saling berperulus dengan jumlah semua sudutnya 360o.
g. Tidak memiliki sumbu simetri.
h. Mempunyai dua buah simetri putar.
i. Ada dua garis diagonal tetapi berbeda panjangnya.

Di antara sifat-sifat tersebut terdapat sifat yang serupa dengan persegi panjang. Karena bentuk bangun jajar genjang serupa dengan persegi panjang. Ingat serupa tapi tidak sama.

Sifat-sifat yang serupa dengan persegi panjang yaitu memiliki empat buah sisi dengan dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang dan memiliki empat buah titik sudut. Selain itu, sifat yang sama dengan persegi panjang yaitu jumlah sudut yang saling berdekatan adalah 180o atau saling berperulus.

Pada jajar genjang memiliki sisi yang disebut dengan panjang dan lebar yang merupakan sisi miring.

Rumus Jajar Genjang

Sesuai gambar jenjang berikut ini:

Didapatkan rumus untuk mencari luas dan keliling dari bangun jajar genjang berikut ini:

Luas = alas x tinggi

Alas = Luas ÷ tinggi
Tinggi = Luas ÷ alas

Keliling = (2 x alas) + (2 x lebar)

Keliling = 2 x (a + l)

Rumusnya pun hampir serupa dengan persegi panjang. Meski begitu jangan salah menggunakan rumus ya. Keliling jajar genjang memiliki rumus yang sama dengan persegi panjang. Cara mengerjakannya pun sama hanya saja pada persegi panjang alas pada jajar genjang disebut dengan panjang.

Rumus tersebut digunakan untuk memudahkan Anda dalam mencari luas dan keliling dari bangun tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas dan keliling dari bangun jajar genjang yang dilengkapi dengan pengertian dan sifat-sifat yang dimilikinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami bangun jajar genjang. Terima kasih.

/* */