Rumus Volume Balok (Cuboid) Mencari Luas Permukaan

Rumus Mencari Volume dan Luas Permukaan Balok (Cuboid) – Balok atau disebut dengan Cuboid merupakan salah satu bangun ruang 3D yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kardus minuman, kotak sepatu, lemari, dan masih banyak benda lainnya. Benda yang berbentuk bangun ini sering sekali kita gunakan sebagai wadah atau tempat untuk menaruh sesuatu.

Untuk mengukur isi dari kotak tersebut tentunya kita harus mengetahui berapa daya tampung kotak tersebut dengan menghitung volumenya. Karena itu kita harus terlebih dahulu mengetahui apa rumus volume bangun tersebut. Bangun ini juga sudah kita pelajari sejak sekolah dasar.

Bangun ruang balok ini menjadi salah satu materi bahan ajar matematika dari sekolah dasar. Dengan mengetahui volume dari benda ini akan lebih efektif untuk menentukan daya tampungnya. Selain itu, dari benda ini kita juga dapat mengetahui luas permukaan balok tersebut. Nah, guruakuntansi.co.id akan membahas lebih lengkap mengenai bangun ruang balo. Artikel ini akan berisi tentang rumus untuk mencari volume dan luas permukaan balok atau Cuboid yang dilengkapi dengan sifat, gambar, dan contoh soalnya. Yuk cuss langsung baca aja.

Rumus Mencari Volume dan Luas Permukaan Balok (Cuboid)

Balok (Cuboid)

Cuboid atau balok merupakan bangun ruang 3D yang memiliki beberapa bidang sisi dan terdiri dari bangun persegi panjang.

Balok
Balok

Sifat-sifat yang dimiliki balok yaitu:
a. Banyak sisi balok yaitu enam buah bidang sisi yaitu bidang atas, bidang bawah, bidang samping kanan, bidang samping kiri, bidang depan, dan bidang belakang.
b. Memiliki rusuk sebanyak 12 buah.
c. Terdiri dari delapan titik sudut.
d. Mempunya empat buah diagonal ruang.
e. Terdapat enam buah bidang diagonal.

Balok memiliki sisi yang berbeda-beda atau tidak sama panjang. Contoh benda yang berbentuk balok yaitu lemari, kotak, kardus, kulkas, brankas, dan benda lainnya.

Rumus Volume Balok

Volume pada bangun ruang dasarnya adalah luas alas dikali tinggi bangun ruang tersebut.

Volume = luas alas x tinggi

Karena alas dari bangun balok tersebut yaitu persegi panjang. Maka rumus volume balok menjadi:

Volume = p x l x t

dengan p adalah panjang
l adalah lebar
t adalah tinggi balok

Satuan untuk volume yaitu berpangkat tiga.

Rumus Luas Permukaan Balok

Rumus luas seluruh permukaan untuk balok yaitu:

Luas permukaan = (2xpxl) + (2xpxt) + (2xlx t)

Luas permukaan = 2 x {(p x l) + (p x t) + (l x t)}

Gunakan satuan berpangkat dua untuk luas permukaan.

Setelah mengetahui rumus dari bangun balok tersebut. Agar Anda lebih memahami dan ingat dengan rumus terebut, maka cobalah untuk mengerjakan soal berikut ini.

Contoh Soal

  1. Terdapat sebuah kulkas dengan panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 160 cm. Coba hitungah berapa volume dari kulkas tersebut?

Jawaban:
Diketahui bahwa panjang 50 cm, lebar 40 cm, tinggi 160 cm.

Volume = p x l xt = 50 x 40 x 160 = 320.000 cm3.

Sehingga, volume dari kulkas tersebut sebesar 320.000 cm3.

  1. Ada sebuah aquarium berbentuk balok yang berisikan ikan dan karang memiliki tinggi sepanjang 42 cm dengan panjang 50 cm, dan lebar 22 cm. Tentukanlah luas seluruh permukaan aquarium tersebut.

Jawaban:
Diketahui panjang 50 cm, lebar 22 cm, tinggi 42 cm.

Luas permukaan = 2 x {(p x l) + (p x t) + (l x t)} = 2 x {(50 x22) + (50 x 42) + (22 x 42)}
= 2 x (1.100 + 2.100 + 924) = 2 x 4.124 = 8.248 cm2

Sehingga, luas permukaan seluruh aquarium tersebut yaitu 8.248 cm2.

Yang terpenting adalah Anda mengetahui bagaimana bentuk dari balok. Alas dari balok berbentuk persegi panjang. Itu berarti luas dari persegi panjang akan digunakan pada bangun balok ini. Rumus dari luas persegi panjang yaitu panjang dikali lebar. Dengan begitu Anda akan ingat apa rumus dari volume balok dan luas permukaan balok tersebut.

Balok berkorelasi dengan persegi panjang.

Dengan mengetahui rumus balok atau cuboid tersebut kita tidak akan kesulitan dalam mengerjakan soalnya terkadang soal tersebut bangun balok akan digabungkan dengan bangun lainnya.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus untuk mencari volume dan luas permukaan seluruh balok atau Cuboid yang telah dijelaskan lengkap dengan sifat dan contoh soalnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda. Terima kasih.

/* */