Rumus Modus Beserta Contoh Soal dan Formula

Posted on

Rumus Modus Beserta Contoh Soal dan Formula – Pernahkah Anda mendengar kata “modus”? Pasti Anda pernah mendengar kata modus , bukan? Biasanya modus sering diartikan dengan hal yang berbeda dengan arti aslinya. Di tv atau di kehidupan sehari-hari kita sering sekali mendengar hal itu. Orang-orang sering mengartikan modus sebagai sesuatu yang dilakukan dengan tujuan tertentu.

Misalkan ketika ada seseorang yang mendekati kita, orang tersebut berbuat baik dan membuat kita senang dengan cara apapun. Padahal seseorang itu melakukan hal tersebut untuk mendapatkan sesuatu dari kita. Hal itu merupakan modus. Sedangkan dalam matematika modus memiliki arti yang sangat berbeda.

Modus merupakan salah satu materi dalam pengolahan data. Sedangkan pengolahan data termasuk dalam statistika. Itu artinya data akan diolah dan ditentukan modusnya. Untuk lebih jelasnya guruakuntansi.co.id akan membahas lebih dalam mengenai modus meliputi pengertian, rumus, dan contoh soalnya lengkap dengan formula modus pada microsoft excel. Simak terus materi ini ya.

Pengertian Modus

Rumus Modus Beserta Contoh Soal dan Formula

Jika membahas data pasti terdapat sekumpulan data yang akan kita olah data tersebut. Salah satu cara untuk mengolah data yaitu dengan ukuran tendensi sentral. Tendensi sentral dilakukan dengan berbagai cara yaitu mean, median, dan modus. Dengan tendensi sentral kita dapat melihat penyebaran data tersebut.

Modus merupakan nilai yang sering muncul atau nilai yang memiliki frekuensi paling besar.

Misalkan pada data anak sekolah menyukai berbagai jenis olah raga. Dari data tersebut murid paling banyak menyukai berenang. Itu berarti modus dari data tersebut adalah berenang. Karena anak-anak lebih banyak menyukai berenang dibandingkan dengan olah raga lainnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Tombol Cetak di Excel dengan Macro

Biasanya ketika mencari modus juga akan diikuti dengan mean dan median. Mean merupakan nilai rata-rata sedangkan median merupakan nilai tengah dari sekumpulan data.

Rumus Modus

Sesuai dengan pengertiannya, rumus modus yaitu nilai dengan frekuensi paling besar.

Ketika terdapat data yang tersaji, lihatlah frekuensi atau banyaknya data yang muncul dalam sekumpulan data tersebut. Saat mencari modus kita tidak perlu repot-repot untuk mengurutkan data tersebut dari data yang terkecil hingga terbesar. Anda hanya perlu menghitung berapa kali data tersebut muncul. Setelah selesai menghitung, lihat mana data yang memiliki frekuensi paling banyak. Data tersebut merupakan modus. Itu artinya, sekumpulan data tersebut tersebar di modus tersebut. Meskipun demikian, persebaran data yang baik ditunjukkan dengan mean.

Contoh Soal

Diketahui bahwa terdapat data seperti berikut ini:
3, 5, 2, 5, 1, 6, 4, 7, 6, 2
4, 6, 2, 6, 8, 1, 7, 3, 8, 4

Dari data tersebut tentukanlah modusnya!

Jawab:

DataPerhitunganFrekuensi
1II2
2III3
3II2
4III3
5II2
6IIII4
7II2
8II2

Dari data tersebut didapat bahwa frekuensi yang paling banyak adalah 6. Sehingga modus dari data tersebut yaitu 6.

Formula Rumus Modus di Excel

Dalam microsoft excel, fungsi excel untuk mencari nilai modus dari sekumpulan data yaitu menggunakan rumus fungsi MODE. Adapun berikut ini merupakan fungsi excel modus yaitu sebagai berikut:

=MODE(number1; [number2]; …)

Dengan rumus fungsi tersebut akan didapat nilai modus secara otomatis.

Modus yang dicari menggunakan microsoft excel biasanya untuk sekumpulan data dengan jumlah besar. Dengan menggunakan microsoft excel tersebut tentunya bertujuan untuk efisiensi waktu. Karena tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan modusnya.

Baca Juga :  Rumus Dasar Excel Beserta Contoh Bagi Pemula + Pelajar

Data yang telah diketikkan pada excel akan dicari nilai modusnya. Misalkan Anda ketikkan data yang ada pada contoh soal di atas ke microsoft excel seperti berikut ini.

Setelah Anda mengetikkan data tersebut letakkan kursor pada sembarang cell, kemudian ketikkan rumus fungsi modus berikut:

=MODE(A1:A20)

Kemudian tekan Enter.

Nilai modus akan secara otomatis keluar tanpa harus mengurutkan atau menghitung frekuensi nilainya terlebih dahulu.

Jika Anda mengerjakan nilai modus dari sekumpulan data hal yang harus dilakukan adalah menghitung berapa kali data tersebut muncul. Dengan menggunakan excel akan lebih menghemat waktu dalam pengerjaannya terutama untuk data yang besar yang memiliki data lebih dari 50.

Bagaimana apakah Anda sudah mengerti apa itu modus dan bagaimana cara mencarinya?

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus modus yang dilengkapi dengan contoh soal serta formula pada microsoft excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.