Rumus Mencari Ranking dan Menentukannya di Ms. Excel

Posted on

Rumus untuk Mencari dan Menentukan Ranking di Ms. Excel – Setelah melewati bulan Ramadhan ini, para guru akan disibukkan dengan akhir semester di akhir tahun ajaran. Jika sesuai dengan jadwal, setelah lebaran yaitu sebulan lagi, para murid akan melaksanakan ujian akhir semester. Kemudian para guru kelas akan membagikan raport kepada para orang tua dan liburan menanti.

Sebelum liburan, para guru wali kelas akan disibukkan dengan mengisi raport para siswa siswi didiknya. Nilai yang disetorkan oleh para guru bidang study akan dimasukkan ke dalam raport kemudian dihitung dan diurutkan peringkatnya. Apabila mengerjakan secara manual tentunya akan memakan banyak waktu belum lagi guru tersebut mengurus anaknya yang daring. Pasti sibuk sekali para wali kelas di akhir tahun ajaran.

Karena itulah manfaatkanlah teknologi yang ada untuk membantu Anda dalam meringankan tugas Anda tersebut. Dengan microsoft excel pekerjaan Anda akan terbantu. Untuk meranking nilai dari para murid Anda dapat dilakukan dengan microsoft excel. Fungsi excel Ranking dapat membantu Anda untuk mencari dan menentukan ranking atau peringkat seluruh siswa siswi Anda. Untuk itu, guruakuntansi.co.id akan membahas mengenai rumus untuk mencari dan menentukan ranking di miscrosoft excel dengan lengkap. Simak terus kuy.

Rumus untuk Mencari dan Menentukan Ranking di Microsoft Excel

Pengantar

Ranking merupakan peringkat. Biasanya perangkingan dilakukan untuk mengurutkan peringkat murid-muridnya. Atau terkadang juga digunakan untuk memberi peringkat para peserta yang mengikuti sebuah perlombaan seperti cerdas cermat atau pun olimpiade. Nah untuk merankingkan nilai bagi peserta calon siswa baru di sekolah pun bisa menggunakan rumus fungsi ini. Jadi Anda bisa langsung menentukan hingga ranking berapa yang dapat menjadi siswa baru di sekolah Anda.

Baca Juga :  Rumus Frekuensi Statistik Excel Disertai Contoh Soal

Terlebih dahulu Anda dapat membuat daftar nilai para peserta didik pada microsoft excel. Selain memudahkan Anda untuk meranking juga membantu Anda dalam membuat tabel. Tidak perlu menambahkan table seperti pada microsoft word. Edit yang dilakukan pada microsoft excel juga lebih mudah. Lebih efisien, bukan?

Sebelum mencari ranking dari murid-murid Anda, daftar nilai yang telah Anda masukkan tersebut dapat Anda totalkan nilainya untuk per anak. Nilai total dari tiap anak tersebut yang akan menjadi acuan dalam pengurutan ranking.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat contoh dari penggunaan rumus ranking ini pada artikel sebelumnya yaitu pada:

Dengan begitu Anda akan semakin memahami cara penggunaan rumus fungsi ranking tersebut.

Rumus Mencari Ranking

Untuk menentukan ranking dari tiap anak tersebut dapat menggunakan rumus formula ranking berikut ini:

=RANK(number;ref;[order])

Dengan keterangan berikut ini:

  • Rank merupakan fungsi excel untuk meranking atau mengurutkan peringkat suatu data.
  • Number merupakan nilai dari angka yang akan dicari dan ditentukan rankingnya.
  • Ref atau referensi merupakan daftar nilai yang akan dirangkingkan. Pada referensi digunakan tanda ($) atau absolute untuk membuat nilai tersebut berbentuk absolut dan tidak berubah.
  • Order merupakan suatu pengurutan yang dilakukan berdasarkan ranking terbesar atau pun ranking terkecil.

Pada order digunakan angka 0 atau pun 1 yang artinya sebagai berikut:

  • Untuk angka 0 artinya diranking berdasarkan peringkat terbesar ke kecil atau disebut dengan nilai descending. Artinya diurutkan dari ranking 1, 2, 3, dan seterusnya.
  • Sedangkan untuk angka 1 adalah diranking berdasarkan peringkat terkecil ke besar atau disebut dengan nilai ascending. Artinya diurutkan dari ranking …, 20, 19, 18, hingga 1.
Baca Juga :  Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel

Setalah Anda memasukkan rumus tersebut Anda tidak perlu mengetikkan satu persatu rumus ranking pada tiap anak. Berikut ini hal yang perlu Anda lakukan setelahnya yaitu sebagai berikut:

a. Drag atau copy cell yang telah Anda ketikkan rumus rank.
b. Tunggu hingga kursor berubah menjadi seperti tanda tambah (+).
c. Kemudian tarik ke bawah hingga di akhir dari daftar yang telah Anda masukkan tersebut.
d. Setelah itu ranking dari tiap anak akan keluar.

Praktis, bukan? Tidak memerlukan banyak waktu untuk mencari dan menentukan ranking dari tap anak. Dengan microsoft excel Anda juga dapat melakukan perintah yang sama pada cell yang telah Anda copy.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus untuk mencari dan menentukan ranking di microsoft excel. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu. Terima kasih.