Sejarah Bahasa Indonesia

Posted on

Sejarah Bahasa Indonesia – Indonesia yang begitu sangat dinamis dan menghasilkan kosakata baru dari penciptaan dan penyertaan bahasa lokal dan asing. Salah satu bahasa yang berasal dari luar adalah bahasa Inggris.

Bahasa adalah saluran untuk tujuan yang mengekspresikan perasaan dan memungkinkan orang untuk bekerja bersama. Komunikasi adalah hasil dari ekspresi diri.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Bahasa ?

Bahasa merupakan adanya sebuah identitas suatu bangsa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan bangsa lain. Di mana setiap negara memiliki bahasa yang berbeda, berbeda dalam karakteristik dan asal-usulnya. Hal yang sama berlaku untuk bahasa Indonesia. Sejarah Indonesia tidak dapat dipisahkan dari bahasa Melayu.

Indonesia yang begitu sangat dinamis dan menghasilkan kosakata baru dari penciptaan dan penyertaan bahasa lokal dan asing. Salah satu bahasa yang berasal dari luar adalah bahasa Inggris. Dimana dalam bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan untuk komunikasi terhadap antar negara.

Sejarah-Bahasa-Indonesia

Tak heran, kemudian, bahwa banyak orang yang belajar bahasa Inggris. Menguasai, jika tidak melalui informasi yang buta di dunia. Meskipun penting untuk belajar bahasa Inggris, yang terbaik bagi kita sebagai warga negara Indonesia untuk melestarikan, membudayakan dan menjaga bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Kerajaan Mataram Kuno

Untuk memperluas bahasa Indonesia, kita perlu mengetahui sejarah bahasa Indonesia dan perkembangannya hingga hari ini. Di mana bahasa Indonesia adalah bahasa yang mencakup populasi Indonesia yang beragam.

Sejarah Bahasa Indonesia

Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928. Pada hari ini, kaum muda dari seluruh penjuru nusantara berkumpul dan menggadaikan kaum muda dengan konten berikut:

  • Dalam darah tanah Indonesia.
  • Memberi bahasa terpadu, yakni bahasa Indonesia.
  • Satu bangsa, satu bangsa Indonesia.

Dengan sumpah pemuda, Indonesia kemudian dikukuhkan sebagai bahasa nasional. Pada 18 Agustus 1945, Indonesia menjadi bahasa negara dan dimasukkan ke dalam konstitusi Bab XV, Pasal 36 tahun 1945.

Fungsi Bahasa Secara Umum

Adapun berbagai fungsi umum dalam bahasa indonesia ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Sebagai Alat untuk Mengungkapkan Perasaan atau Mengekspresikan Diri

Dapat mengartikulasikan gambar, niat, ide dan perasaan. Melalui bahasa kita dapat dengan jelas mengekspresikan apa yang kita gambar dalam hati dan pikiran kita. Ada dua elemen yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri:

  • Untuk memenangkan orang lain, beri tahu kami.
  • Keinginan untuk membebaskan diri dari tekanan emosional.

b. Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa adalah saluran untuk tujuan yang mengekspresikan perasaan dan memungkinkan orang untuk bekerja bersama. Komunikasi adalah hasil dari ekspresi diri.

Menggunakan bahasa sebagai komunikasi berarti bahwa Anda memiliki target yang membaca atau mendengarkan sebagai target utama untuk perhatian manusia.

c. Sebagai Alat Berintegrasi dan Beradaptasi Sosial

Saat beradaptasi dengan lingkungan sosial, orang akan memilih bahasa yang Anda gunakan tergantung pada situasi dan keadaan Anda. Ada orang yang menggunakan bahasa non-standar saat mengobrol dengan teman.

Menggunakan bahasa standar saat berbicara dengan orang tua atau merasa terhormat. Menguasai bahasa lokal membuatnya mudah untuk bergaul dan mencocokkan dengan negara-negara.

Baca Juga :  Sejarah Patung Buddha

d. Sebagai Alat Kontrol Sosial

Pengaruhnya terhadap sikap, perilaku dan bahasa orang lain. Kontrol sosial berlaku untuk kita dan masyarakat, seperti buku pelajaran, diskusi publik, ceramah agama, diskusi ilmiah, dan pengumuman publik.

Contoh lain yang menggambarkan bagaimana bahasa bekerja sebagai cara sederhana kontrol sosial adalah mengurangi kemarahan. Menulis adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan kemarahan.

e. Kedudukan Bahasa Indonesia

Posisi di atas basis regional. “Hasil dalam perumusan yakni seminar politik dalam bahasa nasional”, yang berlangsung di Jakarta dari 25 hingga 28 Februari 1975, mengkonfirmasi bahwa bahasa Indonesia berfungsi dalam konteks bahasa nasional sebagai berikut:

Lambang Kebanggaan Nasional

Sebagai simbol kebanggaan nasional Indonesia, ini mencerminkan nilai-nilai sosial budaya Indonesia yang tinggi. Dengan nilai-nilai tinggi yang diungkapkan orang Indonesia, kita harus bangga, dihormati, dan dihormati.

Sejak terwujudnya kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, mereka harus menggunakannya tanpa rasa rendah hati, malu, dan tidak khawatir. Kita harus bangga menggunakannya dalam perawatan dan pengembangan.

a. Alat Pemersatu Berbagai Masyarakat yang Berbeda

Fungsi ini memungkinkan orang Indonesia dengan latar belakang sosial-budaya dan bahasa yang berbeda untuk bersatu dan bersatu dalam budaya, cita-cita dan takdir yang sama.

Karena fakta bahwa bahasa Indonesia digunakan, identitas etnis dan sosial budaya di wilayah ini masih tercermin dalam bahasa daerah masing-masing. Posisi dan fungsi bahasa daerah masih kuat dan tidak gemetar sama sekali. Bahkan, bahasa daerah diharapkan membuat Indonesia menjadi harta karun.

b. Lambang Identitas Nasional

Sebagai simbol identitas nasional, Indonesia adalah simbol bangsa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia dapat menemukan identitas, sifat, perilaku, dan karakter seseorang sebagai bangsa Indonesia. Kita harus berhati-hati untuk tidak mencerminkan karakteristik pribadi. Jangan biarkan Indonesia berbagi gambaran nyata tentang Indonesia.

Baca Juga :  Sejarah Seni Patung

c. Alat Penghubung Antarbudaya Antardaerah

Anda bisa merasakannya setiap hari di Indonesia. Dapat berkomunikasi dengan orang Indonesia pada semua aspek kehidupan. Bagi pemerintah, semua kebijakan dan strategi yang berkaitan.

Dengan ideologi, sosial, ekonomi, budaya, politik, pertahanan dan keamanan mudah dipahami oleh warga negara. Jika arus informasi antara naik, itu akan mempercepat pada pengetahuan. Menambah pengetahuan berarti mendapatkan sasaran pengembangan lebih cepat.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.