Sejarah Gitar

Posted on

Sejarah Gitar – Salah satu sebuah alat musik yang begitu paling banyak digunakan di dunia oleh para musisi. Dengan dawai yang tepat, gitar dapat menciptakan sebuah irama harmonis yang begitu sangat merdu.

Gitar hanya mempunyai sebuah empat akor atau nada, yakni C – F – A – D. Gitar yang ada yakni dalam berukuran relatif lebih kecil dan earphone tidak selebar gitar saat ini.

Pasti kalian mengenal dengan istilah gitar bukan? Gitar merupakan alat musik yang memainkannya dengan cara dipetik. Untuk penjelasan selanjutnya, yuukk… Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa itu Gitar ?

Pengertian Gitar merupakan sebuah alat musik dengan cara di petik yang biasanya dimainkan dengan digenjreng saat bermain.

Contoh-Bentuk-Gitar

Pada umumnya, cara memainkan dengan menggunakan jari atau pick, yakni merupakan sebuah alat untuk menggiling atau menggenjreng dan terbuat dari besi, plastik, atau tulang. Gitar dapat dimainkan dalam berbagai genre musik, blues, jazz, pop, reggae dan bahkan metal.

Terdapat begitu banyak jenis gitar, tetapi yang paling umum ialah gitar listrik dsn gitar akustik. Gitar akustik merupakan sebuah gitar dengan konstruksi tubuh berongga. Sementara gitar listrik merupakan sebuah gitar yang suaranya diperkuat dengan pickup, suara yang dihasilkan sangat rendah jika tidak menggunakan pickup.

Sejarah Gitar

Keaslian dalam sebuah gitar tidak dapat dikenali dari keindahannya. Beberapa ahli telah percaya bahwa alat ini berasal benua Afrika, di mana begitu banyak replika modern yang telah dibuat dalam bentuk kotak bundar seperti kerang serta Gut atau benang sutra di wilayah benua.

Sejarah-Gitar

Ahli lain menemukan bahwa dalam alat ini dalam bentuk kaca di relief-relief pada sebuah batu kuno di zaman Asia Tengah dan Asia kuno. Gagasan lain muncul dengan ditemukannya vas-vas bergaya Yunani kuno. Greek Strings ialah sebuah instrumen pertama yang dianggap gitar.

Baca Juga :  Sejarah Situ Gintung

Gitar modern telah berakar pada gitar Spanyol, tetapi berbagai dalam jenis gitar, seperti instrumen yang kita lihat dalam lukisan dari Abad Pertengahan dan Renaissance, tersebar luas di seluruh Eropa.

Perkembangan Gitar di Timur

Diyakini bahwa sejarah gitar yakni telah berasal dari belahan bumi timur. Di sana para arkeolog telah menemukan beberapa sebuah instrumen dan benda-benda yang terkait dalam gitur, yakni dapat sebagai patokan dalam dunia asal gitar yang tidak terkenal.

Di antara benda-benda dalam bersejarah yang ditemukan di Babel ialah plak tanah liat pada tahun 1900-1800 SM. Paling penting, di mana seorang tokoh-tokoh telah telanjang yang digambarkan dalam instrumen tersebut.

Beberapa sebuah instrumen yang umum sebagai instrumen mirip dengan sebuah gitar. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa adanya sebuah perbedaan antara tubuh dan leher gitar. Bagian belakang gitar sangat datar, di mana dalam bagian belakang gitar yakni telah melekat pada peti pendeta.

Hal ini cukup untuk membuktikan bahwa tidak ada kemungkinan instrumen memiliki bentuk mangkuk. Sangat jelas bahwa tangan kanan sedang mengambil senar. Namun, dalam jumlah senarnya tidak jelas.

Masuknya gitar di Indonesia

Kolonialisme tidak hanya meninggalkan rasa sakit, tetapi termasuk sebuah seni. Salah satunya gitar dibawakan oleh orang-orang Portugis yakni sekitar pada abad ke-17.

Pada saat itu, sejumlah tahanan Portugis di Malaka diselesaikan dengan Belanda di daerah berawal di Jakarta utara di desa Tugu. Agar mereka tidak bosan, mereka berbicara dengan musik.

Namun, musik yang mereka digunakan saat itu ialah alat musik berbentuk gitar. Dikatakan bahwa dari hasil pengenalan instrumen oleh manusia, beberapa instrumen senar telah muncul yang telah diputar ke lagu-lagu Keroncong.

Baca Juga :  Sejarah Renang

Pada saat itu para tahanan memainkan tiga jenis gitar, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Gitar Rorenga, terdiri atas 4 senar.
  • Gitar Monica, terdiri atas 3 senar.
  • Gitar Jitera, terdiri atas 5 senar.

Dalam 2 abad kemudian, gitar dan keroncong telah menjadi populer di kalangan bangsawan dan kemudian menyebar ke sudut-sudut rumah tercinta kita, yang para pejabatnya korupsi.

Salah satu sebuah alat musik yang begitu paling banyak digunakan di dunia oleh para musisi. Dengan dawai yang tepat, gitar dapat menciptakan sebuah irama harmonis yang begitu sangat merdu.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang dapat kami sampaikan dengan cara jelas, singkat yakni mengenai Sejarah Gitar. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.