Sejarah Kuno Dunia

Posted on

Sejarah Kuno Dunia – Kumpulan sebuah peristiwa dari awal catatan sejarah manusia hingga awal periode Postclassic atau Abad Pertengahan.

Sejarah berbentuk tulisan telah mencakup periode kira-kira dalam 5.000 tahun, sekitar waktu yang sama dengan pendirian Roma dalam 753 SM. Awal sejarah pada zaman Romawi kuno dan awal zaman kuno dalam sejarah Yunani kuno.

Apa itu sejarah kuno dunia? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap yakni mengenai sejarah kuno. Yuukk… Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa itu Sejarah Kuno ?

Sejarah Kuno merupakan sebuah kumpulan dalam peristiwa masa lalu dari awal catatan sejarah manusia hingga awal periode Pascaklasik atau Abad Pertengahan.

Sejarah tertulis telah mencakup periode kira-kira 5.000 tahun, dimulai dengan adanya sebuah tulisan paku Sumeria, metode penulisan berdekatan tertua yang berasal dari zaman naskah Protomelek sekitar abad ke-30 SM.

Sejarah-Kuno-Dunia-

Istilah dalam zaman klasik telah sering digunakan dengan sebuah istilah yakni sebagai suatu periode dalam sejarah Dunia Lama, dari awal catatan sejarah Yunani pada 776 SM. (Pertandingan Olimpiade pertama) sampai berdirinya Roma pada 753 SM.

Awal sejarah Romawi kuno dan awal era kuno dalam sejarah Yunani kuno. Meskipun dalam batas waktu untuk zaman kuno masih kontroversial, beberapa sarjana Barat menggunakan jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada 476 AD (paling sering digunakan).

Penutupan Akademi Plato pada tahun 529 M, kematian Kaisar Justinian I pada tahun 565 M, dalam kedatangan Islam atau kebangkitan Karel Besar sebagai akhir dari periode sejarah kuno dan Eropa klasik, di India, dalam sebuah sejarah zaman kuno telah meluas ke awal Kerajaan Tengah dan di Cina hingga Dinasti Qin.

Baca Juga :  Rumah Adat Bali

Prasejarah

Prasejarah termasuk sebuah istilah yang biasa telah digunakan yakni sebagai menggambarkan waktu sebelum sejarah tertulis. Dalam sebuah pola migrasi manusia purba di Lower Palaeolithic menunjukkan penyebaran Homo Erectus di seluruh wilayah.

Kemampuan untuk mengendalikan sebuah api dimulai dalam sekitar 800.000 tahun yang lalu di Middle Palaeolithic. Sekitar 250.000 tahun yang lalu, Homo Sapiens berkembang di Afrika. Sekitar 70-60.000 tahun yang lalu, orang-orang Afrika modern bermigrasi di sepanjang pantai ke Asia Selatan dan Tenggara serta telah mencapai negara Australia.

Sekitar dalam 50.000 tahun yang lalu, orang-orang modern menyebar dari negara Asia ke Timur Tengah. Dalam sebuah negara Eropa yang telah dicapai dengan manusia modern sekitar dalam 40.000 tahun yang lalu. Akhirnya, terjadinya sebuah migrasi ke Amerika berlanjut sekitar 15.000 tahun yang lalu di Paleolitik Atas.

Sejarah-Kuno

Garis Waktu Sejarah Kuno

Terdapat beberapa garis waktu dalam sejarah kuno, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Zaman Perunggu Pertengahan dan Akhir

Zaman Perunggu adalah sebuah bagian dari sistem tri-sit. Dalam sistem tersebut, dalam Zaman Perunggu Neolitik telah terjadi dalam beberapa wilayah di dunia. Pada abad ke-24 SM telah didirikan oleh Kekaisaran Akkadian.

Dalam periode interim pertama Mesir (sekitar abad 22 SM), Abad Pertengahan Mesir antara abad 21 dan 17 SM telah mengikuti. Sumeria Renaissance juga telah berkembang dalam sekitar abad ke-21 Masehi. Sekitar abad ke-18 SM. Memulai periode interim kedua Mesir.

2. Zaman Besi Awal

Zaman Besi merupakan sebuah periode penting terakhir dalam suatu sistem tiga kali, dan kali ini telah terjadi setelah Zaman Perunggu. Konteks dan waktu berbeda-beda yang berdasarkan dalam wilayah geografis.

Selama abad 13 dan 12 SM telah ditemukan di Mesir waktu Ramsses. Sekitar 1200 SM Chr. Seharusnya terjadi dalam sebuah perang Trojan telah terjadi. Pada abad ke-19 SM, terjadi perpecahan kerajaan Het.

Baca Juga :  Sejarah Terbentuknya Pulau Jawa

3. Antikuitas Klasik

Zaman kuno klasik merupakan istilah yang luas sebagai waktu yang lama dalam sejarah budaya di sekitar Mediterania. Periode ini telah dimulai dengan puisi Yunani pertama, Homeros sekitar dalam abad ke-9 SM.

Butuh waktu hingga perkembangan agama Kristen dan runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat sekitar abad ke-5 M dan berakhir dengan selesainya budaya klasik dengan selesainya dalam antikristus yang terakhir.

Dalam sejarah kuno, Terdapat sebuah kumpulan dalam peristiwa dari awal catatan sejarah manusia hingga awal periode Postclassic atau Abad Pertengahan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Sejarah Kuno Dunia. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.