Sejarah NATO

Posted on

Sejarah NATO – NATO didirikan karena meningkatnya dalam pengaruh Uni Soviet dalam komunismenya di Eropa Barat, adanya persaingan dan ketegangan yang kuat antara negara-negara adidaya.

Untuk menjaga dalam keamanan dan perdamaian bagi negara-negara dengan anggotanya di bagian bidang politik, militer dan pertahanan untuk menghadapi sebuah ancaman.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sejarah NATO. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Bagaimanakah Sejarah NATO ?

Dalam kejadian Perang Dunia II, Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis, yang memiliki adanya sebuah demokrasi liberal, bersekutu dengan Uni Soviet yang dapat berorientasi dalam komunis di sebuah blok Sekutu.

Memang, adanya sebuah demokrasi komunisme dan liberalisme adalah dua ide yang berlawanan, tetapi mereka bersatu dalam Perang Dunia II karena mereka mempunyai sebuah musuh yang sama, yakni fasisme.

Sejarah-NATO

Setelah musuh secara bersama dapat dikalahkan, dalam keduanya telah mengalami konflik lagi. Konflik kemudian dapat menyebabkan dua blok, yakni Blok Timur (Uni Soviet) dan Blok Barat (AS), yang dapat dikenal sebagai Perang Dingin.

Organisasi NATO yakni dapat didirikan dalam sebuah bagian dari adanya Perang Dingin antara Blok Timur dan Blok Barat. NATO adalah sebuah organisasi regional yang dapat berfokus pada pertahanan terhadap negara Atlantik bagian Utara.

NATO yakni dapat didirikan setelah berakhirnya dalam sebuah Perang Dunia Kedua karena semakin meluasnya dalam pengaruh Uni Soviet terhadap komunismenya di Eropa Barat dan meningkatnya persaingan dan ketegangan negara adidaya Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Untuk mengekang dalam pengaruh terhadap ideologi komunis, negara-negara seperti Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Belgia, Luksemburg, Italia, Denmark, Islandia, Norwegia, dan Portugal yakni telah menandatangani dalam sebuah teks Perjanjian Atlantik bagian Utara di Belgia pada 4 April 1949.

Baca Juga :  Sejarah Zaman Mesozoikum

Latar Belakang Didirikannya Nato

Terdapat latar belakang dalam mendirikan NATO, yakni diantaranya ialah:

  • Sebagai mencegah dalam kejadian perang setelah Perang Dunia II.
  • Adanya sebuah persaingan antara komunisme (blok timur) dan liberalisme (blok barat).
  • Dapat menghambat dalam pengaruh sebuah komunisme di bagian Uni Soviet.

Perang Dunia ke II, yakni dapat berubah dengan menjadi sebuah tatanan dunia baru. Negara-negara dalam pemenang Perang Dunia II, yang dapat dipimpin dengan Uni Soviet terhadap ideologi komunisnya, sementara ada negara lain yang dipimpin dengan Amerika Serikat, adalah liberal.

Lambang-NATO

Tujuan dalam mendirikan NATO adalah sebagai melindungi dalam sekutu Amerika Serikat di bagian Eropa Barat dari kemungkinan dalam serangan Soviet. Negara yang telah menjadi sebuah anggota NATO dapat percaya bahwa Amerika adalah pencetus NATO, yang masih memiliki suatu kekuatan militer yang terbesar.

Itulah sebabnya mereka dapat berasumsi bahwa Uni Soviet tidak akan menyerang terhadap negara mereka. NATO yakni telah didirikan karena adanya sebuah pengaruh luas bagian Uni Soviet yang termasuk dengan Pakta Warsawa.

Tujuan NATO

NATO yakni telah berdiri sebagai tujuan yaitu menciptakan adanya sebuah keamanan dan perdamaian bagi dalam negara-negara terhadap anggotanya di bagian bidang militer, politik, dan pertahanan dengan menghadapi sebuah ancaman. Secara keseluruhan, NATO memiliki tujuan, diantaranya ialah:

  • Dapat memberikan sebuah penyelesaian terhadap konflik secara damai.
  • Mengembangkan kerja sama dalam bidang ekonomi antara negara NATO tersebut.
  • Dapat mencegah dalam penggunaan terhadap kekuatan militer dalam hubungan yang internasional.
  • Membela dalam negara-negara anggota terhadap prinsip bahwa untuk menyerang dalam satu anggota berarti menyerang terhadap anggota NATO.
  • Dapat menghilangkan adanya sebuah sengketa dalam bidang ekonomi yang internasional.

NATO didirikan karena meningkatnya dalam pengaruh Uni Soviet dalam komunismenya di Eropa Barat, NATO yakni telah berdiri sebagai tujuan yaitu menciptakan adanya sebuah keamanan dan perdamaian.

Baca Juga :  Pengertian Negara

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan yakni secara lengkap dan jelas mengenai Sejarah NATO. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.