Sejarah Radio

Posted on

Sejarah Radio – Pada setiap tanggal 11 bulan September selalu diperingati Hari Radio karena yakni terdapat tanggal tersebut yakni pertama kali Radio Republik Indonesia (RRI).

Radio dapat memperebutkan dalam sebuah kantor pada wilayah Jepang yakni Hosokyoku. Dalam stasiun RRI yang pertama di bagian wilayah Jawa yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Purwokerto, Surakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Malang.

Bagaimanakah sejarah radio? Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas secara jelas dan jelas mengenai radio. Yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Bagaimana Radio ?

Kisah radio dimulai dengan penemuan dalam seorang ilmuwan yakni bernama Marconi. Radio adalah salah satu alat dalam adanya sebuah komunikasi terpenting dalam sejarah dunia. Radio adalah sarana transmisi sinyal oleh radiasi dan modulasi elektromagnetik.

Sejarah-Radio

Radio juga disebut sebagai alat komunikasi massa karena dapat mengirim informasi ke masyarakat luas. Kehadiran radio sangat penting bagi kehidupan manusia. Sejarah radio mempunyai beberapa pada zaman dari penemuan gramofon ke radio di zaman modern.

Sejarah Radio Seperti disebutkan di atas, pendahulu perkembangan radio adalah penemuan phonograph dan gramofon. Thomas Alfa Edison, salah satu sebuah ilmuwan dan pengusaha paling berpengaruh dalam sebuah sejarah, yang telah menemukan phonograph pada tahun 1877.

Setelah itu, dua ilmuwan cerdas, James Clerk Maxwell dan Helmholtz Hertz, meneliti fenomena elektromagnetik. Mereka menggali gejala elektromagnetik dan menemukan sebuah gelombang radio.

Mereka sampai pada kesimpulan bahwa pada adanya gelombang radio dapat menyebar dalam bentuk lingkaran. Pada 1887 Heinrich Hertz mampu menerima dan mengirim gelombang radio. Hingga akhirnya pada tahun 1901, seorang ilmuwan bernama Guglielmo Marconi berhasil mengirim sinyal dan diterima dengan penerima.

Baca Juga :  Sejarah Gitar

Dia mengirim sinyal dalam bentuk titik dan garis dari pemancar dengan gelombang elektromagnetik. Dengan adanya sebuah penemuan ini, banyak Marconi di pekerjakan sebagai penemu dalam adanya sebuah radio.

Perkembangan Stasiun Radio

Stasiun radio pertama kali dibangun dengan Reginald Aubrey Fessenden di AS. Pada saat itu ia telah menggunakan sebuah sistem pada radio AM yakni berfungsi sebagai stasiun radionya.

Manfaat-Radio

Sebelum keberadaan stasiun radio, teknologi nirkabel hanya digunakan untuk telegram nirkabel. Dengan stasiun radio pertama ini, kemungkinan baru diperkenalkan untuk menggunakan radio sebagai media transmisi untuk suara manusia. Dia telah berhasil membuat siaran radio pertama yakni pada bulan Desember 1900.

Jangkauan dalam stasiun radio adalah 80 kilometer. Setelah menemukan radio FM, stasiun radio FM pertama diciptakan dengan penemu radio FM itu sendiri, Armstrong. Setelah dia berhasil membangun stasiun radio, asosiasi komunikasi yang mengendalikan saluran radio akhirnya memberikan alokasi frekuensi radio kepada Armstrong.

Pada akhir 1960-an, stasiun radio FM berkembang pesat di AS. Pada saat itu, ada hampir 2.000 dalam stasiun radio di bagian seluruh Amerika.

Manfaat Mendengarkan Radio

Terdapat beberapa manfaat dalam menggunakan atau mendengarkan radio, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Melipatgandakan kebahagiaan

Menurut survei dalam pendapat yakni dengan The Media dan The Mood of the Nation, orang yang sering mendengarkan radio terlihat lebih bahagia dari pada pengguna komputer atau penggemar televisi.

2. Mencegah Pembajakan

Mendengarkan radio adalah salah satu langkah untuk mencegah pembajakan, yakni dapat disebut dengan Hard Rocker. Karena jika akan mendengarkan radio, setidaknya dapat mengurangi jumlah bajak dalam lagu.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Sebagai media pendengaran, radio dalam programnya tidak diragukan lagi lebih diutamakan daripada suara atau audio.
Jika akan menikmati untuk mendengarkan musik atau mendengarkan suara, melalui radio.

Baca Juga :  Sejarah Basket

4. Melatih kesabaran

Jika adanya seorang pada pendengar radio yang aktif, tentunya Anda sedang menunggu permintaan atau memutar lagu favorit Anda? Belum lagi Anda harus menunggu iklan dan suara penyiar, Anda harus bersabar.

5. Tidak Akan Merasa Kesepian

Last but not least, yakni akan selalu ditemani dengan adanya sebuah radio favorit Anda ke manapun Anda pergi, karena Anda dapat mengakses radio kapan saja, di mana saja.

Jika Anda makan, memasak, tidur, membersihkan rumah, mencuci, atau bahkan melakukan apa pun yang akan diinginkan, radio selalu siap untuk mengawali Anda.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami ringkas dengan jelas dan mudah untuk dipahami dalam Sejarah Radio. Semoga ulasan kali ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.