Seni Rupa Murni

Posted on

Seni Rupa Murni, Pengertian, Terapan, Contoh, Fungsi dan Jenis-Jenisnya – dipertemuan kali ini akan Kami jabarkan materi tentang seni rupa murni dengan lengkap mukai dari pengertian, fungsi, jenis dan contohnya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Seni Murni

Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni merupakan salah satu hasil serta bentuk dari sebuah senii rupa yang di dalam proses membuatnya menghasilkan suatu karya yang berfungsi untuk dinikmati oleh manusia dari sisi keindahan atau estetikanya.

Karya senii dalam bentuk ini terkesan lebih mementingkan sisi keindahan dari senii tersebut dibandingkan dengan pertimbangan praktis atau guna. Inilah yang membedakan antara karya senii rupa murni dengan senii rupa terapan.

Dari sisi pengerjaannya, pada senni rupa murnii ini sesungguhnya sudah ada sejak zaman pra sejarah dan orang terdahulu membuatnya memakai sejenis cat alami atau getah pohon.

Yang kemudian membentuknya oleh mereka dengan menggunakan tangan lalu ditempel pada sebuah batu atau media datar lainnya.

Fungsi Seni Rupa Murni

Dari definisi di atas, seharusnya anda sudah mempunyai sebuah gambaran mengenai fungsi dari senii rupa yang satu ini. Secara umum fungsi senii rupa ini ialah merupakan sebuah wejangan agar dapat dinikmati. Sedangkan secara detail, akan dijelaskan berikut ini:

1. Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis senii ini diterapkan untuk memperindah sebuah media yang awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Contoh sederhananya ketika sebuah kertas putih yang polos dan tampak tidak menarik diberikan gambar di atasnya. Gambar ini tentu akan memperindah kertas polos tadi.

Baca Juga :  Pengertian PT (Persoran Terbatas)

2. Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Selanjutnya Fungsi lainnya ialah guna menyalurkan sebuah kreatifitas dari seorang seniman. Spereti yang diketahui bahwa manusia mempunyai sebuah keterampilan yang tidak terbatas.

Salah satu cara yang baik untuk menyalurkan keterampilan tersebut ialah dengan melalui dari senii rupa yang menuangkan keindahan.

3. Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Jenis seni rupa ini memang tidak sama seperti seni rupa terapan yang bisa digunakan, akan tetapi jenis senii yang satu ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan penting.

Yang dimaksud pesan di sini ialah merupakan kesan yang ingin disampaikan oleh seniman melalui lukisan atau guratan yang dibuatnya. Terkadang pada pesan ini bisa langsung terbaca dan terkadang hanya tersirat.

Itulah fungsi dari senii rupa yang bersifat murni yang perlu anda ketahui. Setelah mengetahui fungsinya, sekarang saatnya anda mengetahui ragam seni rupa ini.

Jenis Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Secara umum di dalam semua seni rupa, terkhusus untuk jenis senii rupa murni terdiri dari beberapa jenis. Di antara jenis senii rupanya ialah dilihat dari segi bentuk dan wujudnya.

Pada senii ini ialah terdiri dari dua bentuk dan juga wujud, yakni senni rupa murni dua dimensi dan tiga dimensi. Dibawah ini ialah merupakan ulasan mengenai masing  bentuk dan wujud senii rupa tersebut.

Seni rupa 3 dimensi

Senii rupa murni tiga dimensi ialah merupakan suatu bentuk senii rupa yang unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis. Yakni bentuk panjang, lebar dan juga tinggi.

Senii rupa 2 dimensi

Kemudian pada jenis seni selanjutnya ialah senidua dimensi. Tentunya Seni ini terdapat sebuah perbedaan pada tiga dimensi .

Perbedaannya ialah sseni rupa ini tersusun dari dua unsur saja, yakni panjang dan lebar. Hal ini disebabkan hanya tersusun dari dua unsur  maka tentu saja jenis senii rupa ini hanya bisa dilihat dari arah tertentu.

Baca Juga :  Macam - Macam Laporan Keuangan

Contoh Seni Rupa Murni

Pada pembahasan selanjutnya akan diulas mengenai contoh senie rupa murnii. Dengan mengetahui berbagai contoh senii rupa murni, Anda akan semakin mudah membedakan antara satu dengan yang lainnya. Berikut rincian lengkapnya:

  • Senii lukis
  • Senii grafis
  • Senni fotografi
  • Senni koreografi
  • Senii kaligrafi
  • Seeni pahat
  • Senii ukir
  • Senii keramik
  • Senii mozaik

Artikerl Lainnya :

Nah demikianlah pembahasan kali ini tentang seni rupa murni, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Seni Rupa Murni
5 (100%) 1 vote[s]