Simpangan Baku

Posted on

Simpangan Baku – Dalam suatu bagian simpangan dapat didefinisikan dengan akar kuadrat dari varians, karena merupakan suatu angka positif dan mempunyai sebuah unit data yang begitu sama.

Misalnya ialah jika dalam suatu data diukur dengan unit penghitung, deviasi standar juga harus diukur dengan adanya sebuah penghitung atau satuan meter.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Simpangan Baku. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Simpangan Baku ?

Pengertian Simpangan Baku adalah salah satu teknik statistik yang biasa digunakan untuk menjelaskan homogenitas kelompok. Bagian standar adalah nilai statistik yang biasanya digunakan untuk menentukan bagaimana data dalam sampel didistribusikan dan seberapa jauh setiap titik data dari rata-rata atau sampel rata-rata.

Sebelum membahas rumus standar deviasi, beberapa hal harus diketahui. Bagian standar dari catatan bisa 0 atau lebih besar atau kurang dari nol.

  • Jika nilainya nol, semua nilainya sama.
  • Ketika nilai standar deviasi yang lebih besar atau lebih kecil menunjukkan bahwa masing-masing titik data jauh di atas rata-rata.
Simpangan-Baku

Untuk menemukan nilai default, kita hanya perlu melakukan hal berikut:

  • Hitung rata-rata setiap titik data yang tersedia.
  • Nilai rata-rata sesuai dengan jumlah semua nilai dalam catatan data.
  • Kemudian kita bagi dengan jumlah poin dari data.

Fungsi

Adanya suatu rumus ini dibuat karena beberapa alasan. Kebanyakan standar deviasi sering digunakan oleh para ahli statistik atau orang-orang yang telah memasuki dunia statistik. Untuk mengetahui sampel data yang diambil, ini sudah menjadi hal biasa bagi semua warga.

Baca Juga :  Gaya Gesek

Sulit untuk menemukan data yang tepat dalam suatu populasi. Untuk membuatnya lebih mudah ditemukan, contoh data yang mewakili seluruh populasi dapat digunakan. Ini bisa lebih mudah untuk menentukan studi.

Contohnya orang yang ingin tahu apa yang tersedia untuk anak usia 8-12 tahun, beberapa anak perempuan mulai menghitung rata-rata dan standar deviasi. Dari perhitungan ini kita bisa melihat nilai yang dapat diwakili oleh seluruh populasi.

Rumus Simpangan Baku

1. Simpangan Baku Populasi

Populasi dapat dinyatakan sebagai σ atau sigma dan dapat didefinisikan dengan rumus berikut:

Simpangan-Baku-Populasi

2. Simpangan Baku Sampel

Rumusnya yaitu :

Simpangan-baku-sampel

3. Penghitungan

Untuk menentukan dasar perhitungan varian, diharapkan variabilitas setiap set data dipahami. Untuk memahami variasi kelompok data, nilai-nilai data dan kelompok data rata-rata harus dikurangi dan kemudian semua hasil ditambahkan.

Ini tidak lagi mungkin karena hasilnya selalu nol. Untuk menghindari hasil nol.

Simpangan-baku-sampel-2

Anda dapat melakukan ini dengan mengurangi penurunan nilai data dan grup rata-rata lalu membuat jumlah. Maka jumlah kotak memiliki nilai positif.

Simpangan-baku-sampel-3

Nilai varians yang dihasilkan dari membagi jumlah kuadrat dengan ukuran data (n).

Meskipun nilai varians berlaku, biasanya perlu untuk memperkirakan variasi populasi. Dengan menggunakan rumus di atas, nilai varians populasi dapat lebih besar dari varians sampel.

Untuk menghindari bias ketika memperkirakan varians populasi, n adalah pembagian jumlah kuadrat yang akan diganti oleh n-1 atau derajat bebas. Nilai varians sampel karena itu lebih dekat dengan varians populasi.

Maka dalam suatu contoh rumus varian adalah:

Rumus-Simpangan

Nilai varians yang diperoleh adalah nilai kuadrat. Misalnya, nilai satuan adalah gram rata-rata (g), sehingga nilai varians (g) kuadrat. Untuk mendapatkan nilai unit, varians dikuadratkan ulang sehingga hasilnya dapat menjadi standar deviasi.

Baca Juga :  Satuan Liter

Formula varian dan standar deviasi dapat diturunkan untuk perhitungan yang lebih mudah.

Rumus Simpangan Baku

Rumus-Simpangan-Baku

Keterangan :

  • s2 = Untuk varian
  • xi = Untuk nilai x ke-i
  • s = Untuk standar deviasi
  • n = untuk ukuran sampel
  • ͞x = Untuk rata-ratanya

Cara Mencari Nilai Simpangan Baku

Dalam menentukan nilai standar deviasi, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Hitung dalam suatu penyimpangan dari rata-rata untuk setiap titik data. Ini dilakukan dengan mengurangi biaya rata-rata.
  • Hitung rata-rata setiap titik data yang tersedia. Rata-rata sama dengan jumlah setiap nilai dalam kumpulan data, dan kemudian kami bagi dengan jumlah poin dari data ini.
  • Kemudian dalam suatu penyimpangan di setiap titik data kami dikuadratkan dan kami mencari penyimpangan dari rata-rata kotak tunggal. Nilai disebut varian.
  • Bagian standar ialah kuadrat dari nilai varian.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Simpangan Baku. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.