Sistem Ekonomi Campuran

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas mengenai pengertian dari sistem ekonomi campuran beserta ciri-ciri, manfaat, kelebihan dan kekurangannya, selamat mambaca …

Di dalam sebuah Sistem Ekonomi pemerintah ikut campur dalam kehidupan masyarakat dengan demikian campur tangan tersebut tidak menghapus kegiatan ekonomi yang sudah diselenggarakan oleh pihak swasta. Penerapan dalam sistem ini setiap negara berbeda-beda.

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran yaitu penggabungan atau campuran antara sistem ekonomi liberal dan sosialis dilakukan secara bersamaan.

Dalam sistem ini pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta dalam menjalankan suatu kegiatan perekonomian, Sistem ini banyak diterapkan di negara-negara yang sedang berkembang.

Sistem Ekonomi campuran adalah sistem perekonomian yang menggabungkan lebih dari satu aspek sistem ekonomi. Biasanya, di dalam ekonomi campuran terdapat paduan unsur kapitalisme dan sosialisme.

Sejarah Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran timbul diawali karena memiliki pertentangan keras antara pemegang ideologi liberalisme (kapitalisme) yang menggunakan sistem ekonomi pasar dengan pemegang ideologi Sosialisme (komunisme) yang menggunakan sistem ekonomi komando.

Karena banyaknya konflik antara kedua kelompok itu, para ahli berusaha untuk membuat sebuah sistem ekonomi dengan cara menggabungkan ciri dasar antara kedua ideologi tersebut dengan diambil unsur-unsur yang paling baik dari keduanya.

Salah satu teori yang dipakai dalam pembuatan sistem ekonomi campuran ini adalah teori yang dinyatakan oleh Hegel.

Hegel menyatakan bahwa perkembangan suatu pemikiran akan dapat meraih bentuk terbaiknya melalui proses dialetik (komunikasi) menuju suatu sintesa.

Selanjutnya negara yang menolak ideologi liberalisme dan komunisme mulai mendiskusikan mengenai ideologi yang bisa diaplikasikan untuk negaranya.

Baca Juga :  Pengertian Neraca Pembayaran Internasional

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran

  • Transaksi ekonomi terjadi melalui mekanisme pasar tetapi masih ada campur tangan pemerintah
  • Jenis dan jumlah barang yang diproduksi ditetapkan berdasarkan mekanisme pasar
  • Pihak swasta memiliki kebebasan pada batasan yang sudah ditetapkan pemerintah
  • Ada persaingan, tetapi masih ada kontrol pemerintah
  • Perencanaan, peraturan dan penetapan kebijakan pada bidang ekonomi disusun oleh pemerintah
  • Kegiatan ekonomi dilakukan oleh pemerintah dan swasta

Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran

  1. Hak milik individu atas sumber produksi diakui walaupun ada pembatasan
  2. Lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
  3. Kestabilan ekonomi terjamin
  4. Pemerintah dapat memfokuskan perhatian untuk memajukan sektor usaha menengah dan kecil
  5. Adanya kebebasan berusaha dapat mendorong kreativitas individu

Baca Juga :

Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

  1. Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah bisa ikut mengatur, mengawasi, menstabilkan dan memajukan ekonomi nasional secara keseluruhan, dengan mendorong atau menumbuhkan inisiatif swasta.
  2. Sulit dalam menentukan batas antara kegiatan ekonomi yang seharusnya dilakukan pemerintah dan swasta.
  3. Sulit dalam menentukan batas antara sumber produksi yang dapat dikuasai oleh pemerintah dan swasta.
  4. Tidak mempunyai kejelasan tentang seberapa besar pengaruh pemerintah dalam aktivitas ekonomi.

Tujuan

Tujuan pemerintah ikut serta dalam sistem ekonomi campuran yaitu agar dapat menyelesaikan aktivitas ekonomi yang mengalami fluktuasi atau gelombang ekonomi yang tajam, selain itu juga melindungi masyarakat yang berpindah tertindas dan tidak berdaya.

Ini berarti tujuan dari adanya sistem ekonomi campuran yaitu untuk dapat menghindari penguasaan secara penuh terhadap sumber daya ekonomi dari golongan masyarakat.

Campur tangan pemerintah di tuangkan dalam bentuk peraturan-peraturan yang bertujuan untuk mengawasi dan mengatur aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh pihak swasta agar berjalan dengan norma dan sesuai peraturan yang sudah dibuat.

Baca Juga :  Pengertian Investasi

Demikianlah pembahasan yang dapat kami bagikan mengenai pengertian sistem ekonomi campuran serta ciri-ciri, manfaat, kelebihan dan kekurangannya, semoga dapat bermanfaat.