Pengertian Sistem Ekonomi

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang pengertian sistem ekonomi beserta jenis-jenis, fungsi dan juga tujuannya. Mari kita simak pembahasannya.

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara, baik pemerintah maupun swasta, untuk mengelola semua kegiatan ekonomi di masyarakat.

Suatu sistem ekonomi harus didasarkan pada prinsip-prinsip tertentu untuk mencapai kemakmuran dan kemakmuran pada masyarakat umum.

Setiap negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda, tergantung pada situasi dan kondisi di negara itu. Sistem ekonomi terbaik di suatu negara belum tentu akan memberikan hasil yang sama jika diterapkan di negara lain.

Menurut Gilarso

Sistem ekonomi adalah keseluruhan prosedur untuk mengkoordinasikan perilaku masyarakat (produsen, konsumen, pemerintah, bank, dll.) dalam melaksanakan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dll.) sehingga kesatuan yang teratur dan dinamis terbentuk.

Menurut Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah seperangkat komponen atau tidak-terdiri-terdiri dari unit ekonomi, serta lembaga ekonomi yang tidak hanya saling terkait dan saling membantu dan saling mendukung dan mempengaruhi.

Menurut M. Hatta

Sistem ekonomi yang baik untuk diterapkan di Indonesia adalah sistem yang harus berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Jenis-jenis Sistem Ekonomi

pengertian sistem ekonomi

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Pemecahan masalah dalam sistem ekonomi tradisional dilakukan sesuai dengan adat/tradisi. Karakteristik sistem ekonomi tradisional adalah teknologi rendah,

produktivitas rendah, setiap anggota masyarakat tidak memiliki motivasi untuk mengembangkan aset mereka. Masyarakat juga sulit berubah karena ada kecenderungan untuk menolak.

Baca Juga :  Industri Kecil

2. Sistem Ekonomi Pasar/Liberal

Sistem ekonomi ini mengedepankan mekanisme pasar (jumlah permintaan dan penawaran) dalam menjawab masalah ekonomi mendasar. Sistem ekonomi ini juga disebut sistem ekonomi liberal karena kebebasan bagi rakyat untuk mencoba.

Sering juga disebut sistem ekonomi kapitalis karena peran kepemilikan modal sangat berpengaruh terhadap keberhasilan ekonomi.

Yang memiliki modal besar, semakin besar kemungkinan dia untuk bertahan dalam kegiatan ekonomi. Ciri khas dari sistem ekonomi ini adalah kurangnya peran negara dalam mengatur ekonomi.

3. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ini adalah campuran dari sistem ekonomi ekonomi dan komando. Akibatnya, peran pemerintah dan sektor swasta sama besar.

Ciri khas sistem ekonomi campuran adalah bahwa pemerintah memiliki kewenangan penuh atas sumber daya alam, ada divisi BUMN dan swasta,

pemerintah menyiapkan kebijakan strategis dalam mengelola ekonomi, perusahaan diberi kebebasan, tetapi pemerintah mengawasi kegiatannya.

4. Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi di mana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan ekonomi.

Dalam sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan metode atau metode bagaimana barang diproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Fungsi Sistem Ekonomi

Fungsi sistem ekonomi secara umum adalah:

  • Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.
  • Berfungsi dalam mengoordinasikan kegiatan individu dalam suatu ekonomi.
  • Sebagai pengatur distribusi produksi di semua anggota masyarakat sehingga dapat dilakukan sesuai harapan
  • Menciptakan mekanisme tertentu sehingga distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.

Tujuan Sistem Ekonomi

Tujuan sistem ekonomi secara umum adalah:

  • Menentukan apa, berapa banyak dan bagaimana suatu barang atau jasa diproduksi.
  • Mengalokasikan produk nasional bruto untuk konsumsi rumah tangga, konsumsi publik, penggantian persediaan modal, dan investasi.
  • Mendistribusikan pendapatan nasional, termasuk kepada anggota masyarakat sebagai gaji, keuntungan perusahaan, bunga, dll.
  • Memelihara dan meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara asing.
Baca Juga :  Pelaku - Pelaku Ekonomi

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian sistem ekonomi beserta jenis-jenis, fungsi dan juga tujuannya. Semoga artikel yang kami share kali ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Pengertian Sistem Ekonomi
5 (100%) 1 vote[s]