Sistem Nemathelminthes

Posted on

Sistem Nemathelminthes – Mempunyai tiga lapisan tubuh (triploblastik), yakni tengah (mesoderm), lapisan tubuh luar (ectoderm), dan lapisan tubuh bagian dalam (endoderm).

Nematoda mempunyai usus, tetapi tidak ada belalai, sementara Acanthocephala tidak memiliki usus, tetapi belalai yang berduri. Secara umum, nemathelminths melakukan reproduksi. Ini mengandung unsur-unsur yang gonokoris

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sistem Nemathelminthes. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Nemathelminthes ?

Pengertian Aschelminthes atau Nemathelminthes merupakan filus yang sering digunakan dalam Animilia (Kerajaan Hewan). Pengelompokan ini tidak lagi digunakan untuk alasan polyphyletics, tetapi masih digunakan demi kesederhanaan.

Anggota termasuk berbagai cacing yang dikenal sebagai hewan silindris, yang memiliki bentuk silinder hingga nama “Nemathelminthes”, yang artinya yakni dari bahasa Yunani yaitu tubuh tersebut tak beruas.

Rongga tubuh terbentuk ketika ektoderm membentuk mesodermis tetapi tidak mempunyai vena mesenterika dan tidak ada lapisan otot di sekitar saluran pencernaan (usus).

Sistem-Nemathelm

Hewan berlubang seperti itu sekarang telah dimasukkan ke dalam Aschelminthes. Namun, nama Nemathelminthes digunakan lebih sering karena hanya kelompok besar, Nematoda, yang dianggap berhasil dalam merender pseudocoeloma.

Tubuh elips Niphelminth dengan permukaan tubuh yang halus dan mengkilap yang hidup di air garam, air tawar, pada manusia serta pada hewan dan tumbuhan.

Keunikan dari strain ini termasuk triangular, triploblastic, simetris panjang, silinder, non-logam dan badan keuskupan. Filum terdiri dari dua kelas, nematoda dan acanthocephala. Nematoda mempunyai usus, tetapi tidak ada belalai, sementara Acanthocephala tidak memiliki usus, tetapi belalai yang berduri.

Ciri-Ciri Nemathelminthes

Adanya berbagai ciri-ciri dalam nemathelminthes, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Cacing dengan tubuh bulat panjang seperti benang dengan dua ujung tubuh
  • Ini mempunyai tiga lapisan tubuh (triploblastik), yakni tengah (mesoderm), lapisan tubuh luar (ectoderm), dan lapisan tubuh bagian dalam (endoderm).
  • Tubuh mempunyai sebuah rongga, tetapi bukan rongga tubuh, itulah sebabnya gua disebut pseudoaselomata.
  • Kulit licin, halus, tidak berwarna dan ditutupi dengan kutikula yang melindungi terhadap enzim pencernaan inang.
  • Sistem pencernaan lengkap.
  • Tidak mempunyai suatu sistem sirkulasi dan pernapasan. Sistem saraf adalah saraf dering.

Sistem Organ Nemathelminthes

Fungsi Ovarium

Berikut ialah berbagai sistem dalam organ nemathelminthes ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Sistem Pencernaan Nemathelminthes

Nemathelminthes sudah memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Ia memiliki mulut, usus, tenggorokan, dan anus. Mulut berada di depan (anterior) tubuh, sedangkan anus di belakang (posterior).

Makanan masuk ke mulut, ke dalam faring, melalui sebuah proses pencernaan usus, melalui makanan dan inti nutrisi yang didistribusikan dalam tubuh dengan cairan dalam rongga tubuh. Sisa metabolisme dikeluarkan melalui anus.

b. Sistem Reproduksi Nemathelminthes

Secara umum, nemathelminths melakukan reproduksi. Ini mengandung unsur-unsur yang gonokoris (organ genital pria dan wanita berbeda pada orang yang berbeda-beda), yang berarti masing-masing dari mereka hanya memiliki satu organ genital utama, pria atau wanita.

Pembuahan terjadi di dalam tubuh. Mereka kemudian menghasilkan sejumlah besar telur (hingga seribu per hari). Jika lingkungan tempat telur tumbuh tidak cocok, itu adalah struktur seperti kista.

c. Sistem Saraf Nemathelminthes

Struktur sistem saraf adalah struktur ganglion otak (2 kelompok sel saraf) dan truncus nervosus (bundel panjang saraf kecil).

Sistem saraf terdiri dari cincin saraf yang mengelilingi kerongkongan. Cincin saraf terhubung ke 6 saraf anterior dan beberapa saraf posterior. Ada 6 ganglia saraf di setiap sisi saraf.

d. Sistem Eksresi Nemathelminthes

Sistem ekskresi dalam Nemathelminthes terdiri atas 2 saluran tubuh utama yang dapat menyebabkan lubang di bagian tubuh tersebut.

e. Sistem Sirkulasi (peredaran darah) serta Sistem Pernapasan Nemathelminthes

Sirkulasi dan sistem pernapasan tidak ada di Nemathelminthen, sehingga terjadi pertukaran zat seperti oksigen dan karbon dioksida (difusi bahan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah) dan nutrisi didistribusikan melalui dengan cairan tubuh.

Struktur Tubuh Nemathelminthes

Tubuh cacing tersebut yakni tidak mempunyai segmen dan lapisan luar tubuh licin dan dilindungi oleh kerikil sehingga tidak terpengaruh oleh enzim inang.

Tubuh ditutupi dengan tiga lapisan (batang), lapisan tengah (mesoderm), lapisan luar (ectodermis), dan lapisan dalam (endoderm). Kulit binatang ini tidak berwarna dan halus.

Nemathelminths mempunyai saluran pencernaan, mulut, tenggorokan, usus dan anus yang lengkap.

Mulut berada di belakang bagian depan dan anus berada di belakang bagian belakang. Begitu makanan dicerna, jus dengan cairan didistribusikan ke seluruh tubuh di rongga tubuh.

Tubuh belum mempunyai sistem pembuluh darah, sehingga kurang bernafas, pertukaran oksigen dan karbon dioksida melalui proses difusi, di mana bahan dipindahkan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

Sifat-Sifat Filum Nemathelminthes

Terdapat berbagai sifat-sifat dalam Nemathelminthes, yakni:

  • Mempunyai suatu tubuh berbentuk bulat panjang seperti benang dengan ujung tajam, silindris, tidak bulu mata dan simetris simetris.
  • Diklasifikasikan sebagai triploblastik karena tubuh terdiri dari 3 lapisan, yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm dengan sisa rongga / sel tubuh.
  • Nemathelminths mempunyai suatu sistem pencernaan lengkap di mulut, tenggorokan, usus dan dubur.
  • Salah satu kelompok pseudoseloma hewan (hewan dengan rongga tubuh (sel)).
  • Alat ekskresi dalam bentuk proton ephridia (pembuluh bercabang yang meluas ke sisi kiri dan kanan sel).
  • Anda tidak mempunyai suatu sistem peredaran darah, jantung dan pernapasan
  • Pertukaran gas di Numathelminthes philum berlangsung di seluruh tubuh.
  • Hidup ini gratis dan ada parasit pada manusia, hewan dan tumbuhan lainnya. Nemathelminths liar menguraikan limbah organik, sementara parasit yang hidup menerima makanan dalam bentuk makanan dan darah dari tubuh inang.
  • Adanya cairan seperti darah di dalam tubuh.
  • Habitat cacing ini berada di tanah yang buruk dan di bawah permukaan laut.
  • Mempunyai ukuran tubuh yang berbeda, dari mikroskopis hingga 1 meter. Kebanyakan wanita jauh lebih tinggi daripada individu.
  • Permukaan tubuh di Nemathelminthes ditutupi dengan lapisan fungsional ginjal sebagai melindungi terhadap enzim pencernaan inang.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Sistem Nemathelminthes. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.