Sistem Pembayaran

Posted on

GuruAkuntansi.co.id Kali ini akan membahas tentang apa itu sistem pembayaran dan apa saja jenis dan komponen yang ada di dalam sistem tersebut selamat membaca …

Saat ini sistem pembayaran berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman. Dulu sistem pembayaran hanya dikenal dengan sistem barter yaitu pertukaran antar barang saja sesuai dengan kebutuhan dari pelaku barter itu sendiri.

Kemudian sistem tersebut terus berkembang ketika mulai dikenal adanya satuan tertentu yang mempunyai nilai pembayaran yang dikenal dengan sebutan uang.

Pengertian Sistem Pembayaran

sistem pembayaran

Pengertian sistem pembayaran pada hakikatnya bisa kita simpulkan dari masing-masing katanya yakni yang terdiri atas kata ‘sistem’ dan kata ‘pembayaran’.

Sistem bisa kita artikan sebagai suatu tatanan atau susunan,berupa suatu struktur yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen yang berkaitan satu dengan yang lainnya secara teratur dan terencana

untuk mencapai tujuan,ataupun gabungan beberapa bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Apabila salah satu komponen atau bagian tersebut melebihi wewenangnya atau kurang berfungsi maka akan memengaruhi komponen yang lainnya.

Sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh,di mana di dalamnya memiliki komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tertentu yang memiliki fungsi masing-masing,

saling berhubungan satu dengan yang lain menurut pola,tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa pengertian sistem pembayaran adalah sebuah struktur atau tatanan yang mendukung kegiatan transaksi atau pemindahan dana agar bisa berjalan dengan baik.

Sistem pembayaran ini hadir berkat berkembangnya kebutuhan manusia dalam melakukan kegiatan transaksi. Sehingga kemudian dapat memunculkan inovasi-inovasi yang modern untuk dapat mendukung kegiatan transaksi bisa berjalan dengan baik,efisien dan optimal.

Baca Juga :  Motif Ekonomi

Namun sistem pembayaran bukanlah sebuah sistem yang berdiri sendiri,namun sangat berkaitan juga dengan sistem moneter,stabilitas keuangan,stabilitas perbankan dan stabilitas perekonomian.

Definisi Sistem Pembayaran

Menurut CPSS Glossary (2003),

Sistem Pembayaran yaitu interaksi antar entitas yang terdiri dari instrument, prosedur, sistem interbank funds transfer untuk melancarkan perputaran uang.

Menurut Guitian (1998)

Sistem Pembayaran ialah suatu alat dan sarana yang diterima dalam setiap melakukan pembayaran secara umum, lembaga dan organisasi yang mengatur pembayaran tersebut (termasuk Prudential Regulation), prosedur operasi dan jaringan komunikasi yang digunakan untuk memulai dan mengirim informasi pembayaran dari pembayar ke penerima pembayaran dan menyelesaikan pembayaran.

Menurut UU Bank Indonesia No.23/1999,

Sistem pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang digunakan untuk melakukan transfer dana untuk memenuhi kewajiban yang timbul dari kegiatan ekonomi..

Secara Umum sistem pembayaran merupakan alat pembayaran, prosedur perbankan sehubungan dengan pembayaran dan sistem transfer dana antarbank yang digunakan dalam proses pembayaran.

Jenis Sistem Pembayaran

Secara garis besar Sistem pembayaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sistem pembayaran tunai dan Sistem pembayaran non-tunai. Perbedaan yang secara mendasar dari kedua jenis sistem tersebut terletak pada instrumen yang dipakai.

Pada sistem pembayaran tunai instrumen yang digunakan berupa uang kartal, yaitu uang dalam bentuk fisik uang kertas dan uang logam,

sedangkan pada sistem pembayaran non-tunai instrumen yang digunakan berupa Alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), Cek, Bilyet Giro, Nota Debit, maupun uang elektronik.

Komponen Sistem Pembayaran

  • Infrastrukur adalah sarana fisik yang mendukung operasional sistem pembayaran.
  • Instrumen adalah alat pembayaran baik tunai maupun non-tunai yang disepakati oleh para pengguna dalam melakukan transaksi.
  • Pengguna adalah konsumen yang memanfaatkan Sistem pembayaran.
  • Regulator berwenang mengatur aturan main, ketentuan, dan kebijakan yang mengikat seluruh komponen sistem pembayaran.
  • Penyelenggara adalah lembaga yang memastikan penyelesaian akhir dari seluruh transaksi yang terjadi di penggunanya.

Demikian pembahasan yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian Sistem Pembayaran beserta jenis dan apa saja komponen yang ada di dalamnya, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :