Sistem Pernapasan Hewan

Posted on

Sistem Pernapasan Hewan –

Apa itu Sistem Pernapasan ?

Pengertian Sistem Pernapasan adalah adanya suatu sistem dalam organ yang dapat digunakan dalam adanya pertukaran terhadap gas. Sistem pernapasan yakni sering disebut sebagai sistem pernapasan.

Secara umum, sistem pernapasan berkaki empat ini mencakup saluran yang digunakan untuk mengirimkan udara ke paru-paru tempat pertukaran gas terjadi.

Diafragma mengisap udara dan kemudian melewatinya, dan ada berbagai variasi sistem pernapasan yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis hal, termasuk tanaman.

Sistem-Pernapasan-Hewan

Menghirup hewan konsentrasi rendah biasanya dilakukan dengan bersin. Tetapi dengan hewan multisel yang memiliki banyak lapisan sel, jangan membuatnya semudah itu. Meskipun sistem pernapasan pada hewan biasanya serupa, ada berbagai jenis sistem pernapasan pada jenis hewan.

Semua organisme umumnya membutuhkan emisi oksigen dan karbon dioksida. Pertukaran udara dalam organisme terjadi dengan berbagai cara. Pada organisme bersel tunggal yang hidup di air, seperti protozoa dan hewan sederhana misalnya oksigen, sepon, dan karbon dioksida, mereka dapat bertindak langsung pada sel.

Proses difusi terjadi karena sel-sel organisme membuka sumber oksigen secara langsung. Hewan multiseluler dengan banyak lapisan sel tidak bisa tenggelam langsung seperti hewan sederhana. Ini karena sel-sel dalam tubuh Anda tidak membuka sumber oksigen untuk menyebabkan kematian.

Untuk sirkulasi udara yang lebih kompleks pada hewan, diperlukan organ pernapasan seperti insang dan paru-paru yang bekerja dengan sistem peredaran darah, seperti darah, pembuluh darah, dan jantung. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang sistem pernapasan pada hewan.

Baca Juga :  Gutasi dan Transpirasi

Sistem Pernapasan Pada Hewan

Sistem-Pernapasan

Adapun berbagai sistem dalam suatu pernapasan terhadap hewan, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Cacing Gelang

Yang paling mudah dilihat adalah sistem pernapasan. Cacing gelang adalah invertebrata kecil. Hewan-hewan ini kaya akan air atau tanah basah. Pada cacing gelang, oksigen menyebar melalui kulit tipis dan lembab. Oksigen kemudian memasuki cairan yang mengisi rongga internal cacing.

Saat cacing bergerak, cairan berada di dalam rongga. Cairan ini membawa oksigen ke jaringan dan organ untuk pencernaan, reproduksi dan organ lainnya. Sistem peredaran darah primitif ini disebut sistem peredaran darah terbuka karena cairannya tidak ada di dalam pembuluh. Evolusi gas karbon dioksida juga ada di kulit.

2. Kerang

Dalam mangkuk, sistem peredaran darah terhubung ke jantung untuk memompa cairan ke dalam rongga yang dalam. Shell juga menggunakan insang sebagai alat bantu pernapasan.

Insang dalam cangkang adalah filamen dengan dinding ramping yang muncul sebagai ekstensi dari permukaan tubuh. Kehadiran gas-gas ini membuat proses pertukaran udara lebih efektif.

3. Serangga

Serangga memiliki alat pernapasan yang unik. Sistem pernapasan serangga terdiri dari tabung kecil yang disebut tabung udara. Trakea menghubungkan semua bagian tubuh dengan lubang kecil yang disebut spagma di permukaan tubuh serangga. Trakea meluas ke seluruh tubuh untuk memastikan bahwa seluruh serangga disuplai dengan oksigen.

Invasi serat mirip dengan trakea dalam plasma, yang disebut sel-sel tubuh serangga yang disebut tracheola. Oksigen dan karbon dioksida diangkut ke trakea, kemudian oksigen dan karbon dioksida disebarkan ke dalam cairan seperti darah trakea darah yang ditemukan pada serangga. Darah serangga seperti cairan diangkut dengan melalui jantung dan jantung melalui sistem hisap terbuka.

Baca Juga :  Gerak Pada Tumbuhan

Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata

Vertebrata adalah hewan yang tulang punggungnya terdiri dari tulang belakang. Vertebrata adalah subfilum terbesar Chordata. Vertebrata dapat mencakup semua jenis ikan (kecuali belut, laut, landak laut atau hagfish), reptil, amfibi, mamalia, dan burung.

a. Sistem Pernapasan Pada Hewan Amfibi

Contoh amfibi adalah katak. Amfibi dapat hidup di air dan pedalaman, juga dikenal sebagai hewan alami. Alat pelindung pernafasan dalam bentuk paru-paru, kulit dan insang. Sistem pernapasan pada katak. Katak menjadi nafas larva dengan gas eksternal.

b. Pernapasan Hewan Ikan

Ikan memiliki topeng pelindung insang. Insang digunakan karena ikan hidup di air. Insang di sebelah kanan dan kiri kepala. Namun, ada ikan difteri yang bernapas di paru-paru.

Pada beberapa spesies ikan, rongga insang memanjang di atas apa yang disebut labirin, yang memiliki fungsi hemat udara dan memungkinkan ikan bertahan hidup di air yang miskin oksigen. Insang juga berfungsi sebagai sarana pengeluaran dan pengangkutan garam.

c. Sistem Pernapasan Pada Hewan Reptil

Reptil adalah hewan dengan alat bantu pernapasan di paru-parunya. Paru-paru reptil dikelilingi oleh tulang rusuk yang dilindungi oleh tulang rusuk. Reptil mempunyai suatu kulit kering dan sisik yang sulit ditembus dengan air.

Hal ini menyebabkan cairan mengecilkan kulit sehingga reptil dapat bertahan hidup di habitat kering. Pada kura-kura selain paru-paru, oksigen diekstraksi dari lapisan tipis kulit dengan kapiler darah.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sistem Pernapasan Hewan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.