Situs Gunung Padang

Posted on

Situs Gunung Padang – Situs dalam zaman prasejarah budaya megalitik di wilayah Jawa Barat. Tepat di perbatasan antara sebuah Dusun Panggulan dan Dusun Gunung Padang.

Dalam sebuah lokasi medannya curam dan sangat sulit untuk di jangkau. Medannya telah dikelilingi dengan sebuah lembah yang sangat dalam. Tempat tersebut ialah sebelumnya telah diselamatkan dengan penduduk setempat.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap mengenai Situs Gunung Padang. Untuk ulasan selengkapnya, yukk.. Simak secara bersama-sama.

Bagaimanakah Latar Belakang Gunung Padang ?

Gunung Padang, yang memiliki sebuah letak di wilayah Kabupaten Cianjur, dan telah dikenal dengan para seorang pengrajin sejak akhir pada abad ke-19. Dalam Warsa 1914, ada laporan tentang Gunung Padang, yang diterbitkan di Rapport van de Oudheid Kundige Dienst (ROD) atau di Buletin Kantor Purbakala. Selain itu, Nicholaas Johannes Krom telah mencatat dalam beberapa dalam pertemuannya di wilayah gunung.

Situs-Gunung-Padang

Lutfi Yondri, merupakan seorang kepala dalam peneliti dari suatu Pusat Arkeologi Bandung, yakni telah mengatakan bahwa dalam Gunung Padang telah muncul kembali adanya sebuah penelitian arkeologis sejak 1979, yakni telah ditemukan kembali dengan sejumlah penduduk.

Dia menambahkan bahwa sejak dalam sebuah penemuan kembali dalam tahun 1979, studi berturut-turut di wilayah Gunung Padang dan telah dilakukan dengan beberapa tim dari Direktori Arkeologi, Pengembangan Arkeologi Nasional, Pemerintah Daerah, Pusat Penelitian, Pusat Arkeologi Bandung, dan berbagai dalam sejumlah kelompok dengan kalangan masyarakat yakni harus mengeksplorasi adanya sebuah nilai-nilai lain yang terkandung dengan peninggalan.

Pada tahun 2011, Gunung Padang yakni telah dikatakan lebih tua dari sebuah piramida Giza di wilayah Mesir dan budaya Machu Picchu di wilayah Peru. Piramida yang diduga telah melewati sebuah Gunung Lalakon di bagian Provinsi Bandung Barat.

Baca Juga :  Kekuatan Militer Jerman

Danny Hilman Natawidjaja, merupakan ketua tim peneliti Purba Catastropic, berganti nama menjadi Tim Riset Independen Terpadu (TTRM) dalam bulan Maret tahun 2012, kata Detik, menuduh bahwa uji karbon untuk hasil pengeboran di Gunung Padang telah di tanggal.

Penemuan Gunung Padang

Dalam sebuah laporan yang pertama tentang keberadaan sebuah situs web ini telah diterbitkan dalam tahun 1914 di Pelapor van de Oudheidkundige Dienst (ROD). Sejarawan Belanda N. J. Krom juga menyebutkannya dalam tahun 1949.

Setelah “dilupakan”, dalam tahun 1979, tiga warga, Soma, Endi, dan Abidin, menghubungi Edi, Inspektur Budaya kabupaten Campaka, tentang adanya sebuah keberadaan tumpukan batu besar dengan berbagai ukuran, yang diletakkan di lokasi bertingkat menghadap ke arah gunung.

Selanjutnya, dia dan seorang kepala departemen dalam sebuah kebudayaan dari Departemen Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, R. Adang Suwanda yakni telah membuat cek. Dalam sebuah tindak lanjut sebuah sejarah, studi arkeologi, dan geologi yang dilakukan pada tahun 1979 oleh Pusat Penelitian Arkenas di situs tersebut.

Fungsi Gunung Padang

Diyakini bahwa sebuah fungsi tempat Gunung Padang merupakan sebuah tempat untuk ibadah bagi orang-orang yang menetap di sana sekitar 2000 tahun sebelum Masehi. Hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir menunjukkan kemungkinan menggunakan musik dari beberapa megalit yang ada. Selain Gunungpadang, Cianjur memiliki beberapa situs lain yang termasuk dalam sebuah peninggalan Zaman Batu atau Zaman Megalitik.

Lokasi Gunung Padang

Dalam sebuah lokasi dengan medannya sangat sulit dan sangat curam untuk dijangkau. Kompleks ini memanjang dan menutupi dalam sebuah permukaan bukit yang dikelilingi dengan sebuah batu andesit persegi yang besar.

Dalam sebuah medannya dikelilingi dengan sebuah lembah yang sangat dalam. Tempat tersebut sebelumnya yakni telah diselamatkan dengan seorang penduduk setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Raja Sunda, Raja Siliwangi, yang mencoba untuk membangun sebuah istana semalam.

Baca Juga :  Kerajaan Kutai

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan yakni mengenai Situs Gunung Padang. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.