Struktur Daun Tumbuhan

Posted on

Struktur Daun Tumbuhan – Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup di bumi. Tumbuhan dapat bergerak lebih pasif dari pada makhluk hidup lain seperti manusia atau hewan.

Daun adalah sebuah organ nabati yang paling berfluktuasi dibandingkan dengan organ nabati lainnya. Secara umum, struktur daun dapat dibagi menjadi dua bagian.

Di dalam daun, terdapat beberapa fungsi dan struktur pada tumbuhan. Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap yakni mengenai struktur daun pada tumbuhan. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Daun ?

Pengertian Daun merupakan salah satu sebuah organ terhadap tanaman yang dapat tumbuh dari suatu cabang, biasanya yakni berwarna hijau, dan terutama dengan bertindak sebagai pemulung energi sebagai fotosintesis dari sinar matahari.

Daun adalah sebuah bagian dari tanaman yang tumbuh di cabang. Pada umumnya, daun tersebut berwarna hijau karena daun tersebut bersifat klorofil. Warna hijau daun mempunyai suatu fungsi utama yakni untuk menangkap energi dari sinar matahari sebagai fotosintesis.

Daun termasuk salah satu organ tanaman yang terpenting dalam adanya sebuah pengejaran pada kehidupan. Karena tanaman tersebut merupakan jenis organisme autotrofik yang harus memenuhi kebutuhan energinya sendiri dengan mengubah sinar matahari menjadi sebuah energi kimia.

Struktur Daun Tumbuhan

Secara umum, struktur pada daun yakni dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni struktur luar dan struktur dalam, diantaranya ialah sebagai berikut:

Struktur-Daun-Tumbuhan

1. Struktur Daun Bagian Luar

Struktur daun luar yakni terdiri dari tiga bagian, yakni helai daun (lamina), pelepah daun (folius), dan tangkai daun (petiolus). Lembaran dapat dikatakan lembaran sempurna jika lembaran tersebut mempunyai sebuah 3 bagian. Penjelasan dari ketiga bagian ini diantaranya ialah:

Baca Juga :  Pengertian Sistem Endokrin

a. Helai Daun (Lamina)

Helai Daun yakni sangat begitu penting karena merupakan situs terjadinya sebuah fotosintesis. Daun tersebut memiliki bentuk yang tipis dan ada juga berbentuk tebal.

b. Pelepah Daun (Folius)

Pelepah Daun mempunyai sebuah tugas yang dapat menempatkan daun pada batang atau pangkal daun dengan sebuah batang tanaman atau tumbuhan tersebut.

c. Tangkai Daun (Petiolus)

Tangkai daun yakni dapat bertindak sebagai pendukung untuk daun pisau (lamina). Tangkai daun adalah struktur daun luar yang menempel pada batang. Akan tetapi, tidak semua dalam jenis tanaman mempunyai sebuah tangkai daun, seperti halnya pada tumbuhan rumput.

Struktur-Daun

2. Struktur Daun Bagian Dalam

Dalam struktur daun pada bagian dalam, terdapat 3 bagian, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil memiliki sebuah letak di bagian tengah-tengah antara epidermis atas dan bawah. Jaringan tersebut, terdiri atas beberapa sel parenkim. Sel-sel parenkim yakni dapat membentuk dua jenis jaringan, yakni jaringan palisade-parenchyma, yang juga dikenal sebagai pagar parenkim.

Karena tersusun dalam spons yang dilapisi rapat dan berbentuk spons (lobe) dengan banyak ruang berbentuk lobus dan banyak ruang antar sel-sel tersebut. Ada banyak kloroplas dalam jaringan palisade-parenkim yang berguna sebagai produksi makanan, sedangkan jaringan spons (spons) memiliki fungsi sebagai menyimpan cadangan pada sebuah makanan.

b. Epidermis

Epidermis adalah sebuah lapisan luar daun atau di permukaan yang terletak di atas daun. Epidermis dibagi menjadi dua bagian, yakni epidermis atas dan bawah. Epiermis bertindak sebagai kain pelindung di bawahnya.

c. Berkas Pembuluh Angkut

Konveyor ini yakni dapat diatur dalam dua jenis pembuluh yakni, Floem atau pembuluh tapis dan Xilem atau pembuluh kayu. Xilem atau bejana kayu yakni dapat mengangkut sebuah nutrisi air dan tanah, yang dapat diserap dengan akar sebagai diangkut ke dalam bagian daun.

Baca Juga :  Pengertian Pernapasan

Xylem juga bertindak sebagai sebuah jaringan penguat untuk pertumbuhan suatu tanaman sehingga tanaman tersebut dapat berdiri secara tegak. Sementara pembuluh tapis atau Floem yakni dapat mengangkut adanya fotosintesis dari daun ke semua bagian terhadap tanaman.

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Daun memainkan sebuah peran yang terpenting dalam terhadap kelangsungan hidup tanaman. Pada umumnya, adanya sebuah fungsi daun pada tanaman diantaranya ialah:

  • Dapat membuat sebuah makanan dengan melalui adanya suatu fotosintesis.
  • Dapat bernafas.
  • Sebagai tempat terjadinya konsumsi air dengan melalui keringat dan mutasi.
  • Menyerap CO2 dari suatu udara.

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup di bumi. Daun adalah sebuah organ nabati yang paling berfluktuasi dibandingkan dengan organ nabati lainnya. Di dalam daun, terdapat beberapa fungsi dan struktur pada tumbuhan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan yakni secara jelas dan lengkap mengenai Struktur Daun Tumbuhan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.