Struktur Generik

Posted on

Struktur Generik – Struktur umum yakni dapat menggabungkan dengan beberapa sebuah kalimat atau sebuah paragraf. Struktur generik tersebut terdiri atas identifikasi atau pengantar dan deskripsi.

Tujuan dalam teks ini ialah untuk memberi pembaca informasi yang jelas tentang objek yang diuraikan. Berdasarkan dalam struktur umum dan karakteristik bahasa, wacana yang sering ditemui dapat dibagi menjadi tiga macam wacana.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap daan jelas yakni mengenai Struktur Generik. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Struktur Generik ?

Struktur Generik adalah adanya sebuah struktur umum yang dapat menggabungkan dengan banyak kalimat ke dalam narasi atau paragraf. Struktur generik terdiri atas, identifikasi dan pengantar serta deskripsi.

Struktur-Generik

Wacana merupakan sebuah serangkaian terhadap kalimat terkait yang dapat menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lain yang membentuk satu kesatuan, sehingga akan muncul dalam makna yang harmonis antara kalimat itu.

Atau wacana termasuk dalam sebuah unit bahasa yang paling lengkap dan tertinggi tentang kalimat atau klausa dengan kohesi dan koherensi berkelanjutan, yang disajikan dengan cara tertulis atau lisan.

Istilah Struktur Generik

Terdapat beberapa sebuah struktur, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Orientasi

Orientasi yakni dapat mengacu pada bagian teks yang berisi sikap atau pengantar. Bagian teks yang mewakili orientasi mengelompokkan pembaca untuk menebak bentuk bacaan dan konten apa yang akan dia baca. Orientasi biasanya merupakan bagian dari teks yang menunjukkan latar belakang cerita atau awal kejadian tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Komunikasi Verbal

2. Peristiwa

Peristiwa adalah adanya sebuah bagian teks yang dapat menunjukkan suatu kejadian atau peristiwa yang sudah telah terjadi.

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan dapat mengacu dalam sebuah bagian teks yang dapat memberi sebuah sinyal bahwa apa yang dibicarakan teks telah berakhir atau termasuk dalam kalimat penutup.

4. Kejadian

Kejadian merupakan sebuah bagian teks yang dapat menunjukkan suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi (identik dengan sebuah acara).

5. Deskripsi

Deskripsi adalah sebuah bagian dari teks yang dapat menggambarkan hal atau objek yang sedang diperiksa, seperti Representasi ini umumnya mencakup bagian – bagian yang merupakan properti dari benda atau objek yang sedang diperiksa.

6. Klasifikasi Umum

Klasifikasi umum adalah adanya sebuah bagian dari teks yang menunjukkan apa yang terkandung dalam kategori mana atau sejauh mana. Sebagai contoh lumba-lumba adalah mamalia laut (lumba-lumba ialah mamalia di laut)

7. Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan dapat mengacu dalam sebuah bagian teks yang dapat mengekspresikan pendapat penulis, atau fenomena semacam ini di mana mayoritas pembaca setuju dengan pernyataan tersebut.

8. Issue

Issue adalah sebuah bagian dari teks yang membutuhkan adanya masalah atau topik yang layak dibahas atau ditinjau.

9. Argumen

Argumen merupakan dapat mengacu pada bagian teks dalam bentuk alasan yang penulis jelaskan dalam memperkuat atau mendukung terhadap pendapatnya.

10. Thesis

Thesis adalah sebuah bagian dari kalimat (kalimat subjek), yang mencerminkan pendapat penulis suatu fenomena atau kasus. Pendapat ini tidak harus benar. Secara umum dapat meningkatkan pro dan kontra.

11. Elaborasi

Elaborasi adalah sebuah bagian dari teks dalam sebuah bentuk penjelasan atau deskripsi terperinci dari argumen yang ditawarkan oleh penulis.

Baca Juga :  Teknik Membaca Berita

12. Penjelasan

Penjelasan adalah sepotong teks dalam bentuk penjelasan tentang fenomena yang ditinjau oleh penulis (identik terhadap elaborasi)

13. Latar Belakang Acara

Latar belakang acara adalah termasuk dalam sebuah bagian dari teks dengan bentuk komentar peserta, otoritas acara, dan saksi.

14. Kesimpulan

Kesimpulan adalah sebuah bagian dari teks dalam bentuk indikasi kesimpulan dalam seorang penulis tentang masalah yang sedang dibahas.

15. Acara Newsworty

Acara Newsworty adalah merupakan sebuah bagian dari teks yang menentukan acara yang berisi berita atau informasi tentang acara yang diketahui audiens.

16. Abstrak

Abstrak adalah sebuah bagian dari teks dalam bentuk tanda dari apa yang diceritakan dalam bentuk peristiwa yang tidak biasa, dan aneh. Ringkasan juga bisa berupa ringkasan dari apa yang disajikan dalam teks tersebut.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Struktur Generik. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.