Struktur Legenda

2 min read

Struktur Legenda – Adanya suatu kisah yang diyakini dengan sebagian penduduk setempat yakni akan terjadi tidak dianggap sakral atau suci, yang membedakannya dari suatu mitos.

Komunitas dalam legenda atau cerita tersebut yang telah diartikan oleh mereka yang memiliki cerita sebagai hal yang benar-benar dilakukan. Fakta-fakta sering ditafsirkan sebagai sehari-hari.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Struktur Legenda. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Legenda ?

Pengertian Legenda yakni suatu prosa hampir sama dengan mitos yang seharusnya terjadi, namun tak dianggap sebagai santo dan penguasa sejarah seperti yang sebenarnya terjadi dan mungkin telah dilakukan dengan keajaiban, keajaiban, dan karakter istimewa .

Berbeda dengan mitos, legenda dicirikan oleh orang-orang dengan sifat luar biasa dan sering dikaitkan dengan makhluk gaib. Peristiwa sekuler sering dipahami sebagai kisah kolektif. Itulah sebabnya mengapa legenda sering kali “sejarah” (sejarah rakyat).

Namun, karena tidak ada indikasi bahwa cerita tersebut terdistorsi sampai aslinya tidak jauh dari cerita aslinya. Oleh karena itu, jika legenda tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk menghidupkan kembali cerita, legenda tersebut harus bebas dari unsur-unsur yang menjadi ciri cerita rakyat.

Ciri – Ciri Legenda

Adapun berbagai ciri-ciri dalam legenda, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Telah diyakini dengan apa yang sudah terjadi
  • Bahan khas atau dunia
  • Aksi legenda rakyat
  • Sejarah kolektif adalah kisah yang telah dieksploitasi karena tidak sama dengan kisah aslinya
  • Memiliki properti migrasi atau dapat disebut nomad
  • Karena sifat siklusnya, karakteristik waktu tertentu harus ditentukan.
Baca Juga :  Teks Deskripsi

Struktur Legenda

Struktur-Legenda

Di bawah ini adalah 4 struktur dengan legenda, diantaranya ialah:

  • Orientasi, merupakan dalam suatu bagian awal dari sejarah fiksi. Orientasi ini berisi pengantar dongeng seperti pengenalan latar belakang, pengenalan karakter serta pengaturan lokasi dan waktu.
  • Resolusi, merupakan sebagai solusi untuk masalah karakter.
  • Komplikasi, merupakan sebagai titik tertinggi dari cerita termasuk titik tinggi dari masalah yang dihadapi karakter.
  • Koda, merupakan suatu bagian terakhir dari cerita. Mereka biasanya berisi berita dan mandat yang terkandung dalam cerita fiksi.

Jenis Jenis Legenda

Berikut ialah beberapa suatu jenis legenda, yaitu:

a. Legenda Keagamaan

Legenda agama memberi tahu kita tentang agama tertentu. Contoh legenda keagamaan adalah kisah penjaga Kongo seperti Sunan Kalijaga, Sunan Demak dan lainnya.

b. Legenda Perseorangan

Legenda individu atau legenda perseorangan ialah menceritakan dalam suatu fiksi tertentu. Contoh legenda tunggal adalah adanya suatu kisah si pitung dan seterusnya.

c. Legenda Kegaiban

Legenda kegaiban yang telah mengekspresikan kepercayaan pada hal-hal gaib. Contoh legenda supernatural adalah kisah Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul.

d. Legenda Lokal

Legenda lokal memberi tahu kami tentang tempat-tempat yang tersisa dari gunung, danau, bukit, dan banyak lagi. Contoh dalam suatu legenda lokal adalah kisah tentang asal mula Danau Biru, sejarah Danau Toba, Malin Kundang, dan banyak lagi.

Unsur-Unsur Legenda

Berikut ini adalah beberapa elemen legenda, yakni:

  • Tema, merupakan adanya suatu ide-ide dasar yang mendukung tubuh sastra, dan yang ada dalam teks.
  • Plot atau alur, merupakan peristiwa yang muncul dalam cerita yang tidak mudah. Insiden itu dipahami sebagai sebab dan akibat dari cerita tersebut.
  • Tokoh, merupakan dalam suatu aktor dalam fiksi. Karakter dalam cerita menempati posisi strategis sebagai duta besar dan rasul, mandat atau objek yang ingin mereka sampaikan kepada pembaca.
  • Sudut pandang, merupakan posisi atau sifat penulis dalam menceritakan kisah.
  • Latar, merupakan suatu dasar dari sebuah cerita. Pengaturan dibagi menjadi tiga area yakni latar waktu, latar tempat, dan latar suasana.
  • Amanat, merupakan suatu pesan terhadap yang ingin dibaca oleh penulis.
Baca Juga :  Pengertian Notulen

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Struktur Legenda. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Konjungsi Kausalitas

Evitasari
1 min read

Kalimat Imperatif

Evitasari
2 min read

Pengertian Memo

Evitasari
1 min read