Sumber Daya Alam Hayati

Posted on

Sumber Daya Alam Hayati –

Apa itu Sumber Daya Alam Hayati ?

Pengertian Sumber Daya Alam ialah berasal dari alam dan dapat digunakan sebagai memenuhi kebutuhan hidup manusia dan makhluk yang dikandungnya.

Meskipun termasuk sumber daya alam, bukan hanya sumber daya biotik seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Tetapi juga termasuk sumber daya alam abiotik seperti air, gas alam, tanah, minyak bumi dan berbagai jenis logam.

Sumber-Daya-Alam-Hayati

Secara alami ada dua jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui (alami dan buatan manusia dan sumber daya alam) dan tidak dapat diperbarui (sumber daya alam jumlahnya terbatas dan dapat diaktifkan jika dilanjutkan).

Contoh sumber daya alam terbarukan adalah air, matahari, angin dan udara, tanaman, hewan dan sebagainya. Sedangkan sumber daya alam tak terbarukan adalah emas, gas alam, minyak, batubara, dan lain sebagainya.

SDAH dapat diartikan untuk adanya suatu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup atau sumber daya alam yang terkait dengan benda yang ada. Segala sesuatu yang berasal dari makhluk hidup atau berasal dari alam dan dapat digunakan disebut sebagai sumber daya hayati.

Sumber Daya Alam Nabati

Sumber nabati alami adalah semua produk alami yang dibuat dari berbagai tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi pelestarian kehidupan manusia, misalnya ialah:

Baca Juga :  Daur Hidup Kupu-Kupu

1. Sumber Daya Alam Nabati

Sumber nabati alami adalah semua produk alami yang dibuat dari berbagai tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi pelestarian kehidupan manusia. Contoh sumber daya alam (sayuran) adalah:

a. Tumbuhan

Tumbuhan dan tumbuhan adalah contoh dari sumber daya alam (sayuran) yang banyak dan berlimpah, terutama di Indonesia. Sumber ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen (O2) melalui proses fotosintesis, yang menjadikan tanaman sebagai penghasil atau bagian dasar dari rantai makanan.

b. Pertanian dan Perkebunan

Selain tanaman, pertanian dan pertanian juga merupakan contoh bagian dari sumber daya alam yang kemudian digunakan dan digunakan oleh manusia untuk bertahan hidup sebagai makanan.

Menurut data statistik, pada tahun 2011 45% orang Indonesia memiliki pekerjaan di bidang pertanian. Data ini tentu saja didukung oleh fakta bahwa Indonesia memiliki lebih dari 31 juta hektar lahan yang siap untuk ditanami.

2. Sumber Daya Alam Hewani

Selain dalam sumber daya alam nabati, Indonesia termasuk sumber daya hewani, termasuk:

a. Peternakan dan Perikanan

Selain hewan-hewan yang disebutkan di atas, sumber daya hewan juga termasuk peternakan dan perikanan. Manusia memperlakukan hewan ternak sebagai hewan ternak yang digunakan untuk sapi, bebek, sapi, domba dan hewan lainnya.

Hal yang sama berlaku untuk memancing. Laut di Indonesia terdiri dari berbagai jenis lautan yang dapat digunakan oleh manusia. Para nelayan mencari ikan yang kemudian dijual dan menghasilkan pendapatan untuk bertahan hidup.

Selain itu, biota laut di wilayah Indonesia dan untuk konten yang ada harus layak secara finansial. Kelimpahan flora dan fauna di Indonesia luar biasa, semua ini adalah anugerah Tuhan yang harus kita nikmati.

Baca Juga :  Fungsi Ovarium

b. Hewan

Di Indonesia ada banyak jenis dan jenis hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia dan yang harus dilindungi, misalnya komodo. Selain itu, ada banyak spesies hewan lain yang dapat bertahan hidup dengan manusia. Misalnya, sapi dapat digunakan sebagai hewan penghasil susu dan daging yang memenuhi kebutuhan manusia.

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati Bagi Kehidupan Manusia

Alam-Hayati

Keanekaragaman hayati memiliki banyak keunggulan, terutama untuk kehidupan manusia, dan keunggulannya mencakup berbagai aspek kehidupan, misalnya di bidang ekonomi, lingkungan, pariwisata dan nutrisi atau area kuliner. Berikut ini adalah manfaat sumber-sumber alami untuk kehidupan manusia.

a. Manfaat di Bidang Ekonomi

Sumber mata pencaharian pertama adalah ekonomi, terutama untuk mata pencaharian dan pemerintah Indonesia, termasuk semua sumber daya alam, pertanian, peternakan dan perikanan, yang hasilnya dapat diekspor ke luar negeri dan meningkatkan ekonomi penduduk Indonesia.

b. di Bidang Wisata

Keindahan laut, pelestarian hutan, dan terumbu karang dapat bermanfaat bagi pariwisata, karena lingkungan yang terpelihara dengan baik dapat digunakan sebagai objek wisata.

c. Manfaat di Bidang Lingkungan

Hutan bermanfaat bagi lingkungan, dan melindungi hutan dapat mengurangi pemanasan global, karena hutan adalah paru-paru bumi yang menghasilkan oksigen untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

d. Manfaat di Bidang Makanan

Di bidang makanan dan kuliner, manfaat berasal dari sumber daya alam yang dapat diperoleh dari berbagai jenis hewan dan sayuran yang dapat dikonsumsi terhadap kalangan manusia.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yakni mengenai Sumber Daya Alam Hayati. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.