Syarat agar Doa Diterima oleh Allah

Posted on

Mungkin kita sudah sering berdo’a tapi sampai saat ini masih saja belum ada hasilnya atau belum terkabul, pastinya sangat sedih bukan? Namun kamu jangan berfikir negatif terlebih dahulu, Coba perhatikan Syarat agar Doa kamu Diterima oleh Allah Subbhana Hu Wata’ala.

Kita memang di haruskan untuk selalu berdoa setiap hari setiap setelah sholat maupun dalam melakukan kegiatan sehari-hari sekecil apapun itu.

Karena do’a merupakan suatu permohonan agar kita selalu diridhoi oleh Allah Subbhana Hu Wata’ala. dalam menjalani aktivitas kehidupan ini.

Serta Do’a bukan lah semata-mata hanya untuk menginginkan sesuatu yang sangat kita harapkan saja.

Nah, jika kamu pernah merasa do’a kita tidak pernah dikabulkan atau belum terwujud, mungkin kamu akan merasa sangat sedih atau mungkin kesal.

Namun, kamu harus berfikir positif dan kamu juga harus intropeksi diri dahulu, apakah kamu sudah benar? apakah kamu sudah menjalankan kewajiban?

Atau kamu coba lihat beberapa Syarat agar Doa Diterima oleh Allah Subbhana Hu Wata’ala. dibawah ini.

3 Syarat agar Doa Diterima oleh Allah

Syarat agar Doa Diterima oleh Allah

Ada beberapa hasil dari do’a yang perlu kita maknai dan pelajari lebih dalam lagi seperti.

  • Doa yang Cepat terkabul, ini dikarenakan Allah S.W.T, menilai bahwa kita sedang sangat membutuhkan hal yang dido’akan, dan juga karena memang waktunya sudah tepat.
  • Do’a yang tertunda, Ini dikarenakan Allah A.W.T mengetahui bahwa memang belum saatnya do’a kamu untuk dikabulkan, karena allah ingin kamu lebih serius lagi dan lebih mendekatkan diri lagi.
  • Do’a yang ditolak. Nah ini mungkin yang harus kamu pahami dengan baik, karena kamu harus mengetahui apa penyebab dari doa kamu yang selalu tidak pernah terkabul.
Baca Juga :  Doa Selamat Dari Virus Corona

Untuk mengetahui apa penyebab dari do’a yang tidak pernah terkabul atau diterima, maka ada baiknya kamu mempelajari lagi hal-hal agar do’amu dapat diterima dikemudian hari.

Untuk itu berikut adalah Syarat agar do’a kita dapat diterima atau dikabulkan oleh Allah Subbhana Hu Wata’ala.

1. Selalu Melakukan Perintah-Nya

Dalam ayat suci Al’Qur’an Surat Al Baqarah 2: 186 Allah berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Yang artinya:

2. Perkataan yang Baik

Maksud dari perkataan yang baik adalah, allah menilai bagaimana cara kamu kamu menyampaikan do’a.

Dimana, ada tata cara dan juga adab dalam berdo’a seperti yang Nabi Muhammad S.a.w contohkan.

Dan Perkataan yang baik itu adalah sebuah kalimat tauhid yaitu “Laa Ilaa Ha Illallaah” Bisa seperti Zikir dan sebagainya, yang memuliakan allah.

Serta juga di barengi dengan perbuatan baik, atau amal sholeh.

3. Halal dan Thoyyib

Apa maksud dari halal dan thoyib?. Dalam tata cara dan syarat doa dikabulkan, hal ini lah yang paling penting harus kamu ketahui.

Karena banyak sekali do’a yang di tolak karena mereka masih saja, makan dan menggunakan hal yang haram.

Dan memang, Halal dan haramnya makanan atau minuman yang kita konsumsi, itu mempunyai efek yang sangat besar dalam pengabulan Do’a.

Rasulullah saw bersabda:

Baca juga:

Ahir kata

Penting bagi kita untuk mengetahui syarat agar do’a kita dapat dikabulkan oleh Allah Subbhana Hu Wata’ala. Agar kita tidak selalu berfikir negatif.

Jadi mulai sekarang kita harus memahami, jangan lah berdo’a namun kita melupakan syarat dan kewajiban kita sebagai hamba allah.

Baca Juga :  Penghambat Doa Tidak Kunjung Dikabulkan

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sebuah pedoman agar kita dapat selalu mengikuti ajaran islam yang baik dan benar.

Jika ada kesalahan saya mohon maaf, dan kepada allah saya mohon ampun.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.