Teknik Membaca Berita

Posted on

Teknik Membaca Berita – Deskripsi peristiwa, fakta atau opini yang dapat memuat sebuah berita yang telah disajikan dengan cara teratur terhadap media massa.

Kalian pasti mengenal sebuah berita bukan? Ya, dalam membacakan sebuah berita tentunya memiliki tahap atau cara membacanya. Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Teknik dalam Membacakan sebuah Berita. Untuk penjelasan selanjutnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Berita ?

Berita merupakan adanya sebuah informasi baru atau informasi tentang sesuatu yang sedang terjadi dan sedang disampaikan kepada pihak ketiga atau banyak orang melalui pencetakan, penyiaran, internet atau dari mulut ke mulut.

Pelaporan berita adalah pekerjaan profesi jurnalis. Ketika berita tersebut dilaporkan oleh wartawan, melaporkan ide atau fakta terbaru yang sengaja dipilih untuk disiarkan oleh editor berita / media berita mengasumsikan bahwa berita yang dipilih dapat menarik khalayak yang besar karena berisi item berita.

Stasiun TV umumnya mempunyai sebuah program berita atau dalam sebuah berita televisi. Dalam sebuah kebutuhan akan berita ada di kalangan masyarakat, baik dalam hal membaca dan menulis.

Teknik Membaca Berita

Terdapat beberapa teknik dalam membacakan sebuah berita, diantaranya ialah sebagai berikut:

Teknik-Membaca-Berita

1. Perhatikan Artikulasi

Artikulasi adalah sebuah kejelasan dalam pengucapan kata-kata yang akan diucapkan. Kata-kata yang tidak memiliki pengucapan yang jelas yakni akan terkesan, seolah-olah kita sedang berbicara berdeguk. Kesalahan artikulasi dapat berakibat fatal jika pendengar menemukan pergeseran makna dari apa yang dipikirkan dengar penyiar.

Baca Juga :  Pengertian Pengendalian Internal

2. Penggunaan Intonasi yang Tepat

Intonasi adalah “lagu” yang berada di kalimat pesan atau berita. Kita harus dapat memperhatikan naik turunnya kalimat yang kita ucapkan sehingga tidak tampak datar.

Jika intonasinya dangkal, pembaca tidak akan dapat melihat pengiriman pesan dengan benar. Belum lagi intonasi datar yang membuat pendengar mendengarkan seperti suara robot. Pikirkan seperti apa jenis intonasi seharusnya ketika mengirim pesan.

3. Tatapan Mata

Mata yang fokus dan netral telah diperlukan untuk membuat kita terlihat percaya diri. Mata yang berputar, pandangan sekilas, atau gerakan mata lainnya saat membaca berita bisa menjadi elemen kepercayaan diri. Pastikan mata telah terfokus langsung pada penonton.

4. Volume Suara yang Sesuai

Sesuaikan volume saat membaca pesan. Pastikan volumenya terlalu keras atau tidak terlalu rendah. Penting untuk melatih volume suara “putaran” sehingga apa yang kita katakan, termasuk intonasi dan artikulasi, dapat didengar dengan jelas.

5. Irama dalam Membaca Berita

Irama merupakan sebuah kecepatan untuk membaca pesan. Ritme bacaan yang baik tentu tidak tampak gegabah, formal dan menyenangkan didengarkan. Dapat terus membaca pesan yang disesuaikan dengan panjang pesan di berita. Terkadang harus memberikan sebuah jeda.

6. Tetap Tenang Saat Ada Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis dapat terjadi saat membaca pesan. Sama pentingnya untuk menjaga sikap tenang dan terganggu oleh stabilitas.

7. Postur berdiri

Hal lain yang perlu diperhitungkan adalah sikap saat membaca sebuah berita. Teknik membaca berita yang baik dapat dilakukan dengan menjaga postur tubuh agar dapat terlihat dengan cara profesional.

8. Sesuai Konteks

Sesuaikan gaya membaca berita dengan konteks atau topik acara. Jika pesan tersebut merupakan berita atau pesan formal, harus dapat dipastikan dalam menggunakan pesan formal juga. Jika acara santai, kita tidak boleh terlalu ketat untuk menggunakan bahasa default atau bahasa baku.

Baca Juga :  Pengertian Wawancara

Dalam berita merupakan adanya sebuah informasi baru atau informasi tentang sesuatu yang sedang terjadi dan sedang disampaikan kepada pihak ketiga.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dal lengkap yakni mengenai Teknik Membaca Berita. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.