Teks Anekdot

Posted on

Teks Anekdot – Cerita pendek dan begitu menarik serta lucu yang bisa menggambarkan sebuah peristiwa atau orang yang sebenarnya. Anekdot dapat menyingkat dalam menempatkan dan memprovokasi sebuah lelucon.

Sebagai bahan diskusi tentang bahasa Indonesia yang populer, teks ini biasanya ditemukan di berbagai media. Frasa anekdotal biasanya merujuk pada layanan politik, publik, lingkungan, dan sosial.

Apa itu Teks Anekdot? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan dengan cara singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Yuukk… Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa itu Teks Anekdot ?

Definisi Teks Anekdot merupakan sebuah cerita pendek yang dapat memuat dalam beberapa unsur-unsur lucu dan bermaksud untuk mengkritik.

Teks-Anekdot

Frasa anekdotal biasanya dapat merujuk pada layanan publik, politik, lingkungan dan sosial. Cerpen adalah sebuah teks anekdot atau anekdot. Teks anekdot tidak hanya bisa dalam bentuk cerita, tetapi juga dalam bentuk dialog singkat antara dua tanda.

Teks anekdot itu sendiri harus mengandung tidak hanya dalam humor saja, tetapi juga mandat, pesan moral atau kebenaran secara umum. Itulah makna teks sejarah anekdotal.

Ciri – Ciri Teks Anekdotal

Contoh-Teks-Anekdot

Untuk membedakan dan memahami teks anekdot dengan lebih baik, berikut merupakan beberapa ciri-ciri dalam sebuah teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Terselip Kritikan atau Tujuan

Mungkin dapat menjadi salah satu sebuah tujuan dalam penulisan sebuah anekdotal di mana penulis mencuri kritik dengan cara yang lebih lucu dan diterima secara publik.

Baca Juga :  Teks Berita

2. Menampilkan Tokoh-Tokoh Penting

Biasanya dalam teks anekdot ada tokoh di dunia nyata dan kami menemukannya mudah dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya termasuk anggota pemerintah, anggota keluar dan lain sebagainya.

3. Memiliki Sifat Humoris, Lucu, Menggelitik, dan Lelucon

Seperti telah disebutkan sebelumnya, dalam teks ini memang dibuat hanya sebagai mengkritik dengan cara yang begitu berbeda.

Semacam lelucon yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mengirimkan. Biasanya, penghentian ini terkait dengan masalah sosial domestik yang sudah dikenal luas.

4. Berupa Teks yang Mendekati Perumpamaan

Perumpamaan sebuah teks dengan struktur anekdotal mendekati bentuk dongeng. Seperti esai yang didasarkan dalam sebuah imajinasi dan ditambahkan ke semua hal yang benar-benar atau nyata terjadi terhadap masyarakat.

Kaidah Teks Anekdot

Selain dalam struktur dan fitur teks anekdot dalam teks anekdot, ada juga aturan anekdot atau aturan bahasa yang juga berfungsi sebagai panduan untuk menulis cerita.

Berikut beberapa kaidah dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menggunakan sebuah pertanyaan dengan sebuah keterampilan bahasa yang kreatif dan retoris atau efektif.
  • Menggunakan suatu kata keterangan di masa lalu.
  • Dapat menggunakan sebuah predikat atau sebuah kata kerja.
  • Dapat menuliskan sesuai dengan sebuah struktur yang dapat dimulai dengan bagian abstrak dan berakhir dengan sebuah bagian kode.
  • Menggunakan sebuah kalimat yang berbau perintah.
  • Dibuat dengan caraa berurutan dan kronologis.
  • Menentukan acara dan bagian acara menggunakan jenis konjungsi.

Struktur Teks Anekdot

Selain itu, teks ini juga memiliki struktur yang berbeda. Fungsi dalam struktur teks adalah untuk membuat sebuah teks lebih jelas dan lebih sesuai dan untuk membuatnya nyata, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Reaksi

Reaksi itu terkait erat dengan struktur krisis. Reaksi merupakan sebuah bagian yang dapat diselesaikan dengan cara yang unik dan berbeda dalam sebuah bentuk solusi sebagai masalah tersebut.

Baca Juga :  Teks Negosiasi

2. Abstraksi

Abstraksi menjadi sebuah struktur teks lucu paling awal yang ada dalam sebuah teks yang disebut sebagai Anecdote. Ringkasan yang dapat ditempatkan di awal paragraf dengan fungsi yang umumnya menggambarkan teks sebagai dibayangkan pembaca.

3. Orientasi

Orientasi adalah sebuah awal dari peristiwa dalam sejarah atau bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam sejarah dapat terjadi.

4. Koda

Koda merupakan sebuah bagian yang dapat menutup adanya suatu cerita yang berada dalam teks tersebut.

5. Krisis

Krisis merupakan sebuah bagian yang dapat menjelaskan bahwa dalam masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa. Atau bahkan cerita penulis sendiri.

Dalam jenis teks ini, merupakan sebuah cerita pendek dan begitu menarik serta lucu yang bisa menggambarkan sebuah peristiwa atau orang yang sebenarnya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan dengan jelas, singkat, dan mudah untuk dipahami yakni mengenai Teks Anekdot. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.