Teks Deskripsi

Posted on

Teks Deskripsi – Bagian deskripsi adalah sebuah bagian dari teks faktual di mana objek atau peristiwa secara keseluruhan harus dijelaskan.

Paragraf yang dapat menggambarkan dalam sebuah ide utama dan menguraikan garis besar esai di bagian deskripsi sesuai dengan topik yang ditentukan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan dengan jelas, singkat dan mudah dipahami mengenai deskripsi. Untuk ulasan selanjutnya, yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Teks Deskripsi ?

Pengertian Teks Deskripsi merupakan sebuah paragraf atau teks yang berisi deskripsi sesuatu yang jelas dan terperinci (lokasi, objek, dan peristiwa).

Teks-Deskripsi

Pendapat lain bahwa dalam teks deskripsi ialah sebuah paragraf yang dapat menggambarkan atau memaparkan sebuah ide utama (peristiwa atau objek) secara jelas dan terperinci. Dengan penjelasan ini, pembaca tampaknya begitu dapat merasakan apa yang dikatakan dalam teks.

Bagian deskripsi adalah sebuah bagian dari teks faktual di mana objek atau peristiwa secara keseluruhan harus dijelaskan. Jenis teks ini dapat didasarkan pada pengamatan penulis, sehingga ada fakta, kesan, dan gambar yang sesuai dengan pengalaman dalam penulis.

Ciri – Ciri Teks Deskripsi

Terdapat beberapa ciri-ciri dalam teks ini, sehingga sangat mudah untuk membedakan teks deskripsi ini dari teks lain.

  • Bagian deskripsi menggambarkan atau mengilustrasikan sesuatu.
  • Paragraf yang dijelaskan dengan sangat jelas dan rinci serta berisi tayangan sensorik.
  • Dalam teks ini, dapat menggambarkan sebuah sifat fisik suatu objek, seperti warna, ukuran, bentuk, keadaan suatu objek secara terperinci atau karakteristik psikologis.
  • Ketika pembaca membaca dalam teks ini, pembaca memiliki perasaan langsung merasakan apa yang sedang dibahas dalam teks.
Baca Juga :  Pengertian Artikel

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Contoh-Teks-Deskripsi

Terdapat beberapa kaidah dalam kebahasaan dalam tekstersebut, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dijelaskan. Contoh: rumah, sekolah, teman saya, guru saya, dan lain-lain.
  • Dapat menggunakan sebuah frasa yang telah mengandung kata benda. Contoh: ia adalah kepala sekolah yang begitu sangat sederhana, dan lain sebagainya.
  • Berisi kata sifat deskriptif. Contoh: dua kaus kaki putih, siswa yang rajin, dan lain sebagainya.
  • Berisi kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek. Contoh: Siswa mengenakan seragam putih dan biru, dan lain sebagainya.
  • Berisi kata kerja (pendapat, perasaan) dengan bertujuan sebagai mengekspresikan pendapat pribadi penulis tentang subjek. Contoh: saya yakin bukunya murah, Saya pikir itu kucing yang pintar, dan lain sebagainya.
  • Berisi kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek. Contoh: di rumah, dengan cepat, di kantin, dan lain sebagainya.
  • Berisi pencitraan dalam sebuah bentuk perumpamaan atau metafora. Contoh: kulit sehalus benang sutera, dan lain sebagainya.

Jenis Teks Deksripsi

Terdapat beberapa jenis dalam teks ini sebagai paragraf, secara umumnya yakni dapat dibagi menjadi dua, yakni:

1. Deskripsi Imajinatif (Impresionis)

Deskripsi imajinatif atau impresionistik merupakan sebuah paragraf yang dapat menggambarkan ruang atau tempat terjadinya suatu peristiwa. Gambar itu harus dilihat dari sudut yang berbeda, sehingga ruang itu jelas diwakili dalam perasaan dan pikiran seorang pembaca.

2. Deskripsi Faktual (Ekspositoris)

Deskripsi faktual atau ekspositoris merupakan sebuah paragraf yang dapat menggambarkan dalam sesuatu atau orang dengan mengungkapkan adanya sebuah identitas mereka apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan dalam situasinya.

Jika objek yang digambarkan adalah seseorang, detailnya mungkin memiliki aspek fisik dan spiritual. Aspek spiritual meliputi perasaan, bakat, karakter, peran mereka dalam bidang pekerjaan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Teks Editorial

Struktur Teks Deskripsi

Dalam sebuah teks deskripsi, ada 4 struktur utama yang dihubungkan bersama sebagai menjadi utuh. Teks ini disusun sebagai berikut:

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan sebuah bagian yang dapat menentukan identifikasi objek. Contohnya tempat, objek, orang dan lain sebagainya.

2. Klasifikasi

Klasifikasi merupakan adanya sebuah persiapan dalam teks yang dibuat dengan cara sistematis yakni sebagai mengklasifikasikan dalam sesuatu yang berdasarkan standar yang diberikan.

3. Deskripsi

Deskripsi merupakan sebuah bagian yang berisi deskripsi atau deskripsi terperinci dari sebuah objek atau sebuah topik yang dapat dicakup dalam sebuah teks.

4. Penutup

Penutup merupakan sebuah bagian yang dapat berisi sebuah kesimpulan atau penegasan tentang berbagai hal penting yang dapat terkandung dalam teks tersebut.

Dalam teks ini, sebuah bagian dari teks faktual di mana objek atau peristiwa secara keseluruhan harus dijelaskan dan terperinci (lokasi, objek, dan peristiwa).

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang dapat kami sampaikan dengan cara jelas, singkat dan tentunya mudah untuk dipahami, yakni mengenai Teks Deskripsi. Semoga ulasan ini, dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda semua.