Teks Diskusi

Posted on

Teks Diskusi – Diskusi ialah interaksi adanya sebuah komunikasi antara dua orang atau lebih. Diskusi dapat berupa apa saja yang di awalnya disebut dengan topik.

Sebuah teks yang berisi dua pendapat berbeda tentang suatu masalah atau pro dan kontra, dan menyebabkan kedua pihak untuk membahas masalah yang dibahas dalam diskusi.

Apa itu diskusi? Pasti kalian sering kali mendengar dengan istilah diskusi bukan? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap, jelas, singkat, dan tentunya mudah untuk dipahami. Yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Teks Diskusi ?

Pengertian Teks Diskusi merupakan sebuah teks yang berisi dalam dua pendapat berbeda tentang suatu masalah (pro dan kontra), yang dapat menyebabkan kedua pihak membahas masalah masing-masing.

Teks-Diskusi

Kelebihan dari diskusi ini adalah dapat memperluas pengetahuan dan meningkatkan sebuah pengalaman. Diskusi merupakan salah satu kegiatan pidato. Diskusi adalah pertukaran pikiran, ide, dan pendapat secara verbal antara dua orang atau lebih.

Jenis – Jenis Teks Diskusi

Terdapat beberapa jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sarasehan

Sarasehan merupakan sebuah pertemuan yang diadakan sebagai mendengarkan pendapat seseorang yang ahli dalam bidang tertentu, dalam kegiatan ini dilakukan dengan mengundang atau menghadirkan serangkaian undangan tertentu.

2. Seminar

Seminar merupakan sebuah pertemuan khusus dengan tujuan teknis dan akademik untuk melakukan studi menyeluruh tentang topik tertentu dengan memecahkan masalah yang memerlukan interaksi peserta seminar yang dibantu dengan seorang profesor atau sarjana.

Baca Juga :  Teks Eksposisi

3. Simposium

Simposium merupakan suatu serangkaian dalam jenis pidato singkat yang diberikan seseorang kepada pengunjung atau peserta. Contoh umum : Simposium Akuntansi Nasional.

4. Kongres

Kongres merupakan sebuah pertemuan besar dalam perwakilan organisasi (sosial, politik, profesional) sebagai membahas dan membuat keputusan.

5. Lokakarya

Lokakarya merupakan suatu acara atau pertemuan para ahli di bidang tertentu, yang bertujuan untuk membahas masalah yang berkaitan dengan keahlian mereka dan untuk menemukan solusi dalam masalah ini.

6. Muktamar

Muktamar merupakan sebuah sesi induk atau konsultasi yang diadakan dengan pimpinan pusat organisasi. Dalam perwakilan sebuah organisasi akan berpartisipasi dalam pertemuan ini untuk membuat keputusan tentang masalah yang akan dibahas bersama dengan organisasi.

7. Diskusi Panel

Diskusi panel merupakan sebuah forum curah pendapat yang sebelumnya dilakukan dengan sekelompok orang. sekelompok peserta tentang masalah khusus yang telah dia siapkan. Diskusi panel ialah suatu kelompok orang yang mendiskusikan topik tentang kekuatan dalam komunitas atau pendengar diskusi.

Tujuan Teks Diskusi

Contoh-Teks-Diskusi

Tujuan diskusi yakni sebagai mencapai kesepakatan atau pemahaman pendapat atau ide. Tujuan diskusi lainnya adalah:

  • Untuk dapat mengidentifikasi dan menguji bukti sistem nilai, pendapat dan jawaban dari suatu ide atau orang lain.
  • Belajarlah untuk mengekspresikan dan dapat menanggapi sebuah informasi yang relevan.
  • Untuk menguji bersama ide yang diajukan oleh orang lain.
  • Untuk bertukar ide dan pikiran.
  • Dapat menghubungkan adanya sebuah data dan keadaan dari berbagai pandangan orang lain dengan latar belakang berbeda.

Fungsi Teks Diskusi

Fungsi sosial dari teks diskusi merupakan sebagai melihat sebuah masalah dari berbagai perspektif sebelum membuat rekomendasi atau keputusan.

Struktur teks diskusi

Suatu teks disebut teks diskusi jika sesuai dengan struktur teks, diantaranya ialah:

Baca Juga :  Teks Anekdot

1. Isu

Di area topik, Anda harus menulis topik atau masalah yang ingin Anda diskusikan lebih lanjut dalam diskusi.

2. Argumen Pendukung (Pro)

Bagian dalam argumen yakni sebagai pendukung merupakan sebuah naskah yang pembahasannya mengarah ke arah yang sama, setuju, dan mendukung topik yang menjadi subjek diskusi dalam teks.

3. Argumen Penentang (Kontra)

Argumen yang berlawanan adalah sebuah kebalikan dari argumen pendukung. Bagian ini berisi diskusi yang saling bertentangan dan bertentangan dengan topik diskusi dalam teks.

4. Kesimpulan

Bagian kesimpulan berisi kesimpulan dan saran tentang topik yang dibahas dalam diskusi. Sebuah pernyataan yang tidak memiliki kecenderungan pada sebuah pesta dan merupakan jalan tengah untuk topik yang dibahas.

Dalam teks ini, merupakan interaksi adanya sebuah komunikasi antara dua orang atau lebih. Diskusi dapat berupa apa saja yang di awalnya disebut dengan topik.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan dengan jelas, singkat, dan mudah dipahami, mengenai Teks Diskusi. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.