Teks Eksemplum

Posted on

Teks Eksemplum – Teks yang telah berbicara dari sebuah adanya pelajaran tokoh dalam cerita tersebut. Teks ini termasuk golongan dalam jenis karya yang mengandung pengalaman dari hidup manusia.

Termasuk ke dalam sebuah karya sastra yang di dalamnya mengenai menjelaskan tentang suatu pengalaman hidup seseorang. Ada perubahan pada orang sebagai melakukan kesalahan yang serupa.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Eksemplum dengan pengertian, ciri-ciri, jenis dan penjelasan lainnya. Untuk ulasan selanjutnya, yuukk… Simak ulasannya sebagai berikut.

Apa itu Teks Eksemplum ?

Pengertian Teks Eksemplum merupakan adanya sebuah cerita teks yang dapat menceritakan mengenai perilaku atau karakter dalam suatu cerita.

Cerita yang dimulai dalam adanya sebuah pengenalan karakter, kemudian akan membahas mengenai peristiwa mana yang dapat dilalui karakter, dan berakhir dengan interpretasi dari dalam karakter.

Teks-Eksemplum

Teks ini, dapat mengandung dalam sebuah karya sastra yang isinya menjelaskan pengalaman hidup seseorang. Mulai dari peristiwa yang dialami karakter, dan kemudian dari peristiwa itu, ada kebijaksanaan yang bisa diambil. Tujuannya bukan untuk membuat kesalahan yang sama di masa depan.

Struktur Teks Eksemplum

Adapun unsur-unsur yang membentuk teks salinan sehingga menjadi sangat lengkap, dan pada kenyataannya, sangat penting bahwa teks ini mempunyai sebuah struktur yang lengkap, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Orientasi

Orientasi adalah sebuah awal dari teks ini. Bagian ini biasanya mencakup pengenalan dalam karakter. Contoh: Lelaki itu sangat teliti dan disiplin.

2. Interpretasi

Interpretasi adalah sebuah bagian yang berisi mengenai pesan moral, evaluasi dan hasil dari suatu masalah yang dialami dalam karakter.

Baca Juga :  Teknik Membaca Berita

3. Insiden

Insiden adalah sebuah bagian yang mengandung dalam masalah yang telah dihadapi angka. Contoh: Arul lupa mengerjakan pekerjaan rumah gurunya karena dia tertidur tadi malam.

Contoh-Tes-Eksemplum

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Mirip dengan teks prosedural kompleks yang menggunakan banyak konjungsi, terdapat konjungsi dalam elemen linguistik dari teks instan, berikut merupakan beberapa unsur-unsur ialah:

  • Menggunakan Konjungsi (penghubung).
  • Menggunakan Kalimat Kompleks.
  • Menggunakan Kata Rujukan.
  • Menggunakan Kata Kerja.

Ciri – ciri Teks Eksemplum

Cara dalam membedakan pada teks ini dari teks ulasan atau teks lainnya, terdapat fungsi atau ciri-ciri yang perlu kita ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Terjadinya suatu peristiwa dengan konten yang tidak diinginkan telah terjadi.
  • Ada urutan dalam sebuah kejadian yang sangat detail atau jelas.
  • Mempunyai suatu struktur yang sangat lengkap.
  • Menggunakan bahasa yang naratif.

Karakteristik Teks Eksemplum

Berikut merupakaan karakteristik dalam teks ini, diantaranya ialah:

  • Terdapat konten dalam sebuah kejadian atau peristiwa yang tidak sering terjadi.
  • Adanya sebuah nilai-nilai yang bisa dijadikan dalam pelajaran bagi siapa saja yang akan membacanya.
  • Membiarkan sang karakter meminta maaf atas sebuah kejadian itu.
  • Penulis yang ada yakni dalam tulisan tersebut, merupakan bagian interpretasi dan kode.

Contoh Teks Eksemplum

Orientasi

Setelah pulang dari bekerja, saatnya aku untuk makan siang. Aku bergegas untuk mencari makanan di kantin, akan tetapi kantin itu sangat jauh, akhirnya aku memutuskan untuk membeli bakso di depan kantorku. Ketika aku membeli bakso, ternyata ada adikku yang sedang membelinya juga. Setelah adikku tiba di rumah, Ia langsung memakan bakso itu, sedangkan aku masih menunggu antiran bakso itu.

Insiden

Padahal aku sudah lapar dan tidak sabar untuk membuka bungkus bakso tersebu. Akibat dari terburu-buru, aku tidak sengaja membuka bungkus itu terlalu besar dan akhirnya bakso tersebut tumpah dilantai serta membasahi pakaian kerjaku. Dan akhirnya, aku pulang untuk mengganti pakaian dan tidak jadi aku makan siang, karena waktuku habis untuk pulang.

Baca Juga :  Pengertian Pengendalian Internal

Interpretasi

Berdasarkan dalam cerita ini, kita dapat mengambil keputusan bahwa ketika dalam keadaan terburu-buru itu hal yang tidak baik serta tidak patut untuk di contohkan dan nantinya, akan menyesal dikemudian hari.

Dalam teks ini, telah berbicara dari sebuah adanya pelajaran tokoh dalam cerita tersebut. Mulai dari peristiwa yang dialami karakter, dan kemudian dari peristiwa itu, ada kebijaksanaan yang bisa diambil. Tujuannya bukan untuk membuat kesalahan yang sama di masa depan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan dengan jelas dan singkat mengenai Teks Eksemplum. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.