Teks Eksplanasi

Posted on

Teks Eksplanasi – Paragraf atau teks yang memuat sebuah informasi tentang proses suatu fenomena, baik fenomena alam maupun sains dan kehidupan sosial dan budaya.

Struktur terdiri atas pernyataan umum, interpretasi, urutan sebab dan akibat. Gunakan lebih banyak kata kerja material dan kata kerja relasional (kata kerja aktif).

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas, singkat, dan tentunya mudah untuk dipahami. Untuk penjelasan selanjutnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Apa itu Teks Eksplanasi ?

Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang mengandung proses bagaimana, mengapa, dan peristiwa alam, sosial, ilmiah, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Suatu peristiwa, baik berupa peristiwa alam atau sosial yang terjadi berada dsekitar kita, selalu mempunyai suatu hubungan sebab akibat serta suatu proses.

Teks-Eksplanasi

Peristiwa atau kejadian yang telah terjadi di sekitar, tidak hanya layak untuk diamati dan dirasakan, tetapi juga digunakan untuk alat pembelajaran. Mengapa kejadian itu bisa terjadi dan bagaimana itu bisa terjadi atau kejadian semacam itu.

Ciri – Ciri Teks Eksplanasi

Sangat mudah untuk membedakan teks penjelasan dari jenis teks lainnya. Karena teks penjelasan ini memiliki sifat yang sangat istimewa, diantaranya ialah:

  • Struktur terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab dan akibat serta interpretasi.
  • Informasi yang terkandung yang didasarkan dalam sebuah fakta.
  • Bersifat informatif dan tidak mencoba untuk mempengaruhi dalam pembaca untuk percaya pada sebuah masalah yang sedang dibahas.
  • Mempunyai atau menggunakan penanda urutan. Misalnya, pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Atau dengan menggunakan pertama, selanjutnya, terakhir.
  • Fakta-fakta berisi informasi yang bersifat keilmuan atau ilmiah, seperti sains.
  • Artikel pendukung, seperti teks Eksplorasi Sosial dan strukturnya.
Baca Juga :  Pengertian Kata Seru
Contoh-Teks-Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Teks penjelasan atau explanatory yakni telah mengandung tiga struktur yang dapat membuat teks ini menjadi sebuah satu kesatuan. Struktur teks penjelasan diantaranya ialah:

1. Pernyataan Umum

Dalam bagian penjelasan umum yakni sebagai penjelasan dalam umum tentang sebuah topik atau peristiwa yang sedang dibahas. Pernyataan umum ini dapat berupa pengantar atau penjelasan singkat tentang suatu fenomena atau peristiwa.

2. Interpretasi

Interpretasi adalah sebuah teks terakhir dan tidak perlu. Bagian dari interpretasi tersebut dapat menjelaskan esensi atau kesimpulan dari pernyataan umum dan urutan penjelasan dari topik yang akan dibahas.

3. Deretan Penjelas

Baris dalam penjelasan tersebut berisi informasi tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa atau fenomena. Baris penjelasan ini diatur sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa dari awal hingga selesai satu demi satu.

Jenis – Jenis Teks Eksplanasi

Menurut Departemen Pendidikan NWS, ada empat jenis teks penjelasan. Berikut adalah beberapa jenis teks penjelasan, diantaranya ialah:

1. Eksplanasi Sequential

Eksplanasi Sequential merupakan sebuah jenis penerangan/jabaran yang menjelaskan tentang rincian tahapan suatu fenomena. Sebagai contoh, urutan siklus hidup dalam bentuk rantai makanan.

2. Eksplanasi Faktorial

Eksplanasi Faktorial merupakan sebuah jenis penjelasan yang menjelaskan efek dan hasil suatu proses. Sebagai contoh, pada sebuah efek kolonialisme.

3. Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi Teoritis merupakan sebuah jenis penjelasan yang mengandung kemungkinan spekulasi yang dapat terjadi di balik fenomena alam. Sebagai contoh, letusan Gunung Merapi dapat memicu bencana alam lain yang menghancurkan.

4. Eksplanasi Kausal

Eksplanasi Kausal merupakan sebuah adanya sifat penjelasan yang secara bertahap menjelaskan asal atau penyebab perubahan dalam suatu hal. Sebagai contoh, proses tanah longsor.

Baca Juga :  Bentuk Struktur Sosial

Contoh Teks Eksplanasi

Tentang : Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan sebuah peristiwa yang terjadi ketika adanya suatu aliran air yang berlebihan dan dapat menenggelamkan daratan. Biasanya banjir datang dengan cara tiba-tiba dan mengalir begitu sangat cepat. Banjir dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti sosial, ekonomi, dan kerusakan infrastruktur yang ada.

Urutan Sebab-Akibat

Kita semua tahu tentang banjir bahwa ada beberapa penyebab. Penyebab pertama banjir adalah curah hujan yang deras di suatu daerah, sehingga air sungai tidak bisa menyerap kapasitas air seperti biasa.

Sampah yang masuk ke sungai melalui pembuangan sampah dari manusia yang ceroboh juga dapat menyebabkan banjir dengan menghalangi dan menyumbat aliran air sungai.

Hutan gundul dikarenakan adanya sebuah pembalakan liar juga mempengaruhi banjir. Karena akar pohon, yang seharusnya bertindak sebagai penyerap air, yakni sekarang tidak ada. Agar air tidak terserap dan terkumpul di tanah.

Kami melihat kota-kota besar seperti Jakarta, banyak perumahan terletak di tepi sungai. Rumah di tepian sungai menjadi salah satu faktor penyebab banjir. Karena tanah dapat runtuh dan menutupi pada di bagian sisi sungai.

Kemudian dalam faktor lain menyebabkan banjir karena kegagalan bendungan karena lingkungan yang tidak terawat. Dan bendungan yang rusak juga bisa karena faktor hujan, dan terjadinya jumlah air terus meningkat.

Kesimpulan

Dampak banjir dibagi menjadi tiga area yakni efek sekunder, efek primer, dan efek tersier (jangka panjang).

  • Dampak Primer : Sebuah kerusakan dalam properti seperti mobil, jembatan, gedung, jalan raya, dan lain sebagainya.
  • Dampak Tersier : Ekonomi menjadi begitu sulit karena adanya sebuah jumlah dalam kekurangan makanan, wisatawan, dan biaya dalam rekonstruksi.
  • Dampak sekunder : Yakni dalam penyakit, transportasi, persediaan air, ketersediaan pertanian dan makanan, pohon, dan lain sebagainya.
Baca Juga :  Report Text

Karena itu kami akan menyerukan dalam pendekatan yang lebih disiplin yakni terhadap produksi sampah, dari pada di daerah aliran sungai tempat banjir dapat terjadi, dengan efek pada masing-masing.

Dalam teks ini, terdiri dari paragraf atau teks yang memuat sebuah informasi tentang proses suatu fenomena, baik fenomena alam maupun sains dan kehidupan sosial dan budaya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang dapat kami sampaikan dengan jelas dan singkat mengenai Teks Eksplanasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.