Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi, Pengertian, Ciri, Tujuan beserta Struktur – Materi pembahasan kali ini akan GuruAkuntasi.co.id jabarkan materi tentang teks ekplanasi beserta pengertia, ciri, tujuan, struktur, kaidah dan contohnya. Nah untuk lebih jelasnya langsung aja simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Teks Eksplanasi

Yang dimaksud dengan eksplanasi yaitu Berdasarkan ilmu etimologi berasal dari bahasa Inggris yakni Eksplanation. Yang artinya ialah keterangan atau penjelasan. Sedangkan pengertian teks ini secara istilah yaitu suatu paragraf yang memuat informasi tentang suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” yang meliputi berbagai peristiwa.

Peristiwa-peristiwa yang bisa dijadikan sebagai teks ekplanasi yaitu mengenai peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Struktur Teks Eksplanasi

Berikut pembagian struktur tesx eksplanasi yaitu :

Terdiri Dari Pernyataan Pmum

Pernyataan umum yakni memuat penjelasan mengenai suatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya suatu peristiwa.

Sebab dan akibat

Pada penjelasan ini mengenai tahapan suatu peristiwa . Sebab akibat ini disusun secara bertahap yakni berurutan daria awal hingga akhir peristiwa.

Interpretasi

Bagian ini ialah bagaian yang memberikan pernyataan terkait topok yang diuraikan dalam teks atau bisa disebut sebagai kesimpulan.

Ciri-Ciri

  • Memuat informasi yang sesuai dengan fakta atau nyata
  • Melekat sebuah fakta yang terdapat pada informasi dan ini bersifat ilmiah
  • Strukturnya ada tiga macam yakni dimulai dari pernyataan umum, sebab-akibat, hingga intrepretasi.
  • menggunakan sequnce markers, seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya, dan berakhir.
Baca Juga :  Contoh Analisis Swot

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui tentang struktur yang harus ada di dalam teks eksplanasi, maka pada pembahasan kali ini akan diulas tentang bagian dari teks eksplanasi itu sendiri.

  • Pembuka

Bagian pertama dari teks eksplanasi ialah pembuka.Umumnya, di dalam pembuka ini penulis bercerita mengenai topik yang diangkat dalam teks eksplanasi secara umum.

  • Isi

Kemudian pada bagian kedua dari teks eksplanasi ialah isi.yang mana dibagian isi ini menjadi rentetan penjelasan mengenai fenomena yang terjadi atau diangkat dalam teks eksplanasi tersebut.

  • Penutup

Selanjutnya ialah sebagai penutup dimana di sini lebih berisi soal inti dari penjelasan yang ada di dalam teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

  • Tumbuh nya banyak Pengangguran menjadi sebuah isu pada bangsa Indonesia ini yang mana hingga kini masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan efektif. Pada tiap kali perubahan pemimpin bangsa, begitu banyak solusi yang sudah dilakukan seperti pengadaan pelatihan untuk masyarakat umur produktif dan menggalakan program usaha bagi daerah-daerah potensi. Namun pengangguran tetap meningkat dari tahun ke tahun.
  • Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya pengangguran seperti pertumbuhan ekonomi indonesia tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai, jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Dampak negatifyang mana disebabkan dengan meningkatnya pengangguran . Hal itu dapat kita lihat dari mulai meningkatnya kemiskinan dan kriminalitas serta semakin menurunnya tingkat kesehatan.
  • Masalah bermunculan ini disebabkan juga dengan bnyak pengangguran. Maka sebab itu pemerintah harus menindaklanjuti dengan cara menemukan solusi agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif di atas. Jalan keluar yang bisa lakukan yakni dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya serta mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini diharapkan pengangguran dapat berkurang.
Baca Juga :  Pengertian Capital (Modal)

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

  • Indonesian memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang terkenal adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. Wayang pun bermacam-macam tergantung daerah setempat. Wayang Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga terkenal di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Bahkan ada sebuah organisasi dunia yaikni UNESCO yang mengakui pertunjukkan wayang sebagai produk kebudayaan yang berharga atau dikenal sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.
  • Wayang golek termasuk Versi wayangan, Yang (dimainkan oleh manusia), atau wayang boneka. Dalam sebuah Cerita Mahabrata atau Ramayana biasanya dimainkan pada pagelaran wayang Jawa . Pembuatan wayang yakni ketika agama Hindu masuk ke Indonesia. Untuk diterima masyarakat, agama Hindu menyesuaikan dengan kebudayaan setempat sehingga dipilihlah wayang sebagai media untuk menjembatani agama Hindu dengan sosial masyarakat. Kemudian pada saat agama Islam masuk ke Indonesia, Dibuatlah wayang yang menggunakan kulit sapi. Hal menjadi wujud dari penyesuaian agama Islam dengan masyarakat pada saat itu.
  • Akulturasi dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Ketita tahun 1960 tumbuhlah gerakan misionaris katholik dan menyebarkan agama katholik di Indonesia. Dibuatlah wayang yang bernama wayang Wahyu yang diangkat atau  bersumber dari kitab agama tersebut. Sekarang wayang menjadi hiburan masyarakat. Terkadang orang merasa tidak lengkap jika tidak menanggap pertunjukkan wayang dalam acaranya.
  • Wayang selalu mempunyai Filosofi yang bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Bahkan di setiap bagian wayang mempunyai makna tersendiri. Harapannya melalui pertunjukkan wayang, pesan-pesan kebaikan dapat tersampaikan dan mengena masyarakat.Jenis budaya harus slalu dijaga dan dilestarikan sebagai media belajar ajar pada sekolah .
Baca Juga :  Dasar Akuntansi Menurut Para Ahli

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum:
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Terjadinya Gerhana matahari yakni dalam waktu ratusan tahun sekali. Dan terjadinya bFenomena ini disebakan oleh posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

Bagian Penjelasan:
Agar dapat melihat matahari secara langsung yakni dengan menggunakan sebuah alat teropong khusus atau media yang melindungi mata.

Apabila melihat Fenomena ini dengan hanya menggunakan mata telanjang hal ini tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Kerusakan pada mata tersebut karena  retina rusak oleh masuknya suatu radiasi tinggi yang ada pada sinar matahari. Bentuk pada radiasi ini tak bisa terlihat oleh mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

Penutup:
Agar dapat menikmati gerhana matahari banyak cara bisa dilakukan. Bukan hanya memakai teropong saja, Akan tetapi ada cara yang paling ekonomis yakni menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.

Demikianlah Materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat berguna serta dapat menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya :