Teks Eksposisi

Posted on

Teks Eksposisi – Berisi berbagai sebuah pengetahuan dan sebuah informasi yang disajikan secara padat, ringkas, dan akurat. Dapat menjelaskan sebuah informasi.

Di mana terdapat 3 struktur yakni ekspresi ucapan (tesis), pernyataan, penalaran, konfirmasi pendapat (pengulangan), mempunyai sebuah fungsi yang dapat menyampaikan sebuah gagasan-gagasan yakni berupa pemikiran mengetahui suatu topik.

Apa itu Teks Eksposisi? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai eksposisi dan penjelasan selanjutnya. Yuukk… Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa itu Teks Eksposisi ?

Pengertian Teks Eksposisi merupakan sebuah paragraf atau esai yang dapat berisi dengan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang di reproduksi secara padat, ringkas, dan akurat.

Bahwa teks tersebut ialah dalam ragam atau jenis teks yang mempunyai sebuah fungsi yang dapat menyampaikan sebuah gagasan dengan berbentuk sebuah pola pemikiran mengenai sebuah topik. Paragraf tersebut merupakan dalam bentuk ilmiah atau dapat disebut dengan non-fiksi.

Teks-Eksposisi

Dalam jenis paparan dalam teks tersebut begitu sangat sering digunakan sebagai dalam sebuah konteks yang komunikasi secara tulisan dan lisan sehari-hari. Contohnya di tempat seminar, ketika Anda mendiskusikan seseorang yang berdebat yakni dengan perdebatan dalam bentuk pendapat, dan lain sebagainya.

Untuk dapat memperjelas sebuah deskripsi statistik atau gambar akan ditambahkan. Sebagai catatan, yakni tidak jarang pameran dan berisi sebuah deskripsi dalam bentuk langkah atau sebuah proses kerja. Paparan tersebut dapat disebut dengan sebuah proses paparan.

Ciri – Ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa sebuah ciri-ciri dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Terdapat teks yang padat dan pendek.
  • Menjelaskan sebuah informasi berbentuk pengetahuan.
  • Menjadi tidak memihak berarti tidak memaksakan kehendak penulis kepada pembaca.
  • Gaya sebuah informasi dengan cara mengundang.
  • Transmisi dalam teks dalam bahasa yang sederhana dan umum.
  • Secara umum, dapat jawab pertanyaan siapa, apa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
  • Fakta yang dapat digunakan sebagai sebuah alat dan kontribusi yang nyata.
  • Terdapat teks pameran dengan cara obyektif dan netral.
  • Adanya sebuah deklarasi disertai dengan data yang tepat.
Baca Juga :  Teks Editorial

Struktur Teks Eksposisi

Contoh-Teks-Eksposisi

Terdapat beberapa struktur dalam teks tersebut, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Judul

Judul dapat harus menggambarkan sebuah sesuatu yang akan dibahas dalam sebuah teks jenis pameran tersebut. Dalam sebuah judulnya harus dapat ditulis dengan sebuah kata-kata bermakna, menarik, dan pendek.

2. Argumentasi atau Alasan

Bagian dari sebuah teks tersebut merupakan argumen atau alasan. Panjang serta pendeknya dalam jenis bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah Anda sebutkan dalam pernyataan umum. Kemudian, sebutkan lagi argumen dan jelaskan dalam paragraf.

3. Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian ini dapat memperkenalkan topik saat pembaca dapat di posisikan. Karena teks tersebut yang telah digunakan dengan seorang penulis ingin mengungkapkan dalam sebuah pendapatnya, dalam seorang pembaca dapat berada dalam sebuah di posisi yang berlawanan atau posisi yang sama dengannya.

4. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Dalam sebuah pengulangan telah didasarkan dengan suatu argumen yang dapat disajikan di bagian yang sebelumnya. Dalam sebuah pengulangan bentuk pendapat memiliki sifat sukarela, oleh karena itu tidak dapat termasuk pada semua teks tersebut.

Jenis – Jenis Teks Eksposisi

Terdapat beberapa jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Eksposisi, merupakan sebuah bagian dalam paparan yang dapat menjelaskan mengenai definisi dalam topik tertentu.
  • Eksposisi ilustrasi, merupakan sebuah teks yang berisi sebuah penjelasan atau informasi tertentu dengan memberikan sebuah bentuk deskripsi yang sangat sederhana dalam suatu topik dengan topik lain serta mempunyai sebuah kesamaan atau karakteristik yang berupa dalam adanya sebuah hal-hal tertentu.
  • Eksposisi Proses, merupakan sebuah langkah atau cara sebagai melakukan dalam sesuatu dari awal sampai akhir.
  • Eksposisi Laporan, merupakan sebuah bagian dari adanya pameran yang melaporkan penelitian atau pesan tertentu.
  • Eksposisi Pertentangan, merupakan representasi ini yang dapat mengandung perselisihan antara satu hal dalam hal yang lainnya.
  • Eksposisi Perbandingan, merupakan sebuah eksposur dalam sebuah ide utamanya telah disajikan dengan adanya sebuah perbandingan dengan yang lainnya.
Baca Juga :  Teks Eksemplum

Dalam jenis teks ini, berisi berbagai informasi dan pengetahuan yang disajikan secara ringkas, padat dan akurat. Dapat menjelaskan sebuah informasi.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan dengan jelas, singkat dan mudah untuk dipahami, yakni mengenai Teks Eksposisi. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.