Contoh Teks Eksposisi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi Beserta Pengertian, Fungsi, Struktur dan Tujuan – Materi pembahasan kali ini yakni tentang contoh teks ekposisi beserta pengertian, ciri, struktur, jenis dan contohnya. Nah untuk lebih lengkapnya mari simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Teks Eksposisi?

Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah suatu paragraph/karangan yang di dalamnya terdapat berbagai informasi yang mana isi dari paragrap/karangan tersebut ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan, menjabarkan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis atau Pernyataan Pendapat
  • Argumentasi
  • Penegasan ulang pendapat

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi tidak hanya mempunyai ciri-ciri yang tentu saja berbeda dengan jenis teks lainnya, tetapi teks ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Di bawah ini jenis – jenis dari teks eksposisi yang harus kamu ketahui dan pelajari.

  • Teks eksposisi definisi

Di dalam teks jenis ini hanya memuat pengertian atau definisi-definisi secara mendalam terkait suatu topik tertentu. Adapun jenis teks eksposisi ini pasti anda sudah sering menemuinya, karena sangat banyak teks-teks yang hanya menjelaskan pengertian dari suatu hal tertentu.

  • Teks eksposisi pengerjaan

Teks jenis ini memuat langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan sistematis. Langkah-langkah atau tata cara mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dari sesuatu tersebut.

  • Teks eksposisi gambaran

Teks jenis ini memuat tentang berita atau topik tertentu dengan menampilkan gambaran yang singkat namun jelas. Adapun gambaran dalam teks ekposisi yang dibuat harus mewakili maksud dan tujuan dari yang akan disampaikan.

  • Teks eksposisi laporan

Teks jenis ini memuat laporan terkait suatu topik tertentu. Adapun laporan tersebut bisa dari hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber yang bersangkutan.

  • Teks eksposisi perbandingan

Teks jenis ini berisi suatu topik/pembahasaan tertentu yang dibandingkan dengan topik lain. Tapi, kedua topik/pembahasaan tersebut masih saling memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

  • Teks eksposisi pertentangan

Teks jenis ini berisi suatu topik/pembahasaan tertentu yang dipertentangkan dengan topik lain. Namun, teks yang dipertentangkan itu juga masih saling mempunyai keterkaitan.

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa

Itulah jenis-jenis teks eksposisi yang harus kamu ketahui. Dengan mengerti mengenai masalah ini berarti Anda telah mengetahui pembagian dari teks eksposisi. Teks eksposisi bukan hanya sebuah teks tunggal, ia terbagi ke dalam beberapa bagian seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Tujuan Teks Eksposisi

Bertujuan untuk menerangkan tentang informasi tulisan tertentu supaya dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi ini, maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal tertentu.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

  • Gaya informasinya persuasif atau mengajak
  • Penyampaian teksnya secara jelas, lugas dan menggunakan bahasa yang baku/baik dan benar sesuai EYD Bahasa
  • Menjabarkan informasi-informasi pengetahuan
  • Bersifat tidak memihak yang artinya tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Teks Eksposisi bersifat netral dan objektif
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat dan terpercaya
  • Menyajikan sebuah fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi bagi pembaca

Itulah beberapa ciri-ciri yang harus Anda ketahui terkait teks eksposisi tersebut di atas. Beberapa hal tersebut merupakan hal-hal yang mebedakan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Jika nanti Anda menemukan jenis teks yang memiliki ciri-ciri seperti di atas, iru berarti jeni teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini contoh teks eksposisi yang baik dan benar.

1. Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan Karakter

Tesis

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri.

Jati diri itu pastinya  terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Mengikut sertakan perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik.

Pemerintah merubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan tersebut mengisyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga :  Pengertian BEP (Break Even Point)

Argumentasi:

Pendidikan karakter adalah lebih mengutamakan kemampuan peserta didik secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa.

Pendidikan karakter ini penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Dengan pendidikan berkarakter, cerdas atau tidaknya seorang anak tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas.

Gurupun tidak boleh menyatakan seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkannya di kelas.

Adapuh pemerintah juga sudah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013.

Dengan kurikulum ini pemerintah berusaha mencari potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang menyertakan toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain.

Indonesia adalah negara yang mempunyai bermacam-macam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Agar penanaman sikap toleransi harus ditanamkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus mempunyai keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan bekal awal peserta didik di masa yang akan datang. Siswa wajib menanamkan sikap toleransi terhadap sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang bisa dibanggakan sehingga siswa dapat menjadi penerus bangsa yang siap menghadapi kemajuan zaman.

Baca Juga :  Permasalahan Ekonomi Mikro

2. Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

Argumetasi

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Penegasan ulang

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

 

Nah Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang contoh teks eksposisi, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Lainnya :

Contoh Teks Eksposisi
5 (100%) 1 vote[s]