Pengertian Teks Fabel

Posted on

Pengertian Teks Fabel –

Apa itu Teks Fabel ?

Pengertian Fabel merupakan suatu dongeng yang menggambarkan hewan sebagai karakter utama.

Karakter-karakter ini dapat berpikir, merasakan, bertindak, berbicara, dan berinteraksi seperti manusia. Dongeng adalah didaktik untuk pendidikan. Fabel digunakan sebagai metafora untuk kehidupan manusia dan sebagai mendidik terhadap kalangan masyarakat.

Ciri-Ciri Teks Fabel

Pengertian-Teks-Fabel

Beberapa ciri-ciri dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Adanya seorang tokoh yang berfungsi untuk binatang atau hewan.
  • Topik dalam fiksi, yakni pada umumnya tentang hubungan sosial.
  • Karakter yang digambarkan dalam dongeng mirip dengan tindakan manusia seperti baik, egois, buruk, dan cerdik.
  • Dengan cara ini, karakter fiksi atau (hewan) dapat berpikir, berkomunikasi dan berperilaku seperti manusia.
  • Sudut pandang adalah yang ketiga.
  • Garis dongeng menggunakan aliran maju.
  • Dalam dongeng ada juga konflik tentang masalah dunia binatang yang mirip dengan dunia manusia.
  • Mendongeng juga termasuk ruang, waktu, sikap sosial dan emosional.
  • Karakteristik bahasa yang digunakan dalam dongeng adalah narasi atau ucapan, yang merupakan ungkapan langsung yang menggunakan bahasa informal dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ini juga berisi berita atau berita yakni sebagai pendengar dan pembaca.
Baca Juga :  Pengertian Latar Cerita

Jenis Teks Fabel

Adapun berbagai jenis dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Jenis Teks Fabel Berdasarkan Karakter Tokoh

Sebelum Anda tahu beberapa contoh teks dongeng, Anda perlu tahu jenisnya. Teks cerita memiliki dua jenis utama dalam komposisi cerita. Kedua tipe ini sangat populer di kalangan anak-anak. Contoh dongeng dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Fabel Adaptasi

Lakukan kebalikan dari dongeng alam. Karakter adalah kustomisasi karakter lain. Penulis sengaja memberikan kesan berbeda dari karakter binatang dalam cerita. Contohnya, sosok harimau yang benar-benar jahat dan liar, di mana ceritanya ternyata menjadi sosok yang baik dan bermanfaat.

b. Fabel Alami

Fabel jenis ini adalah cerita tentang hewan yang memiliki karakter yang sama dengan aslinya di dunia nyata. Misalnya, kisah harimau dalam cerita fiksi karakter harimau mempunyai sebuah karakter serakah dan liar. Karakter ini menyerupai kenyataan.

2. Jenis Teks Fabel Berdasarkan Pesan Moral

Dengan contoh teks fiksi ini, yakni mempunyai pesan moral yang ditujukan pada pembaca. Namun, ada dua jenis dongeng berdasarkan “manifestasi” dari pesan moral, yakni:

a. Fabel Non Koda

Fabel Non Koda yakni penulis tidak langsung menulis pesan moral yang terkandung dalam cerita. Pesan moral yang tersirat. Ini memberi pembaca kebebasan untuk menganalisis sendiri apa pesan moral dalam cerita itu.

b. Fabel Koda

Fabel Koda merupakan dengan adanya bahwa dalam cerita fiksi pesan moral ditulis dengan jelas sehingga penulis dapat menyampaikannya. Biasanya ditulis langsung dalam bahasa yang mudah bagi pembaca, terutama anak-anak. Tempat pesan moral ini ada di akhir cerita.

Struktur Teks Fabel

Berikut adalah beberapa suatu struktur teks fiksi, yakni:

Baca Juga :  Pengertian Kata

a. Komplikasi

Komplikasi merupakan adanya suatu bagian dari masalah ketika karakter utama dalam konflik. Bagian tentang komplikasi harus diberikan dalam teks dongeng. Jika tidak ada komplikasi, masalahnya harus diselesaikan.

b. Orientasi

Orientasi adalah bagian dari awal cerita. Bagian ini menjelaskan karakter, suasana hati, lokasi dan waktu serta pengenalan latar belakang untuk pembaca dan pendengar.

c. Koda

Koda adalah bagian terakhir yang biasanya mewujudkan nilai-nilai moral dan mandat yang dapat diambil dari sejarah itu sendiri.

d. Resolusi

Resolusi adalah teks yang berisi solusi untuk masalah yang dimiliki atau dialami karakter dalam cerita fiksi.

Unsur Kebahasaan Teks Fabel

Adapun berbagai unsur kebahasaan dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kata Kerja

Kata kerja ini merujuk pada adanya suatu kegiatan atau pekerjaan yang telah dilakukan. Dua jenis kata kerja yang umum digunakan, termasuk yang berikut:

  • Kata kerja intransitif aktif, yakni adanya suatu kata kerja aktif intransitif adalah kata kerja yang tidak membutuhkan unsur dalam kalimat. Misalnya berlalu, diam, berhembus.
  • kata kerja aktif transitif, yakni suatu kata kerja aktif transitif adalah kata kerja yang membutuhkan objek dalam kalimat. Misalnya mengangkat, menulis, memegang, membawa.

2. Kata Sandang Si dan Sang

Dalam teks ini Anda akan menemukan berbagai jenis kata Si dan Sang. Contohnya adalah Rusa, Kacil, Kepompong, Macan dan banyak lagi.

3. Penggunaan Keterangan Tempat dan Waktu

Dalam teks ini Anda akan menemukan berbagai kalimat yang menceritakan kisah tempat dan waktu yang terjadi dalam cerita.

4. Pengunaan Lalu, Kata Hubung dan Akhirnya

Kata-kata ini kemudian digunakan sebagai konjungsi intracallimate dan interallal. Akhirnya, kata tersebut digunakan di sini yakni sebagai mengakhiri dan merangkum informasi dalam paragraf.

Baca Juga :  Pengertian Wawancara

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Teks Fabel. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.