Teks Tanggapan Kritis

Posted on

Teks Tanggapan Kritis – Sebuah teks yang berisi adanya suatu kritik tajam kepada persoalan atau masalah yang dapat berkaitan dengan adanya sebuah kesalahan.

Bagian dari evaluasi yakni berisi pernyataan umum tentang apa yang akan dikatakan penulis dalam teks. bagian terakhir dari teks, yang berisi konfirmasi tentang apa yang telah diputuskan atau dilakukan.

Apakah kalian mengenal dengan istilah Teks Tanggapan Kritis? Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas, singkat, dan tentunya mudah untuk dipahami. Untuk penjelasan selanjutnya, yuukk… Simak ulasan selanjutnya sebagai berikut.

Apa yang di maksud dengan Teks Tanggapan Kritis ?

Pengertian Teks Tanggapan Kritis adalah sebuah teks yang berisi adanya kritikan yang begitu tajam terhadap masalah atau persoalan yang berkaitan dengan sebuah kesalahan.

Biasanya hal itu terjadi ketika adanya sebuah perdebatan, dengan orang A yang mengkritik orang A karena apa yang dia katakan tidak tepat agtau tidak sesuai dengan kenyataannya.

Teks-Tanggapan-Kritis

Dapat juga disebut sebagai analisis pendapat. Kami harus menerima semua jawaban orang lain yang memberikan sebuah pendapat mereka. Karena setiap dalam jawaban yang diberikan dengan orang lain harus memiliki alasan dan mampu meningkatkan kita.

Ciri – Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri dari sebuah teks respons kritis ini adalah untuk membantu mengidentifikasi apakah teks yang sedang dibaca adalah teks jawaban kritis atau tidak. Jika suatu teks mempunyai semua karakteristik dalam teks respons kritis, dapat dikatakan bahwa teks tersebut merupakan teks respons kritis. Berikut ini merupakan beberapa teks dari jawaban kritis, diantaranya ialah:

  • Memiliki 3 struktur teks, yakni Deskripsi Teks, Evaluasi, dan Penegasan Ulang.
  • Teks ini berisi dalam jawaban atas adanya fenomena yang muncul, disertai dengan sebuah alasan dan fakta.
  • Berisi adanya sebuah aturan dalam bahasa atau fitur bahasa dalam teks jawaban kritis tersebut.
Baca Juga :  Majas Litotes

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Contoh-Teks-Anggapan-Kritis

Terdapat beberapa kaidah yang digunakan dalam kebahasaan pada sebuah teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kalimat Kompleks
    Kalimat kompleks merupakan sebuah kalimat dengan lebih dari 2 struktur dan dua dalam kata kerja.
  • Konjungsi
    Konjungsi yang dapat menghubungkan pada setiap kata dan dalam setiap struktur.
  • Pemilihan Kata
    Pemilihan Kata yakni pemilihan dalam sebuah kata yang sesuai dengan adanya suatu penggunaan dan produksi dalam teks jawaban kritis.
  • Kata Rujukan
    Kata Rujukan yang digunakan oleh informan (pembicara) yakni sebagai memperkuat atau mendukung adanya pernyataan, dapat disebut sebagai referensi.

Struktur Teks Tanggapan Kritits

Terdapat beberapa struktur dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Evaluasi

Evaluasi adalah sebuah bagian pertama dari teks untuk jawaban kritis. Bagian dalam adanya sebuah penilaian tersebut berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan dikatakan pada penulis dalam teks tersebut.

2. Penegasan Ulang

Penegasan Ulang adalah sebuah bagian ketiga dari teks, atau lebih tepatnya bagian yang terakhir dari teks, yang berisi sebuah konfirmasi baru tentang apa yang telah dilakukan atau diputuskan.

3. Deskripsi teks

Deskripsi teks adalah sebuah bagian kedua atau lebih tepatnya bagian konten dalam teks untuk jawaban kritis. Bagian keterangan dalam teks ini berisi informasi tentang data dan pendapat yang melemahkan pernyataan atau mendukung pernyataan.

Fungsi Sosial teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis dalam konteks sosial berfungsi sebagai adanya sebuah kepedulian yakni terhadap lingkungan dan secara kritis merespons kebiasaan masalah di lingkungan tersebut.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Kebakaran Hutan dan Kebun Sawit

1. Evaluasi

Perkebunan kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan publik atau pendapatan devisa di sektor ekspor minyak sawit. Tetapi apakah efek yang muncul serupa dengan Indonesia dan dalam lingkungannya? Diperlukan dalam sebuah pengaturan khusus sebagai menciptakan adanya sebuah manfaat antara kedua pihak.

Baca Juga :  Teknik Membaca Berita

2. Deskripsi Teks

Kebakaran hutan merupakan sebuah fenomena yang tidak dapat dihindari selama musim kemarau, terutama di bagian pulau Sumatra dan pulau Kalimantan.

Tidak hanya itu, karena hal ini dapat menyebabkan bencana yang dapat mempengaruhi negara lain juga. Dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan tentu tidak bisa dihitung untuk kerugiannya.

Di sisi lain, ekspansi kelapa sawit dapat meningkatkan untuk lapangan kerja. Namun, keduanya tidak dapat berjalan tanpa gangguan dan menciptakan sebuah keuntungan antara kedua belah pihak.

Sebuah studi yang terkait dengan salah satu faktor kebakaran hutan mengacu pada pembakaran lahan langsung dari pemilik perusahaan kelapa sawit, yang ingin membuka area baru untuk perkebunan kelapa sawit.

Dengan cara ini, peran pemerintah dari berbagai pihak kepada masyarakat internasional dalam hal kebijakan pemerintah untuk perkebunan kelapa sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia dipertanyakan.

3. Penegasan Ulang

Dalam adanya sebuah peran pemerintah dapat diperlukan sebagai mengembangkan dalam kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak dan tidak merugikan masyarakat maupun alam.

Sikap dan kebijakan yang sesuai untuk pelaku kejahatan dan perusakan hutan, dan untuk penetapan aturan dan area kerja yang sangat jelas bagi pekebun kelapa sawit, sehingga semuanya dapat bekerja secara seimbang dan berkelanjutan.

Dalam teks ini, berisi adanya suatu kritik tajam kepada persoalan atau masalah yang dapat berkaitan dengan adanya sebuah kesalahan. Memiliki 3 struktur teks, yakni Deskripsi Teks, Evaluasi, dan Penegasan Ulang.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai Teks Tanggapan Kritis. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.