Tips Liburan Hemat Tahun Baru

Posted on

Banyak orang yang mengisi liburan tahun baru dengan rekreasi. Setiap kali rekreasi bisa dipastikan biaya yang keluar mencapai jutaan. Terdapat cara yang bisa dipakai untuk mencegah biaya membengkak dan semua tercantum dalam tips liburan hemat tahun baru.

Pada tanggal-tanggal liburan akhir tahun, harga dari penginapan naik sekitar 15% menurut Pegipegi. Bahkan beberapa harga akan menjadi 36% lebih mahal, terutama bagi daerah tujuan wisata. Kamu akan mendapati harga penginapan turun di low season.

Tidak perlu panik karena kamu tetap bisa menekan biaya untuk tahun berikutnya dengan persiapan matang. Persiapan juga perlu dilakukan supaya kamu bisa tetap nyaman selama berlibur.

Penasaran terhadap tipsnya? Kamu bisa langsung simak metodenya berikut.

Tips Liburan Hemat Tahun Baru, Biar Tetap Hemat Saat Healing

Berlibur pun tidak boleh dilakukan asal-asalan. Kamu tetap harus berhemat agar finansial bulanan tetap aman. Keseluruhan dari cara berhemat dapat kamu simak berikut.

 Buat Jadwal Berlibur

Semakin jauh tempat wisata yang dituju, maka memerlukan persiapan semakin matang. Tujuan yang dimaksud seperti pergi ke luar negeri.

Pergi ke luar negeri sering kali dilakukan dalam periode waktu seminggu. Orang-orang yang bekerja kantoran harus minta ijin cuti dahulu.

Setelah rencana mengajukan cuti selesai, kamu juga harus mengetahui mana saja tempat tujuan yang menarik di akhir tahun.

Berkunjung ke tempat wisata sembarangan bisa membuat kamu kecewa karena bisa jadi event yang kamu ingin datangi sedang tidak diadakan pada akhir tahun.

Kemudian cari tahu tiket penerbangan yang masih tersedia, penginapan, dan transportasi selama liburan. List dengan rinci itenary kamu ketika berlibur.

Baca Juga :  Yuk Ikuti Tips Mengatur Keuangan TKI

Perencanaan jadwal yang detail dapat mencegah kamu mengalami over budget saat hari H. Anggarkan juga untuk pergi ke tempat kuliner terdekat bagi orang yang senang wisata kuliner.

Booking Tiket atau Transportasi Jauh-Jauh Hari

Kamu sudah mengetahui penerbangan apa saja yang bisa sampai ke tempat tujuan. Sekarang kamu bisa mulai untuk mencari-cari harga tiket di berbagai website atau aplikasi.

Lakukan hal ini jauh-jauh dari akhir tahun, seperti bulan Juli hingga Agustus. Jangan sampai kamu membeli tiket penerbangan atau booking transportasi terlalu dekat akhir tahun karena harga akan semakin tinggi, kecuali last minute.

Permintaan penggunaan penerbangan dan transportasi akan meningkat semakin dekat dengan akhir tahun. Peningkatan harga bisa mencapai 10% sampai 20% untuk tiket pesawat.

Sedangkan harga dari transportasi akan mengalami kenaikan sekitar 15%-35%. Harga yang demikian bisa membuat keuangan lebih boros berdasarkan website Fimela.

Kamu juga dapat mengkombinasikan dengan voucher atau point yang ada di marketplace supaya lebih hemat.

Bahkan tiket pesawat juga ada yang ditawarkan dengan harga miring melalui flash sale. Perlu jeli dalam melihat peluang itu karena flash sale tiket penerbangan tidak selalu ada.

Booking Hotel Lebih Awal

Sudah bukan rahasia kalau hotel perlu dibooking lebih awal. Tapi seberapa awal seharusnya seseorang pesan? Berdasarkan Travel Kompas, waktu terbaik untuk booking hotel ada di bulan Januari.

Mengapa tidak untuk memesan booking hotel di bulan Januari karena harganya benar-benar turun. Beberapa hotel menawarkan tarif lebih rendah sekitar 10%-40% di bulan Januari.

Proses memilih hotel juga usahakan jangan yang terlalu rendah. Penginapan yang terlalu rendah sering kali memiliki review buruk. Kamu bisa cari tahu dari review yang ada di internet.

Baca Juga :  Contoh Kebutuhan Primer

Utamakan kenyamanan selama berlibur akhir tahun sehingga penting mencari hotel dengan review positif. Setidaknya cari penginapan dengan bintang 3.5 dari peringkat yang ada di Google Maps.

Bawa Perlengkapan Sewajarnya

Kemana saja tujuan kamu liburan pastikan untuk bawa perlengkapan yang wajar. Tidak perlu membawa barang-barang yang sekiranya tidak urgen. Kamu tidak ingin tas bawaan menjadi berat karena terlalu over membawa perlengkapan yang tidak penting.

Beberapa perlengkapan yang harus dibawa ketika berlibur adalah baju secukupnya, payung, snack, makanan instan, dan lain-lain.

Hal yang tidak perlu dibawa ketika kamu pergi ke luar negeri yakni laptop, headphone, catok, body lotion ukuran 100 ml, dan hair dryer.

Jika kamu bersi keras ingin membawa, biasanya kamu akan memerlukan bagasi tambahan. Barang-barang yang demikian tidak dapat dibawa masuk ke kabin sehingga memerlukan bagasi. Membeli bagasi tambahan sebaiknya dilakukan ketika kamu pulang saja karena jauh lebih hemat.

Bawa Uang Secukupnya

Siapapun yang hendak berlibur tetap perlu menyediakan uang cash. Pahami tidak semua tempat menyediakan pembayaran QRIS.

Membawa uang cash juga dilakukan secukupnya untuk berjaga-jaga. Uang cash yang dimaksud juga menyesuaikan negara yang menjadi tujuan.

Beli uang di negara tujuan wisata ketika kurs Rupiah menguat. Berdasarkan Berita Satu, nilai tukar Rupiah sempat menguat terhadap beberapa negar di dunia. Contoh dari negara yang dimaksud adalah Jepang, Singapura, dan juga Australia.

Pastikan kamu tidak membeli uang terlalu banyak. Simpan secara baik-baik agar uang tidak lecek agar laku dijual kembali ke Rupiah saat ada kelebihan.

Sisanya kamu tetap harus tahan diri ketika melihat ada banyak oleh-oleh yang lucu. Jangan membeli apapun yang tidak kamu butuhkan.

Sebenarnya kamu tidak harus memberi oleh-oleh dan memberikannya ke orang lain jika memang ingin berhemat.

Baca Juga :  Pengertian Ekonomi Syariah Serta Prinsip, Tujuan dan Manfaat

Gunakan Aplikasi Perjalanan

Hal yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah mengunduh aplikasi perjalanan. Download aplikasi yang menunjang wisata ke dalam smartphone. Bahkan masing-masing negara punya aplikasi tersendiri untuk memesan transportasi online.

Bahkan aplikasi tidak hanya berkaitan transportasi online. Misalkan saja si A hendak pergi ke Jepang.

Terdapat beberapa aplikasi rekomendasi CNN Indonesia yang harus dimiliki traveler, seperti Japan Transit Planner, GuruNavi, Ramen Beasr, dan Ecbo Cloak.

Masing-masing aplikasi punya kegunaan sendiri. Contoh Japan Transit Planner berisikan rute di Jepang yang tidak ada pada JR Pass. Traveler dapat pesan kursi berdasarkan biaya dan waktu.

GuruNavi dipakai untuk melihat rekomenasi tempat makanan di Jepang. Kalau Ramen Beast merupakan aplikasi yang berguna untuk pesan ramen terenak di Jepang dan kamu bisa pilih yang halal juga.

Sedangkan aplikasi terakhir, Ecbo Cloak punya fungsi untuk mencari lokasi penitipan barang. Tempat-tempat tersebut sudah pasti aman dan proses pembayaran dapat dilakukan pakai kartu kredit.

Disarankan Pakai Transportasi Umum

Setiap kali ingin bertamasya ke suatu tempat, kamu bisa coba lihat transportasi apa saja yang ada. Usahakan untuk tidak menyewa transportasi pribadi karena sering kali harganya mahal.

Prioritaskan pakai transportasi umum. Hal ini tidak hanya berlaku untuk wisata dalam negeri melainkan juga luar negeri. Cari tahu juga tentang tingkat keamanan dari penggunaan transportasi umum.

Rata-rata negara yang sudah cukup maju menyediakan transportasi umum yang nyaman dan aman. Bahkan kamu dapat menjelajah ke tempat yang jauh dengan cepat karena bisanya sudah tersedia kereta cepat.

Memaksa penggunaan transportasi pribadi bisa membuat keuangan selama liburan boros. Sewa transportasi pribadi, harganya bisa sampai 5-20% lebih mahal daripada tranportasi umum. Jadi sebisa mungkin pakai transportasi sepeda umum, kereta, dan bus.

Kamu sekarang sudah mengetahui keseluruhan tips liburan hemat tahun baru. Sisanya kamu bisa terapkan seluruh tips untuk menyambut libur tahun depan lagi. Jangan sampai liburan membuat keuangan di bulan berikutnya terganggu.