Tujuan Penelitian

Posted on

Tujuan Penelitian – Indikasi sebuah arah mana maupun informasi atau data dalam penelitian mana yang dicari. Tujuan tersebut yakni telah dirumuskan bentuk pernyataan.

Tujuan tersebut ialah terdapat 3 jenis. Secara umumnya memiliki tujuan sebagai menemukan pengetahuan baru, mengembangkan dalam pengetahuan yang ada dan akhirnya menguji dalam pengetahuan tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Tujuan Penelitian beserta penjelasan lainnya. Untuk ulasan selengkapnya, yukk… Simak ulasan ini, sebagai berikut.

Apa itu Penelitian ?

Pengertian Penelitian merupakan sebuah proses penyelidikan yang dapat dilakukan dengan cara rajin, aktif, dan sistematis seagai menafsirkan, menemukan, dan merevisi sebuah fakta.

Tujuan-Penelitian

Pandangan lain ialah bahwa dalam pengertian penelitian merupakan sebuah proses terhadap investigasi sistematis yang meneliti dengan berbagai bahan dan sumber sebagai membangun dalam sebuah fakta dan menarik kesimpulan tersebut.

Tujuan tersebut ialah sebagai memperoleh atau menemukan sebuah data sebagai maksud dan memiliki tujuan tersebut. Oleh karena itu, pada sebuah penelitian yakni harus dilakukan dengan cara ilmiah dalam berdasarkan karakteristik ilmiah, yakni:

a. Rasional

Rasional merupakan adanya sebuah penelitian yakni harus dilakukan secara yang masuk akal atau rasional sampai dapat dicapai melalui akal manusia.

b. Sistematis

Sistematis merupakan sebuah penelitian harus dapat dilakukan dengan melalui langkah-langkah logis dan dapat teratur tertentu sesuai dengan sistem yang telah diatur untuk menjelaskan sebuah proses sebab akibat dari objek dari penelitian tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Bangsa

c. Empiris

Empiris merupakan sebuah penelitian yang harus didasarkan dalam sebuah sumber pengetahuan yang telah berasal dari pengamatan pada indera manusia. Dengan cara ini, metode tersebut juga bisa diamati oleh orang lain.

Jenis – Jenis Tujuan Penelitian

Jenis-jenis pada sebuah tujuan dalam penelitian berikut dibedakan dengan berdasarkan sebuah metode, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Penelitian Kualitatif

Tujuan kualitatif yakni biasanya dapat mencakup pada sebuah informasi tentang fenomena utama, peserta penelitian, yang diselidiki dalam penelitian, dan sebuah lokasi penelitian tersebut.

Penelitian kualitatif bisa menunjukkan pada sebuah desain atau desain dalam penelitian yang telah dipilih. Tujuan-tujuan ini harus dirumuskan dalam istilah penelitian “teknis” dari bahasa jenis kualitatif.

2. Penelitian Metode Campuran

Tujuan dari penelitian kuantitatif yakni berisi pada keseluruhan yang memiliki tujuan dalam penelitian, adanya informasi tentang elemen penelitian kualitatif dan kuantitatif serta alasan untuk menggabungkan kedua elemen sebagai menyelidiki masalah dalam penelitian.

Tujuan dari penelitian metode yakni campuran biasanya dapat diberikan pertama dalam sebuah pendahuluan sebagai memberikan pembaca panduan pertama untuk memahami bagian penelitian kualitatif dan kuantitatif yang terkandung di dalamnya.

3. Penelitian Kuantatif

Tujuan penelitian kuantitatif yakni sangat berbeda dari sebuah model kualitatif, baik dari segi bahasa maupun dalam hal fokus saat membandingkan atau menghubungkan variabel.

Tujuan dari penelitian kuantitatif meliputi variabel yang digunakan dengan sebuah hubungan yakni dengan antara variabel, peserta dan lokasi penelitian. Tujuan ini ditulis dalam bahasa yang berkaitan dengan penelitian kuantitatif dan juga mencakup pengujian deduktif terhadap hubungan atau teori tersebut.

Manfaat Penelitian

Contoh-Penelitian

Terdapat berbagai suatu manfaat dalam penelitian, ialah:

a. Dari Sisi Praktis

Penelitian tersebut yakni dapat diharapkan dengan mendapat sebuah manfaat dari analisis yang telah disajikan kepada konsumen dan tidak hanya pembatik dan pembuat kebijakan, tetapi dalam publik.

Baca Juga :  Pengertian Hikayat

Tiga pihak yang dapat menggunakan dengan sesuai minat masing-masing. Contohnya dalam pengusaha batik menjadi sadar akan bagaimana dalam pengusaha yang telah bereaksi terhadap fenomena dalam pemasaran terhadap internet.

Pembuat dalam kebijakan yakni dapat menunjukkan perlunya memperluas pengetahuan digital bagi pengusaha sehingga Batik Pekalongan, contohnya tetap ada di belahan seluruh dunia.

b. Dari Sisi Akademis

Penelitian tersebut yakni harus memberikan dalam kontribusi ilmiah sebagai mempelajari dalam kegiatan komersial dengan komunitas batik di Pekalongan. Studi tentang batik di Pekalongan benar-benar berbeda.

Akan tetapi, terdapat sedikit dalam sebuah penelitian dengan cara khusus dalam membahas upaya terhadap kustomisasi batik yang bisa dikatakan yakni cukup lama sebagai dikembangkan oleh pemasaran Internet tersebut.

Yakni, dapat diharapkan dalam penelitian tersebut bisa membangun dalam sebuah hubungan baru terhadap hubungan dengan antara bisnis batik dan internet untuk fenomena terhadap kontemporer.

Tujuan Penelitian

Tujuan tersebut ialah mendapatkan sebuah rumusan hasil penelitian melalui proses mencari, mengembangkan, menemukan, dan dapat menguji terhadap dalam pengetahuan.

Sebuah penelitian yakni dapat digolongkan baik jika memenuhi kriteria tertentu, diukur, terbatas, dan dapat diperiksa berdasarkan hasil penelitian.

Berikut adalah berbagai tujuan dalam penelitian, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Untuk mendapatkan sebuah pengetahuan baru dengan berbagai di dalam bidang tersebut.
  • Uji dalam sebuah kebenaran dari pengetahuan yang telah ada.
  • Untuk dapat mengembangkan dalam pengetahuan yang telah ada.

Dapat dibagi menjadi 2 jenis untuk tujuan yang terperinci. Untuk penjelasan selanjutnya, simak sebagai berikut:

a. Penelitian Ilmiah

Secara ilmiah, dalam sebuah penelitian adalah adanya upaya dalam menemukan sesuatu. Akan tetapi, dalam pengetahuan yang didapat tidak bisa digunakan secara langsung. Nama lain untuk kegiatan ini adalah penelitian dasar atau penelitian murni.

Baca Juga :  Pengertian Konflik

b. Penelitian Praktis

Tujuan praktis terhadap penelitian tersebut ialah adanya sebuah hasil yang dapat digunakan secara langsung dalam kehidupan. Penelitian ini, dapat disebut sebagai penelitian terapan, sebuah studi sebagai menentukan nilai suatu objek. Contohnya adalah penentuan harga barang yang akan dijual. Ada juga beberapa tujuan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tujuan Eksplorasi
    Kegiatan dalam sebuah penelitian yang dilakukan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada.
  • Tujuan Pengembangan
    Adanya sebuah konsep yang sedang dikembangkan, menggali dan dapat diperdalam.
  • Tujuan Verivikatif
    Sebagai menguji dalam kebenaran yang dapat dari adanya sebuah kegiatan dalam penelitian yang pernah ada.

Tujuan dalam penelitian tersebut ialah sebagai memperoleh atau menemukan sebuah data sebagai maksud dan memiliki tujuan tersebut. Tujuan penelitian yakni telah dirumuskan bentuk pernyataan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Tujuan Penelitian, pengertian, jenis-jenis beserta manfaatnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat.