Video Viral Relawan Gempa Cianjur Dicegat Warga: Kronologi

Posted on

Guruakuntansi.co.id – Baru-baru ini sempat beredar di berbagai sosial media sebuah video viral relawan gempa Cianjur yang dicegat oleh beberapa warga di lokasi bencana.

Dalam video tersebut, mobil yang mengangkut logistik terlihat dicegat oleh sekumpulan orang yang diduga korban gempa di kawasan Kecamatan Cilaku dan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kronologi Video Relawan Gempa Cianjur Dicegat Warga Viral

Video Viral Relawan Gempa Cianjur Dicegat Warga

Peristiwa pencegatan dalam video yang viral baru-baru ini diketahui terjadi di Kampung Panumbangan, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang.

Kejadian tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Desa Padaluyu Desi Susilawati. Namun, ada yang harus diklarifikasi dari video tersebut, sambutnya.

“Sebelumnya saya menjelaskan, kejadian tersebut bukan penjarahan, penjegalan atau mencuri, tapi lebih pada meminta bantuan sembako,” kata Kepala Desa kepada wartawan saat berbincang via telepon pada Rabu 23-11-2022.

Kepala Desa menduga bahwa alasan warga mencegat mobil logistik itu dikarenakan tidak meratanya penyaluran bantuan dalam bentuk sembako tersebut.

Apalagi, sebelum mobil logistik sampai ke tujuan lokasi bencana yang lebih parah, banyak yang memberikan bantuan tidak tepat sasaran.

“Harusnya setiap bantuan darimana pun harus melalui kantor desa, karena kita yang tahu daerah mana saja yang memerlukan bantuan,” jelas Kepala Desa.

Viralnya video relawan gempa cianjur yang dicegat oleh warga tersebut mendapat reaksi dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang akan menertibkan kembali penyaluran bantuan.

“Nantinya semua bantuan dari mana pun harus melalui Satgas Pusat di Pemkab Cianjur, tidak secara langsung,” Suharyanto menjelaskan pada jumpa pers di Pendopo Pemkab Cianjur.

Setelah diterima satgas pusat, seluruh logistik akan dipusatkan di gudang penyimpanan di Gedung Bale Rancage dan Kantor BPBD Kabupaten Cianjur.

Baca Juga :  Plat DC Daerah Mana? Cek Informasi Kode Wilayah Kendaraan

“Pihak kecamatan yang akan mengambil bantuan ke gudang logsitik, nanti pihak desa yang akan mengambil ke kantor Kecamatan,” jelasnya lebih lanjut.

Baca juga:

Itulah kronologi video viral relawan gempa cianjur yang dicegat oleh sejumlah warga yang diduga korban bencana yang meminta bantuan.