Zaman Batu

Posted on

Zaman Batu – Dalam masa prasejarah yang komprehensif ketika orang menemukan alat-alat batu, karena mereka tidak mempunyai sebuah teknologi yang lebih baik.

Zaman ini, sekarang dapat dibagi lagi menjadi periode Paleolitik, Neolitik, Mesolitik, dan Megalitik yang masing-masing diurutkan lebih lanjut. Apa sajakah peninggalan, sejarah pada zaman ini?

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti mengenai Zaman Batu. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Zaman Batu ?

Zaman Batu adalah masa atau era ketika pada kalangan masyarakat masih dapat menggunakan sebuah alat-alat batu.

Peralatan itu dibuat sebagai mempermudah adanya sebuah aktivitas dan kegiatan yang akan dilakukan. Sebab semua benda atau peralatan yang terbuat dari batu tidak begitu mengherankan, ketika era ini sering disebut sebagai Zaman Batu. Harap dicatat bahwa dalam logam dan bahan lainnya masih belum dikenal di Zaman ini.

Zaman-Batu

Satu-satunya cara adalah menggunakan batu bata untuk menyederhanakan berbagai kegiatan yang dilakukan pada waktu itu. Secara umum, dalam sebuah alat-alat batu ini digunakan sebagai mencari sebuah makanan dan juga untuk mempertahankan kehidupan.

Zaman ini telah dimulai sebelum 600.000 SM. Pada saat itu tidak hanya batu yang digunakan, tetapi juga kayu untuk bertahan hidup. Namun sejauh ini tidak ada fosil yang ditemukan karena cuaca, yang tidak dapat bertahan lama. Dapat disimpulkan bahwa dalam sebuah karakteristik pada Zaman ini adalah bahwa hampir semua perangkat yang digunakan untuk kegiatan dalam sehari-hari terdiri dari batu.

Baca Juga :  Kerajaan Sriwijaya

Ciri – Ciri Zaman Batu

Berikut ini adalah sebuah menggambarkan karakteristik era Palaeotic, yang tentu saja berbeda dari zaman tersebut, diantaranya ialah:

  • Pada saat ini dalam sebuah hidupnya dengan kelompok kecil harus memudahkan mereka sebagai alat untuk mencari sebuah makanan tersebut.
  • Berpindah-pindah atau nomaden. Seperti yang Anda ketahui, di zaman purba ini, nenek moyang kita masih belum memiliki tempat tinggal permanen. Mereka cenderung hidup dalam kondisi yang disesuaikan secara nomaden yang terjadi saat ini.
  • Alat yang saat ini tersedia masih sangat sederhana. Batu yang digunakan oleh alat masih memiliki bentuk kasa. Terdapat beberapa contoh pada alat saat ini, seperti kapak genggam yang digunakan sebagai memotong. Tidak hanya itu, pada alat ini juga digunakan sebagai menguliti dan menggali hewan.
  • Rumah mereka biasanya terletak di ladang rumput, gua dan di beberapa tempat dekat sumber makanan. Secara umum, mereka akan mencari tempat di mana mereka dapat menyediakan sumber air untuk memfasilitasi pencarian makanan.
  • Kehidupan leluhur saat ini sangat tergantung pada lingkungan alam. Jadi jangan heran jika makanan dan juga tempat tinggal tersebut sangat bergantung pada kondisi alam tersebut.
  • Bahasa yang digunakan untuk komunikasi masih sangat sederhana. Ini tentu sangat berbeda dari zaman ini.
Contoh-Zaman-Batu

Di era Paleolitik, dalam sebuah budaya yang sudah ada merupakan sebuah budaya Pakitian. Peninggalan dari Paleolitik, misalnya kapak tangan (helikopter) dan kapak perimbas. Terdapat beberapa budaya Ngandong, yaitu budaya yang terbuat dari sebuah alat dari tanduk rusa dan tulang.

Periodisasi Zaman Batu

Sebagaimana dijelaskan di atas, Zaman ini terdiri dari dalam 4 periode. Setiap divisi Zaman ini pada umumnya mempunyai sebuah ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Penemu Benua Australia

1. Zaman Batu Tengah (Mesolithikum)

Zaman batu tengah atau zaman mesolithikum adalah periode transisi dari Paleolitik ke Mesolitik. Dalam kehidupan pada manusia pra-kompetitif hampir tidak berubah dalam waktu itu. Pada saat ini, terdapat sebuah alat yang diproduksi masih terlihat begitu sangat kasar, meskipun upaya telah dilakukan sebagai mengasahnya dan memperhalus.

Dalam sebuah alat-alat dalam saat itu, yakni Sumateralith (kapak tangan Sumatra), yang memiliki sebuah fungsi sebagai mengukir tulang, merimbas kayu, dan dijadikan untuk senjata.

2. Zaman Batu Tua (Palaeolithikum)

Zaman Paleolitik atau zaman batu tua adalah era di mana orang prasejarah muncul yang dalam perlengkapannya adalah batu. Prosesnya masih sangat kasar. Era ini terjadi sekitar 600.000 dalam tahun yang lalu dalam zaman Pleistosen. Pada saat itu, orang-orang yang tidak kompeten hidup dengan anggota terhadap kelompok dalam sekitar 10-15 orang.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Zaman Batu. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.