Zaman Besi

Posted on

Zaman Besi – Tahap perkembangan budaya manusia yang penggunaan besi sebagai pembuatan senjata dan alat sangat dominan. Periode besar terakhir dalam sistem tiga zaman adalah klasifikasi masyarakat dalam prasejarah.

Zaman Besi berurusan dengan fase di mana adanya produksi besi merupakan salah satu bentuk pengerjaan logam yang paling rumit. Titik leleh tinggi, kekerasan besi, dan sumber bijih besi berlimpah.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara jelas dan lengkap mengenai Zaman Besi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Zaman Besi ?

Zaman Besi merupakan sebuah tahapan dalam adanya sebuah perkembangan dalam budaya manusia di mana penggunaan besi untuk membuat senjata dan alat sangat dominan.

Penggunaan dalam suatu bahan baru ini yakni terhadap masyarakat sering kali melibatkan adanya sebuah perubahan dalam kepercayaan agama, praktik pertanian, dan gaya seni, meskipun hal ini tidak selalu terjadi.

Sejarah Zaman Besi

Zaman Besi merupakan suatu periode besar terakhir dalam sistem tiga kali untuk mengklasifikasikan masyarakat prasejarah yang mendahului dengan Zaman Perunggu. Waktu dan konteks pada era ini telah bervariasi dengan berdasarkan geografi atau negara.

Secara klasik, diyakini bahwa Zaman Besi dalam periode gelap Yunani dalam abad ke-12 SM. Dan di Timur Dekat kuno, pada abad ke-11 SM. Di wilayah India dan antara dalam abad ke-8 SM. Chr. (Eropa Tengah) dan abad ke-6 SM Dimulai di Eropa pada abad ke-3 SM (Eropa Utara). Dipercaya bahwa Zaman Besi berakhir dalam kebangkitan oleh budaya Hellenisme dan Abad Pertengahan, Kekaisaran Romawi awal dalam kasus Eropa wilayah Utara.

Zaman-Besi

Zaman Besi berurusan dengan sebuah fase di mana produksi besi merupakan salah satu bentuk pengerjaan logam yang paling rumit. Titik lebur tinggi, kekerasan besi, dan berbagai sumber bijih besi membuat besi lebih disukai dan lebih murah dari pada perunggu.

Baca Juga :  Biografi Cut Nyak Meutia

Yang dapat memengaruhi dalam pilihan besi sebagai logam yang umum untuk digunakan. Karena adanya sebuah perdagangan besi dapat diperkenalkan langsung ke Australia dan Amerika melalui dalam penjajahan Eropa, dengan daerah-daerah ini tidak pernah mengalami dalam sebuah era Besi.

Peninggalan Zaman Besi

Terdapat beberapa dalam peninggala pada zaman ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Pedang

Dipercaya bahwa pedang itu pertama kali digunakan oleh Halstatten dari orang Het, Yunani, Mycea, dan Proto-Celtic. Karena adanya sejumlah pasokan besi yang melimpah, orang-orang mulai mengembangkan dalam sebuah pikiran mereka untuk membuat senjata perang dari bijih dari besi.

2. Mata Panah

Mata Panah mempunyai sebuah alat untuk berburu dalam Zaman ini. Pada awalnya, dalam sebuah panah dibuat sebagai mengasah terhadap tulang dan kayu. Namun seiring dengan evolusi logam ke zaman logam, mata panah yang dibuat menjadi jauh lebih baik dan lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan sebelumnya.

3. Mata Sabit

Mata sabit bisa dikatakan dengan hampir dalam menyerupai suatu mata pisau. Hanya saja, sabit bermata lebih besar dan dimaksudkan untuk tanaman. Alat ini masih digunakan sampai sekarang sebagai alat untuk pertanian.

4. Perhiasan

Besi bukan hanya untuk alat dalam berburu, tetapi juga bisa dilebur menjadi perhiasan. Ini telah dibuktikan dalam banyaknya sejumlah perhiasan yang telah ditemukan yang diyakini telah dibuat di Zaman ini. Dalam perhiasan seperti mutiara dan gelang adalah beberapa benda yang ditemukan dari Zaman ini.

5. Mata Pisau

Mata Pisau dalam zaman ini, yakni telah dianggap untuk alat yang mendapat berkualitas yang begitu tinggi karena mereka mempunyai berbagai kegunaan. Termasuk ialah untuk melindungi diri dari sebuah serangan binatang yang buas dan masih banyak bepergian saat itu. Bilah tidak hanya senjata, tetapi juga bisa digunakan sebagai mengumpulkan sebuah makanan.

Baca Juga :  Sejarah Candi Kalasan

6. Perisai Perunggu

Perisai ini telah dianggap sebagai peninggalan Zaman Besi dan berusia 300 v. Chr. Dibuat di Chr. Perisai ini adalah sebuah permata dengan sebuah peninggalan Celtic yang telah ditemukan di Sunga Witham dekat Lincoln, wilayah Inggris. Perisai ini ditutupi dengan bingkai kayu saat ditemukan dan didekorasi dengan batu dari kulit babi dan Mediterania.

Akhir Zaman Logam Besi

Pada zaman ini, yakni telah berakhir dengan adanya sebuah kebangkitan dalam suatu budaya Helenistik dan Kekaisaran Romawi atau Abad Pertengahan awal, yang khusus untuk Eropa utara. Zaman Besi dianggap sebagai zaman yang hebat, karena orang menemukan cara sebagai memproses logam pada waktu itu.

Logam yang telah diproses dapat memfasilitasi kerja manusia dan meninggalkan dengan beberapa sebuah peninggalan yang masih ada untuk digunakan sampai sekarang. Berkat dalam kreativitas kepada manusia pada waktu tersebut, era dunia saat ini telah berkembang sangat begitu pesat.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yang mengenai Zaman Besi. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.